Iklan Header

Jangan takut pinjaman ilegal Deb Collector, ini adalah penjelasan

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Rabu, 11 Mei 2022, 14:14 WIB Last Updated 2022-05-11T07:15:26Z
Baca Juga

Jangan takut pinjaman ilegal Deb Collector, ini adalah penjelasan - Menteri Koordinasi untuk Urusan Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menekankan bahwa pemerintah tidak mentolerir keberadaan praktik mapinjan online ilegal (pinjaman). Namun, untuk manajer pinjaman berlisensi, menurut Mahfud MD, pemerintah akan memberikan dukungan dan fasilitasi.

pinjol ilegal


"Pemerintah tidak akan memberikan toleransi dan ruang bebas bagi mereka yang sering melakukan praktik ilegal dan melanggar hukum. Pinjaman ilegal membutuhkan upaya multidisiplin untuk mengatasinya baik dalam pidana atau non-idiot. Perhatian untuk memberantasnya, karena selain kerugian Munculnya, ada juga ekosistem yang dianggap saling menguntungkan dari praktik ini, "kata ketika memberikan pidato utama tentang webinar pendidikan" pinjaman online atau ilegal: kebutuhan masyarakat dan penegakan hukum 




Menteri Politik dan Keamanan yang mengoordinasikan menjelaskan bahwa pemerintah melalui sejumlah kementerian dan lembaga terus melakukan upaya bersama untuk memberantas dan menindak praktik pinjaman ilegal yang membahayakan masyarakat.


"Pinjaman ini menerapkan suku bunga pinjaman yang lebih tinggi daripada bank, pinjaman tanpa jaminan, dan persetujuan akses data pribadi sebagai prasyarat pinjaman. Kondisi ini kemudian sering disalahgunakan oleh penyedia layanan, terutama pinjaman yang tidak terdaftar dan diawasi oleh OJK dan asosiasi," katanya .


Menurut Menteri Koordinasi Mahfud MD, penutupan akses atau pemblokiran oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi adalah bagian dari tindakan administratif yang dapat dilakukan oleh negara, sehingga ruang untuk pinjaman ilegal semakin tertutup dan para korban tidak semakin meningkat tersebar luas.


"Langkah ini harus didukung dengan membuka akses ke keluhan publik yang mudah dijangkau. Partisipasi aktif masyarakat untuk melaporkan tindakan ilegal, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kebijakan penanganan pinjaman yang harus dibangun oleh negara," katanya.


Selain upaya administratif, Menteri Koordinasi untuk Politik dan Keamanan juga akan memberikan perlindungan dalam hal hukum sipil dan hukum pidana. Dalam hal hukum perdata, negara akan menyediakan ruang bagi para pihak jika ada perselisihan atau perselisihan.


"Dalam hal hukum pidana, negara akan mengambil tindakan tegas terhadap perilaku yang merugikan warga. Efek pencegah, "jelasnya.


Menurut MAHFUD MD, penegakan hukum harus dilakukan secara konsisten dan harus dapat menjangkau orang dengan dana, perusahaan, dan aktor penting yang mengatur praktik pinjaman ilegal.


"Penegakan hukum tidak hanya harus menargetkan karyawan bawahan yang hanya bertindak secara teknis secara operasional, mengingat bahwa praktik pinjaman ilegal ini melibatkan banyak jaringan di/negara asing, baik dari pelaku, penyedia server, atau penyedia dana," katanya.


Menteri Koordinasi untuk Politik dan Keamanan mengatakan bahwa pinjaman berlisensi dan hukum harus didukung untuk dikembangkan. Selain itu, menurutnya, pemerintah juga mendorong manajer pinjaman untuk mematuhi aturan dan etika dalam penagihan. Pemerintah bahkan mengajukan banding untuk memberikan suku bunga yang rendah dan terjangkau, serta memberikan layanan yang baik bagi masyarakat.


"Pemerintah juga akan mendorong pembentukan undang -undang yang terkait dengan sektor jasa keuangan digital dan ratifikasi RUU Perlindungan Data Pribadi sebagai upaya untuk melindungi warga. Perlindungan data ini penting untuk melindungi data korban yang sering dieksploitasi oleh pinjaman ilegal, "dia berkata.


Menurut Menteri Koordinasi Mahfud MD Pemerintah juga mendukung dan memfasilitasi inovasi hukum dan pinjaman untuk tumbuh dan berkembang dengan cara yang sehat.



Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+