Iklan Header

Perbedaan Tabungan Dan Investasi yang Wajib Diketahui

Admin
Editor: Garutselatan.info Selasa, 29 Juni 2021, 19:19 WIB Last Updated 2021-06-29T12:19:17Z
Baca Juga

Perbedaan Tabungan Dan Investasi yang Wajib Diketahui – hai guys, sahabat GSN semua, apa kabarnya nih?baik baik saja bukan? Ya kami berharap seperti itu,semoga kita semua senantiasa berada dalam lindungan Allah Swt, Aamiin.

Perbedaan Tabungan Dan Investasi

Guys pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai perbedaan tabungan dan investasi,  perlu Perbedaan Tabungan Dan Investasi


Baca Juga: Persyaratan Buka Rekening Baru di Bank Permata 2021


kalian ketahui nih guys, bahwa antara tabungan dan investasi ini memiliki beberapa perbedaan loh, kira kira apa saja ya? Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini guys.

Berikut 5 Perbedaan Tabungan dan Investasi


1. Tujuan

Perbedaan yang pertama antara tabungan dengan investasi adalah berkaitan dengan tujuan penggunaannya. Tabungan menjadi pilihan ketika seseorang ingin mencapai tujuan jangka pendek. Sebagai contoh, ketika sahabat GSN tertarik untuk membeli Hp baru. Maka, hal yang biasa dilakukan adalah menabung sampai uang terkumpul yah,

Lain halnya dengan investasi, yang umumnya digunakan ketika seseorang memiliki tujuan jangka panjang. Oleh karena itu, financial goals yang biasa ditetapkan oleh seorang investor, merupakan sebuah tujuan yang lebih besar. Sebagai contoh, sahabat bisa mendapati investor yang ingin memperoleh dana pensiun, membeli rumah, biaya pernikahan, dan lain-lain.

Meski begitu, investasi juga bisa sahabat manfaatkan untuk mencapai tujuan jangka pendek. Saat ini, terdapat berbagai pilihan instrumen investasi yang menyediakan tingkat keuntungan cukup tinggi dalam waktu pendek.
 

2. Tingkat Risiko

Dari segi risiko, sahabat juga akan menemukan perbedaan yang cukup kontras antara tabungan dengan investasi. Tabungan memiliki tingkat risiko yang jauh lebih aman jika dibandingkan dengan investasi. Kalian sahabat GSN jangan takut kehilangan uang ketika menyimpan dana di rekening bank. Apalagi, jika kalian memilih bank dengan reputasi ternama yang memberi jaminan keamanan dana para nasabahnya.

Sementara itu, investasi memiliki tingkat risiko yang harus siap untuk dihadapi. Dalam berinvestasi, sahabat tidak hanya bisa meraih keuntungan. Di waktu yang sama, ada pula kemungkinan untuk mengalami kerugian. Selain itu, tingkat risiko dalam investasi juga bervariasi. Seiring dengan potensi keuntungan yang bisa di dapatkan, risiko kerugiannya juga semakin tinggi.
 

3. Profit

Tingkat profit yang bisa sahabat dapatkan ketika menabung dan berinvestasi juga memiliki perbedaan mencolok. Saat memiliki tabungan, kalian memang bisa mendapat bunga dari bank. Hanya saja, nilai bunga tersebut umumnya sangat kecil. Secara rata-rata, bunga tabungan yang bisa kalian dapatkan hanya berada di kisaran 1-1,5% per bulan saja.

Selain rekening tabungan dan giro, kalian juga bisa menjumpai produk berupa tabungan deposito. Jenis tabungan ini memang termasuk dalam kategori tabungan investasi. Apalagi, tingkat keuntungan yang bisa kalian peroleh dari tabungan deposito juga lebih besar dibandingkan rekening tabungan dan giro, yakni di kisaran 4-5,9% per bulan.

Baca Juga: Syarat Buka Rekening Maybank Terbaru 2021  


Jika kalian ingin meraih keuntungan lebih besar, solusinya adalah dengan memilih investasi. Tingkat keuntungan investasi, berbeda-beda untuk masing-masing aset yang kalian pilih. Sebagai contoh, investasi properti memungkinkan kalian untuk meraih tingkat profit mencapai 10% per tahun. Di sisi lain, investasi saham menjanjikan keuntungan jauh lebih besar.


4. Likuiditas

Perbedaan tabungan dan tabungan yang perlu sahabat ketahui selanjutnya adalah terkait kemudahan dalam mengakses dana. Pemilik tabungan bisa mengambil uang dari rekeningnya kapan saja. Namun, kondisi yang serupa bakal tidak dapat dilakukan kalau kamu memilih berinvestasi.

Beberapa jenis investasi tertentu, seperti emas, memang memberi kemudahan dalam mencairkan dana. Namun, secara umum investasi memiliki tingkat likuiditas lebih sulit dibanding tabungan. Contohnya, investasi properti membutuhkan waktu berbulan-bulan dan bahkan tahunan untuk bisa mendapat keuntungan ya.


5. Proteksi Terhadap Inflasi

Terakhir, kalian dapat mengetahui perbedaan tabungan dan investasi dari kemampuannya melindungi dana dari pengaruh inflasi. Ketika terjadi inflasi, nilai mata uang bakal mengalami fluktuasi. Dalam kondisi seperti ini, proteksi tabungan terhadap nilai uang yang kalian miliki, cukup minimal.

Lain halnya dengan investasi, yang memberi proteksi lebih baik terhadap dana ketika inflasi. Dalam kondisi inflasi, kalian dapat memilih beragam jenis aset yang menawarkan tingkat pengembalian dana paling tinggi.


Artikel Pilihan:
  

Nah, Sahabat GSN semua, Itulah 5 perbedaan antara tabungan dan investasi. Dengan mempertimbangkan 5 faktor tersebut, sahabat semua bisa menentukan pilihan secara bijak.

Oke guys, demikian yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan tabungan dan investasi semoga menjadi referensi buat kalian semua ya, sampai jumpa kembali di artikel berikutnya guys, selamat pagi, selamat beraktifitas dan Terimakasih.


Pencarian yang banyak dicari:
  • perbedaan investasi dan tabungan brainly
  • fungsi tabungan dan investasi
  • hubungan tabungan dan investasi
  • perbedaan tabungan dan investasi pdf
  • materi tabungan dan investasi
  • beda simpanan tabungan dan investasi
  • pengertian saving dan investasi
  • pengertian konsumsi tabungan dan investasi


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+