Iklan Header

Teknik Husus Mengambil Madu Dari Sarang Lebah Agar Aman Dari Sengatan

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Sabtu, 09 Oktober 2021, 13:55 WIB Last Updated 2021-10-09T06:55:54Z
Baca Juga

Teknik Husus Mengambil Madu Dari Sarang Lebah Agar Aman Dari Sengatan - Buat kamu yang rutin mengkonsumsi madu sebagai minuman kesehatan, ada baiknya mengetahui bagaimana sih cara memanen madu sialang itu dari pohonnya. 

Teknik Husus Mengambil Madu Dari Sarang Lebah Agar Aman Dari Sengatan


Jika kamu tahu bagaimana sulitnya para petani madu mengumpulkan dan memproses satu botol madu, mungkin kamu nggak akan tega menawar harganya. Dengan resiko keselamatan yang tinggi, para petani madu mengumpulkan madu-madu melalui proses yang panjang dan cukup lama. Setelah itu barulah didapatkan madu dengan kualitas terbaik.


Sengatan lebah adalah salah satu cara lebah melindungi dirinya saat merasa terancam.Sengatan ini sangat sakit dan bekas lukanya bisa membengkak, teman-teman.


Tapi, supaya manusia bisa tetap mengkonsumsi madu, ada orang yang berprofesi sebagai peternak lebah.

Dalam bahasa Inggris, peternak lebah disebut sebagai beekeeper, teman-teman.


Cara Memanen Madu 


  • Musim juga sangat memengaruhi hasil dan kualitas panen madu. Lebah akan berhenti menghasilkan madu dan menyediakan makanan bagi ratunya di akhir musim panas dan awal musim gugur, sehingga sebagian besar ruang dalam sarang lebah akan dibiarkan kosong. Dengan demikian, Anda sebaiknya memanen madu sebelumnya.

  • Panenlah dua hingga tiga minggu setelah nektar utamanya mengalirkan madu. Anda dapat bertanya pada peternak lebah profesional di sekitar Anda untuk memastikannya. Anda pun bisa menentukannya sendiri dengan menimbang sarang lebah setiap malam selama pertengahan musim panas. Nektar utama mulai mengeluarkan madu saat sarang lebah mencapai bobot terberatnya.

  • Kenakan pakaian pelindung. Tidak ada yang dapat dilakukan untuk mencegah lebah menyerang saat Anda mengambil sarangnya. Anda disarankan untuk mengenakan pakaian pelindung peternak lebah sebelum memanen madu.

  • Paling tidak, pastikan Anda mengenakan sarung tangan tebal hingga siku, topi bertudung, dan pakaian terusan yang tahan terhadap lebah. Anda juga sebaiknya mengenakan pakaian lengan panjang dan celana panjang.

  • Usir lebah dengan asap. Nyalakan alat pengasap dan arahkan ke belakang sarang lebah. Embuskan asap ke sekeliling penutup sarang lebah, kemudian buka bagian atasnya dan embuskan asap ke dalamnya. Langkah ini akan membuat lebah berpindah ke bagian dasar dan menjauhi puncak sarang lebah.Pada dasarnya, alat pengasap hanyalah kaleng berisi kertas koran. Bakar koran untuk menghasilkan asap, dan embuskan asap melalui lubangnya.

  • Saat sarang lebah terkena asap, lebah akan bereaksi seakan-akan sarangnya terbakar. Lebah akan membasahi tubuhnya dengan madu dan menjadi lemah, sehingga berpindah ke dasar sarang dan tidak banyak melawan.

  • Embuskan asap sedikit saja sesuai kebutuhan Anda. Asap dapat memengaruhi rasa madu, jadi, jika Anda masih mengembuskan asap ke arah sarang lebah setelah sebagian besar lebah mengumpul di dasarnya, rasa madu yang dihasilkan akan rusak

  • Buka sarang lebah. Gunakan alat untuk mengangkat penutup bagian dalam sarang lebah. Alat ini mirip seperti linggis berukuran kecil. Selipkan di bawah penutup dan tekan agar penutup itu terangkat.

  • Lebah melapisi ujung sarang lebahnya dengan bahan sejenis resin yang dikenal sebagai propolis. Lapisan ini cukup kuat, jadi Anda tidak akan dapat mengangkat penutup bagian dalam tanpa menggunakan alat khusus.

  • Lepaskan lebah dari sarangnya. Mungkin masih ada beberapa ekor lebah yang menempel di sekitar bingkai sarang yang ingin Anda ambil. Salah satu cara paling aman untuk mengusir lebah ini adalah menggunakan peniup gas berukuran kecil atau peniup udara elektronik.

  • Jika Anda tidak punya alat peniup udara, gunakan "sikat lebah" khusus untuk mengusir lebah dari bingkai sarangnya. Hanya saja, penggunaan sikat lebah ini cukup berisiko, karena dapat membuat lebah ketakutan sehingga mudah menyerang Anda ataupun orang lain di sekitarnya.

  • Jika ada lebah yang terperangkap di dalam madu dan tidak berhasil diusir, Anda harus mengeluarkannya dengan tangan.





Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+