Iklan Header

6 Jurusan Kuliah yang Terkenal Mahal, Mau Ambil Jurusan Ini?

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Kamis, 13 Januari 2022, 00:20 WIB Last Updated 2022-01-13T06:59:06Z
Baca Juga
6 Jurusan yang Terkenal Mahal, Mau Ambil Jurusan Ini? – Biaya untuk menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi tidaklah sedikit. Inilah yang menjadi alasan banyak lulusan sekolah menengah rela mengambil gap year untuk mengumpulkan biaya. Di antara banyak jurusan yang ditawarkan di Perguruan Tinggi, ada jurusan yang dikenal dengan jurusan elite karena biaya studinya yang mahal.




Kesempatan meneruskan studi di Perguruan Tinggi bisa didapatkan siapa saja. Apalagi saat ini sudah tersedia beasiswa yang membuat proses studi lebih ringan. Mahasiswa tidak perlu membayar biaya kuliah, bahkan ada tunjangan untuk hidup selama menempuh studi di Perguruan Tinggi. Sayangnya, kesempatan beasiswa ini lah yang tidak didapatkan semua orang. Mahasiswa pun harus meminta bantuan pada orang tua atau berusaha membiayai studinya hingga lulus.



Biaya untuk menyelesaikan kuliah sangat bervariasi. Selama ini, masih ada pandangan bahwa jurusan di kampus swasta lebih mahal dibandingkan kuliah di kampus negeri. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena di kampus negeri pun terdapat jurusan yang membutuhkan biaya tinggi untuk bisa menyelesaikannya. Pada akhirnya, orang-orang mengenal jurusan tersebut dengan jurusan yang mahal.



Mahalnya biaya untuk menyelesaikan studi di suatu jurusan dipengaruhi berbagai faktor, seperti kegiatan praktik yang dilakukan. Semakin banyak kegiatan di lapangan atau di laboratorium, biasanya biaya kuliah juga akan semakin tinggi. Perbedaan mahalnya biaya kuliah juga bisa ditemukan pada biaya per SKS mata kuliah, biaya SPP tetap, dan biaya SPP variabel. Ada pula biaya uang gedung yang perlu ditanggung mahasiswa. Penasaran apa saja jurusan yang terkenal mahal tersebut?



1. Jurusan Kedokteran
Perjuangan untuk menjadi seorang dokter tidak mudah. Untuk masuk Jurusan Kedokteran, kamu harus bersaing dengan banyak peminat, apalagi Jurusan Kedokteran termasuk salah satu jurusan favorit. Tidak mengherankan jika ujian masuk Jurusan Kedokteran terbilang sulit. Selain perlu memiliki kemampuan di bidang akademik, kondisi finansial pun juga harus mendukung. Ketika menempuh studi di Jurusan Kedokteran, kamu akan menjalani berbagai macam praktik dan kegiatan laboratorium.


Biaya studi di Jurusan Kedokteran dikatakan mahal karena untuk bisa masuk jurusan ini, terdapat uang pangkal atau uang gedung yang harus dibayar. Selain itu, biaya pendidikan yang perlu dikeluarkan di Jurusan Kedokteran per semester pun biasanya lebih tinggi dibandingkan jurusan lainnya. Baik di Perguruan Tinggi Negeri maupun di Perguruan Tinggi Swasta, Jurusan Kedokteran dianggap sebagai jurusan termahal. Bahkan, biaya masuknya saja mencapai ratusan juta rupiah.


2. Jurusan Kedokteran Gigi
Menjadi seorang dokter gigi yang kompeten di bidangnya ternyata perlu perjuangan. Hampir sama seperti Jurusan Kedokteran, untuk bisa diterima di Jurusan Kedokteran Gigi, kamu perlu melakukan usaha ekstra. Apalagi jika kampus yang kamu tuju terkenal dengan kualitas Jurusan Kedokteran Gigi yang akreditasinya bagus.

Selain perlu membayar uang masuk, kamu juga perlu membayar biaya kuliah per semester dan uang lainnya. Nantinya, biaya kuliah akan menjadi lebih banyak ketika kamu sudah banyak bekerja praktik. Untuk mendapatkan pasien ketika koas, misalnya, terkadang mahasiswa kedokteran gigi berkorban banyak biaya. Ditambah lagi jika pasien cukup sulit untuk ditangani. Tantangan di jurusan ini tidak hanya soal biaya saja, tetapi juga sulitnya mencari pasien yang sesuai dengan materi saat itu yang sedang dipelajari.


3. Jurusan Arsitektur
Melihat banyak bangunan indah bernilai seni yang berdiri megah seringkali menjadi motivasi seseorang untuk mengambil Jurusan Arsitektur. Jurusan yang termasuk favorit di Indonesia ini bisa ditemukan di kampus negeri maupun kampus swasta. Meskipun proses masuknya tidak sesulit Jurusan Kedokteran, persiapan untuk kuliah di jurusan ini tidak bisa main-main.


