Iklan Header

Benarkah pinjaman online ilegal tidak perlu dibayar

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Rabu, 11 Mei 2022, 14:10 WIB Last Updated 2022-05-11T07:11:47Z
Baca Juga

Benarkah pinjaman online ilegal tidak perlu dibayar - tidak dapat dipungkiri, sekarang pinjaman online adalah alternatif bagi orang yang membutuhkan pinjaman tunai dengan cepat dan mudah. Karena, dalam praktiknya, pinjaman online dengan cepat cair dan peminjam cukup memasukkan sejumlah data dan foto kartu identitas ("KTP") untuk mendapatkan pinjaman. Kemudahan prosedur dan ketentuan adalah yang mendorong orang untuk meminjamkan uang melalui pinjaman online.

 pinjaman online ilegal tidak perlu dibayar 





Namun, sayangnya, kesadaran publik untuk memeriksa legalitas penyelenggara pinjaman online masih cenderung rendah. Ini adalah konsekuensi dari banyak orang yang terjerat dalam hutang pinjaman online ilegal. Belum memeriksa legalitas pinjaman online, orang cukup mengakses halaman pinjaman online OJK.



Perbedaannya adalah pinjaman online ilegal dan pinjaman online legal


Pada prinsipnya, pinjaman online dinyatakan ilegal bukan karena ancaman ketika menagih atau memaksakan bunga tinggi, tetapi karena penyelenggara pinjaman online belum terdaftar dan dilisensikan dari Otoritas Jasa Keuangan ("OJK"). Tidak adanya pendaftaran atau lisensi adalah apa yang membuat pinjaman online ilegal, seperti yang tertarik dari pinjaman ilegal: aturan permainan, potensi pelanggaran dan konsekuensi hukum .


Dengan demikian, karakteristik pinjaman online ilegal dibandingkan dengan pinjaman online legal atau pinjaman online terdaftar OJK, adalah penyedia pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar di OJK dan tidak dilisensikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Layanan Keuangan No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjaman Meminjam Teknologi Informasi -uang berbasis ("POJK 77/2016").


Selain itu, penyelenggara pinjaman online atau penyedia layanan pinjaman pinjaman berbasis teknologi berbasis OJK juga terikat untuk mematuhi kewajiban dan larangan yang ditentukan dalam POJK 77/2016. Jika dilanggar, penyelenggara pinjaman online dapat dikenakan sanksi administratif dalam bentuk: 



  • peringatan tertulis;
  • Baik, yaitu kewajiban untuk membayar sejumlah uang;
  • pembatasan kegiatan bisnis; dan
  • pencabutan izin.



Sanksi administratif dalam bentuk denda, pembatasan kegiatan bisnis, dan pencabutan izin, dapat dikenakan dengan atau tanpa sebelumnya pengenaan sanksi administratif dalam bentuk peringatan tertulis. Sementara sanksi administratif dalam bentuk denda dapat dikenakan secara terpisah atau bersama -sama dengan pembatasan kegiatan bisnis dan pencabutan izin.

 


Pinjaman online ilegal tidak perlu dibayar, bukan?


Jika sudah terjerat oleh pinjaman online ilegal, apakah benar bahwa pinjaman online ilegal tidak perlu dibayar?


Diekstraksi dari undang -undang jika hutang pinjaman ilegal dibungkus, dalam perjanjian pinjaman pinjaman yang dilakukan melalui pinjaman online, para pihak yang terikat di dalamnya hanya antara pemberi dan penerima pinjaman. Sedangkan operator pinjaman online hanya bertindak sebagai kekuatan daya dari pemberi pinjaman dalam memberikan pinjaman kepada penerima pinjaman.


Selain itu, perjanjian yang dibuat antara pemberi dan penerima pinjaman pada pinjaman online yang tidak terdaftar dan berlisensi di OJK dibatalkan. Akibatnya, situasi pulih seperti sebelum sebelum perjanjian dibuat. Oleh karena itu, peminjam harus mengembalikan semua uang yang telah dipinjam.



Jadi jawab pertanyaan Anda, peminjam harus mengembalikan semua uang yang telah dipinjamnya meskipun ia meminjam melalui pinjaman online ilegal.


Di sisi lain, mengutip dari pandangan dua profesor hukum yang terkait dengan munculnya pinjaman ilegal, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Prof. Edward Omar Sharif Hiariajik menjelaskan bahwa dalam konteks sipil ini dapat membatalkan perjanjian karena penyalahgunaan tersebut situasi. Peminjam benar -benar dibutuhkan mungkin ada keluarga yang sakit dan kebutuhan lainnya, para pihak tidak memiliki posisi paralel. Sedangkan pinjaman berbunga dari RP. 3 juta hingga RP. 30 juta. Sehingga menjadi situasi yang dapat membatalkan perjanjian.



Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+