Iklan Header

Berbagai penyebab kesemutan yang mungkin Anda alami dan bagaimana mengatasinya

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Jumat, 06 Mei 2022, 19:00 WIB Last Updated 2022-05-06T12:01:38Z
Baca Juga

Berbagai penyebab kesemutan yang mungkin Anda alami dan bagaimana mengatasinya - hampir semua orang telah mengalami sensasi yang menggelitik, seperti mati rasa atau mati rasa, dan seperti tusukan jarum, yang tiba-tiba datang di tangan atau kaki. 

kaki kesemutan


Sensasi ini umumnya disebut sebagai kesemutan (paresthesia) karena rasanya seperti dirawat oleh ratusan semut di bawah kulit. Itu tidak menyebabkan rasa sakit, tetapi tentu saja membuat Anda tidak nyaman, terutama ketika anggota tubuh dipindahkan. Jadi, mengapa tangan, kaki, dan anggota tubuh lainnya bisa kesemutan?


Apa itu kesemutan?


Kesemutan, atau apa yang sering disebut mati rasa atau baal, adalah hilangnya sensasi pada bagian tubuh tertentu (mati rasa) disertai dengan sensasi abnormal lainnya, seperti seperti ditusuk oleh jarum, disengat, disengat, geli, atau terbakar. Di dunia medis, kondisi ini disebut paresthesia.


Paresthesia umumnya muncul secara spontan atau tiba -tiba dan sering terjadi di tangan, lengan, jari, kaki, dan kaki. Namun, mati rasa atau baal juga dapat terjadi pada wajah atau anggota tubuh lainnya, termasuk pangkal paha ke penis (untuk pria).


Kesemutan adalah hal yang wajar terjadi pada siapa pun dan bersifat sementara. Namun, dalam beberapa kasus, kesemutan di tangan, kaki, wajah, atau anggota tubuh lainnya dapat terjadi secara berkelanjutan karena kerusakan saraf atau gangguan sistem saraf pusat.


Apa penyebab kesemutan?


Penyebab umum kesemutan adalah saraf terjepit karena tekanan pada bagian tubuh tertentu, seperti tangan atau kaki, atau dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama. Misalnya, duduk salib -Legged terlalu lama atau tidur dengan tangan di bawah kepala.


Sebagai informasi, tubuh manusia memiliki miliaran sel saraf yang berfungsi sebagai jalur komunikasi otak dan sumsum tulang belakang di seluruh tubuh. Ketika tangan atau kaki menerima tekanan untuk waktu yang lama, saraf yang menyebar di dalamnya akan tertekan atau terjepit.



Saraf terjepit akan menyebabkan otak Anda kekurangan informasi tentang sensasi rasa sentuhan yang diharapkan berasal dari kumpulan saraf. Lebih dari itu, tekanan juga akan memeras arteri dalam aliran darah ke saraf.


Akibatnya, saraf tidak dapat menerima suplai darah dan oksigen yang cukup untuk bekerja. Ini kemudian menyebabkan sinyal yang berasal dari saraf sensorik akan diblokir atau diblokir. Akibatnya, mati rasa akan muncul di bagian tubuh yang tertekan.


Ini adalah penyebab Baal yang masuk akal bagi siapa pun dan biasanya terjadi secara singkat. Sensasi ini biasanya akan hilang setelah tekanan berkurang atau ketika Anda mengubah posisi tubuh Anda.


Namun, kesemutan juga dapat terjadi karena faktor -faktor lain, termasuk sebagai tanda atau gejala penyakit. Ini adalah penyebab yang tidak biasa, yang sering menyebabkan waktu yang lama. Dalam kondisi ini, Anda perlu mendapatkan perawatan dari dokter untuk mengatasinya.


Berikut adalah beberapa penyebab mati rasa atau baal yang mungkin terjadi:


Kurangnya nutrisi


Vitamin B1, B6, dan Vitamin B12, dan asam folat adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan fungsi saraf. Jika kebutuhan vitamin tidak terpenuhi, saraf dapat rusak dan menyebabkan mati rasa. Selain itu, kadar kalsium, kalium, dan natrium yang tidak normal dalam tubuh dapat menjadi penyebab kesemutan yang sering terjadi di berbagai anggota badan, termasuk tangan, kaki, ujung jari, telapak tangan, telapak kaki, bahkan kepala dan wajah



Obat tertentu


Obat -obatan tertentu, seperti obat untuk HIV, beberapa antibiotik, dan obat kemoterapi untuk pengobatan kanker, dapat menyebabkan kerusakan saraf menyebabkan mati rasa di tangan. Rasa mati rasa ini dapat terjadi sementara, tetapi juga bisa permanen. Karena itu, selalu berkonsultasi dengan dokter tentang efek samping obat yang Anda konsumsi.


Alkohol dan neuropati.


Paling banyak dicari:


  • cara menghilangkan kesemutan di tangan
  • mengatasi kesemutan
  • makanan penyebab kesemutan
  • ramuan tradisional obat kesemutan
  • obat kesemutan di apotik
  • sering kesemutan di tangan dan kaki gejala apa
  • vitamin untuk kebas dan kesemutan
  • obat tradisional kesemutan tangan kanan



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+