Iklan Header

Banyak Yang Belum Tahu Inilah 7 Tips Lulus Beasiswa

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Minggu, 06 Maret 2022, 22:14 WIB Last Updated 2022-03-06T15:15:27Z
Baca Juga
Banyak Yang Belum Tahu Inilah 7 Tips Lulus Beasiswa - Mencetak prestasi tentu sejalan dengan proses menuntut ilmu dan mengasah keterampilan selama kamu bersekolah. Itulah mengapa beasiswa prestasi menjadi salah satu beasiswa yang populer di kalangan pelajar dan mahasiswa dari berbagai latar belakang ekonomi maupun bidang kejuruan, tidak terkecuali kamu.


simak cara lulus beasiswa 2022




Jadi apa saja daftar tips agar lulus seleksi beasiswa tersebut? Mamikos sudah merangkumnya dengan saksama dalam artikel ini. Sebab sangat penting untuk kamu mengetahui dengan pasti apa saja tip dan triknya agar kamu bisa lolos seleksi beasiswanya.


Ikuti Tips Ini Supaya Lulus Seleksi Beasiswa 


Apakah syarat mutlak untuk mendapatkan beasiswa jalur prestasi cukup mengumpulkan prestasi sebanyak-banyaknya saja? Lalu, apakah hanya itu jenis beasiswa yang bisa kita sasar? Tentunya tidak. Agar kamu tidak kurang info, maka kamu bisa langsung menyimak penjelasan tips agar lulus seleksi beasiswa sebagai berikut:



1. Kenali minat dan kemampuan kamu sendiri


Hal utama yang harus kamu lakukan apabila ingin melanjutkan pendidikan dengan beasiswa maka merencanakan pendaftaran beasiswa dari jauh-jauh hari. Mulai dari mengenali di mana letak minatmu dan sejauh mana kemampuan kamu saat hendak mengincar beasiswa tersebut.


Kamu juga perlu tahu bahwa mendaftarkan diri untuk beasiswa bukanlah hal yang instan dan kompulsif. Perlu banyak pertimbangan dan persiapan yang dilakukan agar kesempatan untuk mendapatkan beasiswa semakin besar dan kamu tidak menelan kekecewaan.


Saat kamu sudah memutuskan untuk mendaftarkan diri pada jalur beasiswa untuk studi perguruan tinggi, maka pilihlah beasiswa yang paling ideal dan sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki. Perhatikan ini, ya. Jangan sampai kamu salah memilih beasiswa yang kamu tidak menguasai atau cocok menerimanya.


Semua itu dilakukan supaya kamu dapat mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk mendulang prestasi sesuai dengan syarat dan ketentuan dari beasiswa yang dimaksud. Tentu akan jauh lebih mudah untuk mempersiapkan diri mendaftar ke beasiswa yang syarat dan dan ketentuannya mampu untuk kamu penuhi, kan? Ketimbang mempertaruhkan keberuntungan pada jalur yang tidak kamu kuasai.


2. Abaikan kuantitas dan selalu utamakan kualitas


Tips berikutnya agar lulus seleksi beasiswa adalah mengabaikan kuantitas dan selalu utamakan kualitas. Hal ini rupanya sering membuat pelajar atau mahasiswa seringkali salah mempersiapkan strategi ketika mempersiapkan diri untuk beasiswa. Terutama bagi kamu yang mengincar beasiswa jalur prestasi.


Sebab yang akan menjadi indikator penilaian juri untuk menentukan kandidat yang layak mendapatkan beasiswa adalah seberapa besar skala dan seberapa berdampak prestasi yang kamu peroleh. Bukan dari seberapa banyak kamu mampu mengumpulkan sertifikat, piagam, medali, atau bukti prestasi lainnya. Harap kamu tidak salah persepsi lagi setelah mengetahui ini.


Contohnya untuk prestasi perlombaan, yang akan diperhitungkan untuk seleksi beasiswa adalah minimal lomba daerah setingkat provinsi. Itu juga kalau kamu adalah pemenang, bukan hanya tercatat sebagai peserta saja. Jadi apabila prestasimu adalah sebuah karya yang tidak diikutsertakan dalam perlombaan, setidaknya itu tetap mendapat pengakuan dari daerah setingkat kabupaten atau provinsi.


Bahkan sekalipun kamu melampirkan prestasi berbentuk workshop dan seminar bersertifikasi. Minimal tingkatan yang kamu peroleh adalah tingkat nasional, jangan salah.


