Iklan Header

Peneliti Ungkap Bumi Berputar Lebih Cepat, Semoga Tidak Berdampak Buruk

Admin One
Editor: Garutselatan.info Kamis, 15 April 2021, 13:53 WIB Last Updated 2021-04-15T06:54:27Z
Baca Juga

Peneliti Ungkap Bumi Berputar Lebih Cepat, Semoga Tidak Berdampak Buruk - Semakin cepat perputaran planet ini, maka waktu perlu disesuaikan supaya kalender tetap sesuai dengan perubahan. Para peneliti mengungkap jika planet ini berputar lebih cepat bukan berarti Bumi dalam bahaya. 




Bagaimana jika perasaan bahwa waktu berlalu begitu cepat itu benar? Memang, Bumi telah berputar sangat cepat belakangan. 


The Jerusalem Post mengutip The Telegraph melaporkan, Bumi sekarang menyelesaikan rotasinya 1,4602 milidetik lebih cepat dari rata-rata 86.400 detik.


Kecepatan rotasi Bumi bervariasi secara konstan karena gerakan kompleks inti lelehnya, lautan dan atmosfernya, serta pengaruh benda-benda angkasa seperti Bulan.




Alasan bertambahnya kecepatan ini bisa dipahami dengan sangat baik. Ada beberapa hal yang mempengaruhi termasuk gravitasi bulan, tingkat turunnya salju dan erosi pegunungan. Selama beberapa puluh tahun terakhir ini, presisi jam atom mengizinkan peneliti menyesuaikan ukuran waktu lebih akurat.




Para peneliti menambahkan leap second supaya jam bisa menyesuaikan perubahan perputaran ini di luar tahun kabisat. Yang menarik, sejak peneliti bisa mengukur waktu dengan keakuratan yang tinggi, panjang hari sedikit lebih panjang beberapa milidetik. Sekarang tren berbalik, panjang hari semakin pendek






Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+