Iklan Header

Cara Menghilangkan Garis pada Layar Laptop dengan Mudah

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Jumat, 15 April 2022, 18:48 WIB Last Updated 2022-04-15T11:48:10Z
Baca Juga

Cara Menghilangkan Garis pada Layar Laptop dengan Mudah - Masalah layar umumnya kerap terjalin pada laptop dibandingkan dengan pc desktop. Perkaranya dapat diakibatkan oleh fitur lunak laptop semacam driver yang tidak kompatibel ataupun tidak up to date dan oleh permasalahan fitur kerasnya. Permasalahan pada fitur keras dapat terjalin pada keadaan kabel ribbon ataupun komponen- komponen laptop yang lain semacam RAM ataupun VGA.

muncul garis vertical layar laptop


Penyebab- penyebab timbulnya garis pada layar laptop masih dapat kalian perbaiki sendiri. Kalian dapat berupaya memakai cara- cara di dasar ini buat melenyapkan garis pada layar laptopmu. Langkah- langkahnya pula bisa kalian simak dengan gampang loh.


Tetapi, saat sebelum siap menjajaki prosedur- prosedurnya, hendaknya kalian mencari ketahui dahulu pemicu timbulnya garis pada layar laptop, apakah perihal itu terjalin sebab permasalahan aplikasi ataupun permasalahan hardware. Bila tidak dicek dahulu, hingga kalian dapat saja salah dalam memilah metode penanggulangannya.


Memastikan Permasalahan Garis pada Laptop


Saat sebelum kalian mengawali tindakan- tindakan buat melenyapkan garis pada layar laptopmu, kalian wajib memastikan dahulu apakah permasalahan tersebut terpaut dengan fitur lunak( aplikasi) ataupun fitur keras( hardware) laptop. Gimana metode menciptakan jawaban semacam ini? Lumayan gampang kok. Kalian tinggal berangkat saja ke pengaturan BIOS laptopmu.


Buat masuk ke pengaturan BIOS, kalian lumayan mematikan ulang( restart) laptopmu. Kemudian pada dikala awal kali layar menyala, kalian wajib memencet tombol spesial yang dapat membawamu ke pengaturan BIOS. Tampilan BIOS pada pernagkat laptop biasanya nampak pada foto di dasar ini namun buat sebagian laptop terdapat yang sudha mempunyai tampilan BIOS lebih modern.


Tombol spesial buat masuk ke BIOS ini berbeda- beda buat tiap laptop. Jadi, hendaknya kalian mengenali dahulu tombol spesial tersebut buat laptopmu. Kenapa dapat dicek melalui BIOS? Perihal itu sebab BIOS secara teknis bukan bagian dari sistem pembedahan( OS) yang kalian pakai di laptopmu.


Bila permasalahan garis pada layar laptop terpaut dengan fitur lunak, hingga garis tersebut tidak hendak timbul di BIOS. Tetapi, garis- garis tersebut senantiasa timbul di BIOS, itu maksudnya permasalahan tersebut mempunyai ikatan dengan fitur keras laptopmu. Sangat gampang buat menentukannya, bukan?


Metode Melenyapkan Garis pada Layar Laptop


1. Sebab Permasalahan Software- Update Driver Kartu Video ataupun Grafis


Bila kalian menciptakan garis pada layar laptopmu diakibatkan oleh permasalahan aplikasi, pemicu sangat bisa jadi umumnya merupakan driver- driver display( driver kartu video ataupun grafis) yang telah outdated( tidak ter- update) ataupun tidak kompatibel. Bila itu merupakan perkaranya, hingga kalian dapat melaksanakan langkah- langkah di dasar ini:


  • Berangkat ke web website formal pabrikan laptop kalian.
  • Masuk ke taman Support ataupun Unduh di web tersebut.
  • Cari seluruh driver yang ada buat laptopmu( cocok dengan OS yang lagi kalian pakai).
  • Download driver display tipe terkini buat laptop kalian.
  • Install driver tersebut, kemudian restart laptopmu.
  • Sehabis itu cek apakah permasalahan garis pada layar laptopmu telah terpecahkan ataupun belum.


Seperti itu metode melenyapkan garis pada layar laptop bila diakibatkan oleh permasalahan aplikasi. Supaya permasalahan ini tidak terulang di setelah itu hari, yakinkan driver display laptopmu senantiasa up to date. Jangan coba- coba mengunduh driver- driver buat laptopmu dari sumber yang tidak formal.


2. Sebab Permasalahan Sofware- Downgrade Driver Kartu Video


Permasalahan garis pada layar laptopmu dapat saja timbul sehabis kalian memperbarui driver kartu video laptopmu. Buat mengatasi permasalahan ini, kalian dapat berupaya menjajaki langkah- langkah berikut.


Buka Control Panel di sistem laptopmu serta pergilah ke bagian Device Manager.