Dengan selalu mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas prestasi maka akan sangat membantu juga dalam hal persiapan saat wawancara kerja. Sebab kualitas prestasi yang kamu raih akan mencerminkan kualitas diri kamu lewat sedalam apakah pemahaman kamu dalam bidang yang kamu kuasai. Maksudnya adalah mengukir prestasi berkualitas itu memang tidak mudah.


3. Antara prestasi dan beasiswa harus relevan


Masih dalam rangkaian tips agar lulus seleksi beasiswa. Dalam poin awal tadi, Mamikos sudah menjelaskan bahwa sebaiknya kamu mengenali minat dan kemampuanmu dulu bukan. Tujuannya agar dapat mengembangkan prestasi di bidang yang menjadi minatmu. Kamu juga tidak boleh lupa untuk mencari beasiswa mana yang paling relevan dengan prestasi yang sudah kamu raih. Harus sinkron.


Contohnya saja, kamu ingin mendaftar ke beasiswa jalur prestasi untuk masuk ke jurusan kuliah Biologi. Sebab kamu memiliki minat dan kemampuan yang mumpuni di bidang tersebut. Bukan sekadar niat saja lho yang harus dimiliki. Kamu juga harus melampirkan bukti prestasi dalam bidang tersebut.


Misalnya kamu kemudian menjadi pemenang lomba Karya Ilmiah Remaja se-provinsi, delegasi seminar lingkungan hidup tingkat nasional, dan nilai-nilai mata pelajaran IPA-mu yang selalu di atas angka 80. Itu akan menjadi sebuah pertimbangan yang sangat menentukan nasibmu di masa mendatang.


Ingat, ya, antara minat dan beasiswa yang kamu incar harus relevan. Jangan sampai kamu sangat menyenangi biologi tapi jenis prestasi yang kamu lampirkan adalah menjadi salah satu peserta misi budaya ke Filipina. Kamu juga perlu menyadari ada banyak kandidat lain yang juga melakukan yang sama. Maka jika tidak ingin kesempatanmu lalu begitu saja, usahakan lah yang terbaik.


4. Pastikan kamu aktif mencari informasi beasiswa yang tersedia


Mamikos akan memberi contoh lagi dengan beasiswa prestasi. Meskipun beasiswa prestasi adalah salah satu bentuk penghargaan, tapi bukan berarti beasiswa akan selalu datang sendiri. Walau semasa sekolah kamu sudah mendulang banyak prestasi. Kamu harus selalu bersikap proaktif dengan selalu mencari informasi dan kesempatan dari beasiswa yang sesuai dengan kemampuan kamu.


Kamu harus mempercayai data ini. Ada hampir 90 persen pelajar dan mahasiswa tidak berhasil mendapatkan kesempatan beasiswa mereka, sebab mereka tidak tahu harus memulai dari mana dan harus berbuat apa. Jadi, Mamikos bisa memberi saran untuk selalu memanfaatkan waktu dan sumber daya yang ada di sekitarmu.


Gali informasi sebanyak-banyaknya demi mendapat informasi beasiswa berbagai jalur dan pastikan berdasarkan prestasi dan rencana studi kamu. Kamu bisa mencari infonya via Google dengan kata kunci relevan tentu saja. Atau mencari dengan tagar beasiswa di media sosial. Apapun, pastikan cari informasi sebanyak-banyaknya.


5. Dapatkan surat rekomendasi


Berikutnya dalam daftar tips agar lulus seleksi beasiswa, Mamikos menyarankan kamu agar mendapatkan surat rekomendasi. Surat rekomendasi ini juga dikenal dengan istilah letter of recommendation dan letter of reference merupakan sebuah surat yang berisi tentang pendapat atau kesaksian orang lain tentang diri kalian.


Penilaian ini bisa meliputi kemampuan, kelebihan, prestasi akademik, pengalaman, dan lain-lain. Surat rekomendasi biasanya menjadi salah satu persyaratan yang diminta ketika kalian hendak mendaftar beasiswa atau kuliah. Namun yang jadi sering menjadi pertanyaan adalah darimana bisa mendapatkan format surat rekomendasi?


Mamikos akan memberitahu kamu. Jadi ada dua cara yang bisa ditempuh untuk bisa mendapatkan format surat rekomendasi. Pertama, pemberi beasiswa atau kampus menyediakan format surat rekomendasi tersebut. Jadi, pemberi rekomendasi cukup menjawab poin-poin apa saja yang ingin diketahui oleh penyedia beasiswa.


Bentuk pertama ini memungkinkan penyedia beasiswa atau kampus mendapatkan poin-poin dari apa yang mereka butuhkan. Atau mereka tidak mendapatkan apa yang mereka tidak butuhkan. Kalau kamu tidak menggunakan format yang disediakan, maka bisa dipastikan kamu tidak akan diterima. Di sisi lain, ada juga pihak pemberi beasiswa atau kampus yang tidak menyediakan format rekomendasi sama sekali.


