Iklan Header

Teknik Pijat Untuk Membantu Meringankan Migrain

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Jumat, 06 Mei 2022, 20:08 WIB Last Updated 2022-05-08T02:00:22Z
Baca Juga

Teknik pijat untuk membantu meringankan migrain - rasa sakit pada migrain jauh lebih parah daripada sakit kepala biasa. Biasanya, kepala akan terasa berdenyut, dan disertai dengan gejala lain, seperti mual, muntah, peka terhadap cahaya dan suara. 

teknik pijat



Sakit kepala migrain sudah cukup untuk dilumpuhkan sehingga menyulitkan seseorang untuk melakukan berbagai kegiatan. Salah satu cara untuk membantu menangani migrain adalah dengan pijat. Berikut ini adalah panduan pijat untuk migrain yang dapat Anda coba.


Manfaat pijat untuk penderita migrain


Pijat adalah istilah umum yang mencakup aktivitas menekan atau menggosok area kulit, otot, tendon, dan ligamen Anda. Kegiatan atau teknik ini sering digunakan sebagai cara alternatif untuk mengobati kondisi medis tertentu, seperti cedera olahraga, stres, gangguan kecemasan, nyeri sendi dan otot, untuk sakit kepala.


Jenis sakit kepala yang sering dikaitkan dengan pijat sebagai salah satu metode penyembuhan adalah sakit kepala ketegangan. Namun, beberapa penelitian melaporkan, terapi pijat juga bermanfaat pada beberapa orang dengan sakit kepala migrain.


Melaporkan dari American Massage Therapy Association, sebuah studi tentang terapi pijat dan migrain menemukan bahwa penderita migrain yang menerima pijat selama 30 menit lima kali seminggu, melaporkan penurunan frekuensi dan serangan migrain dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkan pijat. Tingkat detak jantung, tingkat kecemasan, dan kortisol juga menurun pada akhir setiap sesi pijat.


Ini dapat terjadi karena tegangan dan nyeri otot sering terjadi sebagai efek residu dari migrain. Selain itu, stres juga bisa menjadi pemicu migrain pada beberapa orang. Jika migrain yang Anda alami terkait dengan dua hal ini, pijat bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.


Berbagai teknik pijat akupresur untuk migrain



Salah satu teknik pijat yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi migrain adalah akupresur. Perawatan tradisional Cina ini dilakukan dengan memberikan tekanan pada titik -titik tertentu di tubuh Anda. Berikut adalah beberapa titik pijat akupresur untuk sakit kepala migrain berikut dengan memijat kanan:


Pijat di tangan


Titik pijat di tangan yang dapat membantu menghilangkan gejala migrain, yaitu Lembah Union atau juga teknik He Gu (LI4). Poin ini adalah antara ibu jari dan jari telunjuk Anda.


Caranya adalah menekan titik menggunakan ibu jari dan jari telunjuk tangan Anda yang lain. Tekan dan kuat selama setidaknya 10 detik sambil menghirup perlahan dan dalam, lalu lepaskan. Lakukan hal yang sama di tangan Anda di sisi lain sampai Anda sakit.


Pijat di kaki


Menempatkan tekanan pada titik -titik tertentu pada kaki bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan migrain dengan pijatan. Beberapa poin pijat ini, yaitu:


Rushing yang lebih besar (LV3 atau Great Surge), yang berada di atas baskom di mana ibu jari dengan jari telunjuk bertemu. Triknya adalah dengan lembut menekan titik selama dua menit pada kedua kaki secara bergantian. Lakukan sambil duduk santai setiap kali Anda mengalami migrain atau tiga kali sehari untuk hasil yang optimal.


Di atas air mata (GB41 atau Zu lin qi), yang berada di bagian atas kaki, sekitar 2-3 cm di atas baskom antara jari manis dan kelingking. Triknya adalah memberikan tekanan yang kuat, tetapi dengan lembut dengan ibu jari Anda selama satu menit di kedua kaki secara bergantian.


Pijat di wajah


Anda harus memijat area wajah secara refleks ketika serangan migrain terjadi. Jika Anda memijat, migrain Anda mungkin tidak akan pernah membaik. Sebaliknya, menekan titik pijat yang tepat dapat membantu mengatasi migrain yang Anda alami. Berikut beberapa poin ini:


Mata Ketiga (GV 24.5 atau Yin Tang), yang merupakan titik akupresur yang ada di antara alis, di atas jembatan hidung. Anda melakukan ini dengan menekan titik menggunakan ibu jari atau jari telunjuk dengan berbagai tingkat tekanan sampai Anda merasa nyaman. Tahan tekanan, lalu lepaskan.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+