Sehabis jendela baru terbuka, carilah bagian Display adapters.


Setelah itu klik kanan pada driver kartu video yang ada, kemudian seleksi Properties.


Di situ terdapat opsi Roll Back Drivers bila sehabis kalian pembaharuan nyatanya terdapat kesalahan pada layar laptopmu.


3. Sebab Permasalahan Software- Kesalahan Resolusi Layar


Metode yang kedua ini dapat kalian coba terapkan bila memakai OS Windows 10( OS Windows lain pula dapat dicoba). Kesalahan resolusi layar pula dapat jadi pemicu terdapatnya garis( baik vertikal ataupun horizontal) pada layar laptop. Sebab ini masih tercantum permasalahan aplikasi, hingga kalian dapat melaksanakan langkah- langkah di dasar ini buat memperbaikinya.


Klik kanan pada zona kosong di layar laptopmu. Pada kotak diskusi yang timbul, cari serta klik Display Setting.


Sehabis itu hendak timbul tampilan Windows Settings di bagian Display.


Pada bagian dasar tampilan, kalian hendak menciptakan menu Resolution. Di situ ada sebagian opsi resolusi buat layar laptopmu. Memilih resolusi yang mempunyai ciri Recommended.


Sehabis diseleksi, hingga klik Keep changes.


Bila nyatanya resolusi layar laptopmu telah default memakai resolusi yang direkomendasikan( Recommended), hingga kalian dapat berupaya bergeser ke resolusi yang lain dahulu. Sehabis itu kalian coba pakai kembali resolusi yang Recommended tersebut.


4. Sebab Permasalahan Hardware- Ganti Kabel Ribbon Laptop


Bila nyatanya garis pada layar laptop tidak diakibatkan oleh permasalahan aplikasi, hingga terdapat mungkin besar perkaranya merupakan kabel ribbon yang menghubungkan layar laptopmu ke motherboard- nya.


Bersamaan berjalannya waktu, kabel ribbon ini dapat jadi usang serta apalagi retak( paling utama pada bagian engsel sebab seringnya laptopmu dibuka serta ditutup) sehingga menimbulkan hadirnya garis pada layar.


Bila perkaranya memanglah demikian, kalian dapat mengubah kabel ribbon tersebut dengan yang baru. Kalian dapat membeli kabel ribbon yang cocok dengan laptopmu dengan harga yang masih lumayan terjangkau( harga dapat berbeda- beda serta dapat coba kalian cari di Bukalapak- klik di mari). Kalian pula dapat berupaya memasang sendiri kabel ribbon baru itu dengan gampang.


Yang butuh kalian jalani merupakan membebaskan faceplate laptopmu. Sehabis itu lepaskan pula kabel ribbon yang lama serta ubah dengan yang baru. Dalam banyak permasalahan, salah satu ujung kabel ribbon itu masuk ke port layar laptop serta satunya lagi masuk ke port motherboard- nya.


Saat sebelum melaksanakan perihal ini, kalian wajib membenarkan seluruh sumber energi laptop telah dicabut. Bila sudah berakhir berupaya prosedur ini, pasang kembali faceplate laptop serta pasang kembali sumber dayanya. Setelah itu nyalakan laptopmu serta amati apakah perkaranya telah terselesaikan ataupun belum.


5. Sebab Permasalahan Hardware- Cek Keadaan Jeroan Laptop


Kalian dapat mengecek bagian dalam laptopmu semacam RAM, VGA, ataupun Hardisk. Komponen- komponen tersebut dapat saja jadi pemicu terdapatnya garis pada layar laptopmu. Kalian dapat berupaya melepas RAM ataupun VGA( yang dapat dilepas) kemudian mensterilkan pin- pinnya.


Kalian dapat memakai penghapus yang lembek supaya tidak mengganggu serta meninggalkan sisa guratan pada pin RAM ataupun VGA. Jalani secara lama- lama sampai kotorannya terangkat serta pin- pin tersebut kembali mengkilap. Buat bagian hardisk, kalian dapat berupaya mengecek kabel hardisk serta membenarkan apakah perihal itu telah terpasang dengan benar ataupun belum.


Nah, seperti itu cara- cara yang dapat kalian jalani buat melenyapkan garis pada layar laptop. Bila kalian telah berupaya seluruh metode di atas tetapi garis pada layar masih senantiasa timbul, hingga hendaknya kalian bawa laptopmu ke pusat servis.


Pencarian yang banyak dicari:


  • cara menghilangkan garis vertikal di layar laptop
  • cara menghilangkan garis kotak di layar komputer
  • cara menghilangkan garis horizontal pada layar laptop
  • cara menghilangkan garis di layar laptop asus
  • muncul garis hijau di layar laptop
  • cara menghilangkan garis di laptop
  • biaya memperbaiki layar laptop bergaris
  • cara menghilangkan garis pada layar laptop lenovo




Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+