Sederhananya, apa saja isi dari surat rekomendasi tersebut, akan dipasrahkan sepenuhnya kepada pemberi rekomendasi. Di bagian ini kamu jadi tahu betapa pentingnya untuk memilih dan meminta surat rekomendasi kepada orang yang benar-benar mengenal diri kamu. Seperti kepala sekolah, wali kelas atau guru BK, misalnya.


Dengan begitu, maka orang yang menulis surat rekomendasi akan mampu menuliskan apa saja kelebihan yang kamu miliki dan dapat menjadi pertimbangan bagi pemberi beasiswa atau universitas untuk memutuskan. Apakah kamu layak atau tidak untuk mendapatkan beasiswa tersebut dan diterima di kampus tujuan?


6. Jujur dan jawab semua pertanyaan wawancara dengan tenang


Selanjutnya dari tips agar lulus seleksi beasiswa adalah dengan jujur dan tenang saat menghadapi wawancara nanti. Kamu tidak punya alasan untuk merasa takut atau minder. Bersikaplah berani dengan tetap menjaga etika dan ikuti alur yang ada. Salah satu tujuan dari tahapan wawancara ialah untuk menunjukkan diri kamu yang sebenarnya. Jadilah dirimu sendiri!


Katakan nilai lebih apa yang kamu miliki sehingga kamu layak mendapatkan beasiswa tersebut. Sebutkan juga apa kontribusi yang bisa kamu berikan nantinya. Manfaatkan momen wawancara ini sebagai tempat kamu mengekspresikan niat dan harapanmu di masa depan. Gunakan seni berkomunikasi.


Sebab waktu wawancara ini terbatas dan menuntut kamu untuk mengatur waktu sebaik – baiknya. Maka kamu bisa pilih salah satu topik yang sering menjadi syarat kualifikasi beasiswa. Misalnya saja leadership, communication skill, teamwork, atau problem solver. Ceritakan lah dirimu sebenar-benarnya.


Ceritakan secara baik dan sistematis tentang kelebihan atau strong point yang kamu miliki. Hal ini mungkin tidak berbeda jauh dengan teknik ‘menjual diri’ di hadapan penguji. Sebab kamu harus betul-betul meyakinkan mereka mengapa kamu layak untuk dipilih untuk beasiswa ini.


Meski begitu, ingat jangan terlalu terpusat dengan penjelasan diri kamu sendiri sehingga kamu terkesan. Sebab proses wawancara harus berlangsung secara interaktif dan tetap cair meskipun hal ini akan menjadi penentu nasib kamu.


7. Daftar di banyak penyedia beasiswa

Tips agar lulus seleksi beasiswa yang terakhir rekomendasi Mamikos adalah dengan mendaftar di banyak penyedia beasiswa atau datanglah ke pameran pendidikan atau kampus. Ada banyak peserta pameran pendidikan yang akhirnya mendaftar ke lembaga pendidikan yang baru mereka ketahui pada hari itu. Sebab ternyata jauh lebih relevan dan dirasa beasiswa tersebut cocok untuk mereka.


Jadi meski kamu telah memiliki tujuan universitas dan Program Studi yang matang, pameran universitas bisa menyediakan kesempatan beasiswa yang lebih beragam sesuai kebutuhan bahkan kemampuan kamu. Jadi, berbicaralah sebanyak mungkin perwakilan universitas dengan pikiran terbuka dan gali informasi dari mereka.



Pencarian Paling Banyak Dicari:

  • Apa yang harus dilakukan agar mendapat beasiswa?
  • Apa yang ditanyakan saat wawancara beasiswa?
  • Apa saja jalur beasiswa?
  • cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi
  • cara mendapatkan beasiswa bagi mahasiswa
  • cara mendapatkan beasiswa sekolah
  • soal tes beasiswa
  • soal tes beasiswa lp3i
  • macam macam beasiswa dan cara mendapatkannya
  • cara mendapatkan beasiswa sma
  • cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis
  • cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi
  • soal tes beasiswa
  • cara mendapatkan beasiswa bagi mahasiswa
  • soal tes beasiswa lp3i
  • cara mendapatkan beasiswa sma
  • cara mendapatkan beasiswa sekolah
  • cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi
  • cara mendapatkan beasiswa bagi mahasiswa
  • cara mendapatkan beasiswa sekolah
  • soal tes beasiswa
  • soal tes beasiswa lp3i
  • macam-macam beasiswa dan cara mendapatkannya
  • cara mendapatkan beasiswa sma
  • cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis


Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+