Iklan Header

Apakah Jurusan Akuntansi Susah, Simak Pembahasannya!

Admin
Editor: Garutselatan.info Senin, 14 Juni 2021, 11:44 WIB Last Updated 2021-06-14T04:44:57Z
Baca Juga

Apakah Jurusan Akuntansi Susah, Simak Pembahasannya - Akuntansi merupakan salah satu jurusan favorit yang sering menjadi incaran baik itu lulusan SMA/MA maupun SMK. Hanya saja masih banyak peminat yang ingin masuk ke dalam jurusan ini bertanya-tanya apakah jurusan akuntansi susah? Biasanya pertanyaan ini timbul karena kurangnya pengetahuan tentang jurusan ini. Selain itu akuntansi juga terkenal dengan hitung-hitungannya.

Apakah Jurusan Akuntansi Susah, Simak Pembahasannya!


Apakah Jurusan Akuntansi Susah?

Masuk ke dalam pertanyaan utama apakah jurusan akuntansi susah? Jurusan akuntansi sendiri bertujuan untuk mendidik mahasiswanya supaya bisa mempraktekkan profesi akuntansi. Tentunya bertujuan untuk bisa melakukan fungsi usaha tertentu. Karena hal itulah yang dipelajari oleh mahasiswanya seputar menghitung, menganalisis, merancang, dsb. Jadi memang dibutuhkan keahlian dan ketelitian yang lumayan tinggi.


Baca Juga: 5 Universitas Jurusan DKV Terbaik di Indonesia 2021


Pertanyaannya sekarang apakah susah, maka jawabannya adalah tergantung diri sendiri.  Memang ini merupakan jawaban klise, namun itulah kenyataannya. Mata kuliah yang diberikan di akuntansi sudah disusun sesuai dengan standar, jadi tetap bisa dipecahkan. Jadi kalau memang sudah berniat untuk masuk ke jurusan ini, pelajari semuanya dengan serius. Giatkan usaha studi yang dijalani.


Hal Apa Saja yang Dipelajari di Akuntansi

Lalu pertanyaan selanjutnya hal apa saja yang dipelajari di jurusan ini? Sebenarnya untuk mata kuliahnya sendiri pasti sudah disusun sesuai dengan kurikulum, dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Hanya saja di sini akan diberikan gambaran sedikit tentang hal yang dipelajari di akuntansi secara umum. Jadi hal ini bisa digunakan sebagai gambaran, dan bahan persiapan.


1. Hitungan

Pertama adalah tentang hitungan yang tentunya menjadi dasar dari akuntansi. Tentunya di akuntansi ini hitungan dipelajari melalui ekonomi, matematika, dan juga matematika terapan. Perhitungan ini bertujuan untuk mengetahui performa perusahaan, pajak yang harus dibayarkan, dan untung rugi serta masih banyak yang lainnya. jadi dibutuhkan ketelitian yang tinggi untuk melakukannya.


2. Analisis

Selanjutnya adalah melakukan analisis terhadap suatu kasus, baik itu hitungan ataupun bukan. Dalam melakukan analisis ini tentunya dibutuhkan daya berpikir yang tinggi. Karena biasanya data yang dianalisis ini bukanlah sesuatu yang mudah. Ada beberapa angka yang mungkin sedikit membingungkan, dan beberapa terlihat sama. Tenang saja ini bukan hal yang sulit asalkan fokus.


3. Komputer

Sekarang ini komputer sudah bukan lagi sesuatu yang baru dalam dunia pendidikan. Karena itu tidak heran jika nantinya di akuntansi pun mahasiswa akan belajar tentang komputer. Nantinya dengan komputer ini mahasiswa diajarkan untuk menyusun dan membuat data. Selain itu juga menghitung juga mulai dibiasakan dengan komputer supaya lebih cepat.


4. Perpajakan

Ini merupakan hal yang paling sering ditemui dalam jurusanakuntansi yakni mempelajari tentang perpajakan. Pajak yang dipelajari di sini juga sangat beragam, jadi tentunya hitungan yang diberikan juga tidak hanya satu saja. Di sini juga mahasiswa membutuhkan sebuah ketelitian yang tinggi dengan tujuan menghasilkan perhitungan perpajakan yang tepat. Jadi tidak boleh asal, dan harus berhati-hati.


5. Pembukuan

Terakhir adalah pembukuan yang memang sudah menjadi ciri khas dari akuntansi. Perlu diketahui bahwa sekarang pembukuan di jurusan ini sudah banyak juga yang menggunakan sistem komputerisasi. Jadi keahlian dalam menyusun dan menganalisis data pembukuan sebagian besar sudah dilakukan di komputer. Tentu saja dalam mempelajari hal ini juga dibutuhkan ketelitian.


Melihat hal yang dipelajari membutuhkan ketelitian tinggi, mungkin hal itulah yang kemudian memunculkan pertanyaan apakah jurusan akuntansi susah. Karena memang banyak angka, analisis, hitungan, dan hal lainnya yang terlibat di mata kuliah ini. Hanya saja jika sudah dipersiapkan dengan matang, maka hal tersebut bukanlah sebuah sesuatu yang sulit untuk dilakukan.


Pencarian yang banyak dicari:

  • jurusan akuntansi belajar apa saja
  • jurusan akuntansi smk
  • keuntungan memilih jurusan akuntansi
  • syarat masuk jurusan akuntansi
  • jurusan akuntansi kuliah
  • mata kuliah jurusan akuntansi
  • universitas jurusan akuntansi
  • fakultas ekonomi dan bisnis
  • universitas padjadjaran
  • universitas sebelas maret
  • politeknik keuangan negara st
  • universitas indonesia
  • universitas gadjah mada



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+