Iklan Header

Gaji Kepala Desa Serta Tunjangan

Editor: Garutselatan.info Minggu, 26 Juni 2022, 00:00 WIB Last Updated 2022-06-25T17:00:00Z
Baca Juga
Gaji Kepala Desa Serta Tunjangan - Informasi mengenai gaji kepala desa di tahun 2022 sekarang ini kerap menimbulkan rasa penasaran, berapa sih gaji kepala desa yang sesuai dengan ketentuan gaji perangkat desa tahun 2022 sekarang ini.
Gaji Kepala Desa Serta Tunjangan

Mengenai hal ini, gaji operator desa tahun 2022 masih mengacu pada Peraturan Pemerintah No.11 tahun 2019. Nomenklatur regulasi tersebut yaitu tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah No.43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.


Dalam aturan ini telah disebutkan bahwa secara terperinci mengenai besaran gaji kepala desa dan perangkat desa lainnya, dalam hal ini tentu saja gaji kepala desa ini paling tinggi jika dibandingkan dengan perangkat lainnya.


Besaran Perangkat Desa Tahun 2022



Sesuai peraturan pemerinah No.18 tahun 2019 pasal 81 ayat 1, yang berbunyi penghasilan tetap akan diberikan kepada kepala desa, sekretaris desa, dan perangkat desa lainnya yang dianggarkan dalam APBdesa yang bersumber dari anggaran dana desa.


Adapun gaji kepala desa tahun 2022 sekarang ini yaitu sesuai dengan pasal 81 ayat 2 yang telah ditetapkan oleh Bupati atau Walikota di daerah masing-masing. Gaji yang dimaksud ini yaitu besaran penghasilan tetap.


Apakah Gaji Perangkat Desa Kena Pajak?



Masih tetap dan tunjangan akan diterima kepala desa, dan perangkat desa dikenakan PPh pasal 21 yang dikenakan atas semua penghasilan. Namun jika siltap dan tunjangan yang diterima lebih rendah dari ptkp, maka penghasilan tersebut tidak dipotong PPh pasal 21.


Berapa Gaji Sekretaris Desa?



Untuk sekretaris desa besaran gaji atau penghasilan tetap nya paling sedikit Rp2.224.420 setara 110% dari gaji pokok pegawai negeri sipil golongan IIa. Lantas berapa gaji kepala desa? Sesuai aturan tersebut telah disebutkan bahwa besaran penghasilan tetap kepala desa, dan perangkat desa lannya dengan ketentuan yaitu sebagai berikut:


Inilah Gaji Kepala Desa



Besaran penghasilan tetap kepala desa ini paling sedikit yaitu sebesar Rp2.426.440 yang setara dengan 120% dari gaji pokok para pegawai negeri sipil golongan ruang II/a.
 

Baca Juga: Gaji Bupati Dan Tunjangan di Indonesia 

Kapan Gaji Perangkat Desa Cair?



Menurut pasal 81a penghasilan tetap kepala desa, sekretaris desa dan perangkat desa lainnya diberikan sejak Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku. Dalam hal desa belum bisa memenuhi semua ketentuan yang sebagaimana dimaksud, maka pembayaran penghasilan tetap kepala desa, sekretaris desa dan perangkat desa lainnya akan diberikan terhitung mulai bulan Januari 2020.


Tunjangan kepala desa



Selain mendapatkan penghasilan tetap, ada juga tunjangan yang sekaligus menjadi tambahan gaji untuk kepala desa tahun 2022. Hal ini tidak lepas dari adanya ketentuan dalam pasal 100 Peraturan Pemerintah No.11 tahun 2019, yang menyebutkan bahwa belanja desa yang ditetapkan dalam APBdesa ini akan digunakan dengan ketentuan sebagai berikut:


  • Penyelenggaraan pemerintahan desa termasuk belanja operasional Pemerintah desa, dan insentif rukun tetangga dan rukun warga
  • Pembinaan kemasyarakatan desa
  • Pelaksanaan pembangunan desa
  • Pemberdayaan masyarakat desa
  • Penghasilan tetap dan tunjangan kepala desa, sekretaris desa dan perangkat desa lainnya
  • Paling banyak 70% dari jumlah anggaran belanja desa untuk mendanai
  • Jangan operasional badan permusyawaratan desa.

Perhitungan belanja desa yang sebagaimana dimaksud tersebut di luar pendapatan yang bersumber dari hasil pengelolaan tanah bengkok atau sebutan lain. Peraturan Pemerintah ini telah menegaskan bahwa hasil pengolahan tanah bengkok atau sebutan lain bisa digunakan untuk tambahan tunjangan kepala desa, sekretaris desa dan perangkat desa lainnya.


Demikianlah informasi Gaji Kepala Desa Serta Tunjangan yang dapat admin sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi yang baik bagi anda sahabat pembaca, share informasi ini ke media sosial lainnya.


Sekian dan terimakasih


pencarian yang banyak dicari:

  • berapa gaji kepala desa
  • tunjangan kepala desa
  • gaji kepala desa paling tinggi
  • gaji kepala desa 2022
  • tunjangan perangkat desa
  • berapa gaji kepala dusun
  • tabel gaji perangkat desa 2022
  • gaji perangkat desa lulusan s1


Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+