Anggapan bahwa Jurusan Arsitektur adalah jurusan prestisius masih melekat erat karena biaya studinya yang bombastis. Hapuslah pemikiran bahwa untuk kuliah di Jurusan Arsitektur hanya perlu uang masuk dan uang SPP saja. Sebab, selama kegiatan perkuliahan, akan ada kegiatan praktikun dan tugas dari dosen yang membutuhkan banyak biaya.


Seorang arsitektur andal lahir dari tempaan yang berat ketika kuliah. Mereka sudah terbiasa dengan jam tidur larut dan tekanan lainnya. Gambar yang berkualitas pun bisa dihasilkan dari peralatan yang bagus dan tentunya alat tersebut tidak murah. Kamu tidak bisa menggunakan sembarang alat tulis untuk menggambar. Bahkan, ada beberapa peralatan yang hanys bisa diperoleh di luar negeri jika ingin kualitasnya bagus. 


Persiapkan dana dadakan untuk membeli kertas, pensil, meja gambar, dan peralatan pendukung lainnya. Mahasiswa arsitektur juga akan akrab dengan proses rendering tiga dimensi, sehingga kmau perlu memastikan laptopmu memiliki spesifikasi mumpuni


4. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)
Jurusan Desain Komunikasi Visual yang merupakan salah satu jurusan berkaitan dengan seni ternyata membutuhkan biaya tinggi dalam proses studinya. Sebenarnya, uang masuk jurusan ini dan uang yang perlu dibayar per semester tidak terlalu mahal. Namun, biaya lain-lainnya lah yang membuat biaya studi di Jurusan Desain Komunikasi Visual semakin membengkak. Kamu memerlukan dana cadangan dan dana darurat agar bisa bertahan di jurusan ini.


Kegiatan perkuliahan di dalam kelas tidak hanya berkaitan dengan teori saja, tetapi juga praktik secara langsung. Mahasiswa memerlukan laptop dengan spesifikasi mumpuni untuk bisa menghasilkan karya yang bagus dan berkualitas. Selain itu, akan ada kebutuhan tinggi terhadap kertas gambar, buku sketsa, alat lukis, pewarna, dan alat-alat penunjang lainnya.


5. Jurusan Penerbangan
Seorang pilot memiliki prospek karier yang menjanjikan, bahkan penghasilannya bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan. Namun, siapa sangka ternyata Jurusan Penerabangan atau Aviasi membutuhkan biaya kuliah yang tidak kalah fantastis. Untuk bisa diterima di jurusan ini, terkadang calon mahasiswa harus mengeluarkan uang ratusan juta hingga milyaran rupiah. Belum lagi biaya kuliah yang perlu dikeluarkan setiap semester dan biaya lainnya.


Biaya kuliah di Jurusan Penerbangan memang sangat tinggi. Namun, hal tersebut sebanding dengan fasilitas yang didapatkan selama studi. Selain mempelajari berbagai teori terkait penerbangan, kamu juga akan dilatih menerbangkan pesawat melalui simulasi. Nantinya, akan ada sertifikasi agar bisa menjadi seorang pilot betulan. Siapkan dana yang cukup besar untuk bisa menjalani ujian sertifikasi atau ujian lainnya untuk menunjang karier.


6. Jurusan Fashion Design
Pernah menyaksikan pameran pakaian atau pameran lainnya terkait desain pakaian? Untuk bisa menghasilkan karya indah tersebut, mahasiswa Jurusan Fashion Design membutuhkan banyak biaya. Dana yang cukup besar dibutuhkan saat mahasiswa melakukan kerja praktik. Semakin indah sebuah hasil karya, semakin rumit pula proses pembuatannya, dan tentu dibutuhkan alat serta bahan berkualitas yang mahal.



Selama kuliah, mahasiswa akan diminta mengerjakan tugas-tugas terkait desain mode dan tekstil. Bisa kamu bayangkan ada berapa meter kain yang diperlukan untuk sebuah tugas. Belum lagi jika tugas tersebut kurang tepat atau salah. Selain perlu menyiapkan dana untuk tugas kuliah, siapkan pula dana lain untuk kebutuhan perkuliahan.


Kamu tetap bisa memiliki cita-cita berkuliah dan sukses setelah menyelesaikan studi di jurusan tersebut. Namun, perlu kamu tahu bahwa jurusan yang biaya studinya mahal tidak menjamin bahwa lulusannya akan segera mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan banyak penghasilan ketika bekerja nanti.



Paling Banyak Dicari:

  • biaya kuliah paling mahal
  • jurusan termudah di indonesia
  • jurusan kuliah dengan biaya termahal
  • jurusan kuliah paling murah
  • jurusan kuliah paling mudah
  • jurusan kuliah termahal di dunia
  • biaya kuliah paling mahal
  • jurusan termudah di indonesia
  • jurusan kuliah dengan biaya termahal
  • jurusan kuliah paling murah
  • jurusan kuliah paling mudah
  • jurusan kuliah termahal di dunia
  • biaya kuliah jurusan desainer baju
  • jurusan yang terkenal


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+