Iklan Header

Misteri Penemuan Tiga Danau Bawah Tanah di Planet Mars

Admin One
Editor: Garutselatan.info Senin, 28 Juni 2021, 15:20 WIB Last Updated 2021-06-28T08:20:28Z
Baca Juga

Misteri Penemuan Tiga Danau Bawah Tanah di Planet Mars - Tiga danau bawah tanah telah terdeteksi di dekat kutub selatan Planet Mars. Sementara itu, para ilmuwan juga mengkonfirmasi keberadaan danau keempat, di mana keberadaannya sudah sempat diyakini pada 2018.





Dengan pentingnya peran air dalam kehidupan makhluk hidup, membuat penemuan danau di sebuah planet menjadi hal yang menarik bagi para peneliti yang mempelajari potensi kehidupan di tempat lain, yakni di Tata Surya, seperti dikutip dari BBC News, Kamis (1/10/2020). 


Tetapi, danau-danau ini juga dianggap sangat asin. Hal itu pun dapat menjadi tantangan bagi kelangsungan hidup semua bentuk kehidupan mikroba.



Diketahui bahwa air mengalir di sungai-sungai dan bermuara di danau pada permukaan Mars miliaran tahun yang lalu.


Tetapi sejak planet tersebut kehilangan sebagian besar atmosfernya, air tidak dapat lagi bertahan lama di permukaan hingga saat ini. 



Namun, persoalan itu menjadi berbeda ketika danau tersebut berlokasi di bawah permukaan tanah. 


"Ini bahkan lebih seperti badan air yang ada di masa lalu," kata penulis Dr Roberto Orosei, dari National Institute of Astrophysics di Bologna, Italia, kepada BBC News, mengacu pada danau di bawah permukaan tanah. 



Dr. Roberto melanjutkan, "Tentu saja, implikasinya bahwa Anda akan memiliki sebuah habitat atau sesuatu yang menyerupai habitat ... yang bertahan sepanjang sejarah planet ini".


"Ketika Mars mengalami bencana iklim dan berubah menjadi planet yang relatif hangat - meski tidak jelas seberapa hangat - menjadi es luas yang beku, ada tempat di mana kehidupan dapat beradaptasi dan bertahan hidup," jelasnya. 



Sementara itu, temuan terakhir dilakukan dengan menggunakan data dari instrumen radar pada pesawat ruang angkasa Mars Express. 


Pesawat ruang angkasa itu, dimiliki oleh Badan Antariksa Eropa (ESA), yang telah mengorbit di Planet Merah tersebut sejak Desember 2003.






Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+