Iklan Header

Benarkah Paparan Sinar Matahari Dapat Mempengaruhi Hati?

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Rabu, 01 Juni 2022, 20:41 WIB Last Updated 2022-06-01T13:41:43Z
Baca Juga

Benarkah Paparan Sinar Matahari Dapat Mempengaruhi Hati -  ketika suasananya mendung, kurangnya paparan sinar matahari, tidak jarang, kami merasa sedih, kesal dan perasaan mendayu -dayu. Lampu matahari tampaknya mempengaruhi suasana hati. Apakah itu benar?

Paparan Sinar Matahari

Seorang ahli kesehatan mental UGM, Dr. Ronny Tri Wirasto, mengatakan bahwa paparan sinar matahari memiliki dampak yang kuat pada kesehatan mental, terutama suasana hati. Matahari, menurutnya, memainkan peran penting dalam zat dalam tubuh, termasuk zat yang berperan dalam regulasi suasana hati.


"Jika kita mengatakan bahwa sinar matahari memengaruhi suasana hati atau suasana hati itu benar karena itu mempengaruhi serotonin dalam tubuh yang membuat kita tetap dalam suasana hati yang baik dan tetap segar", Kamis 2/17).


Baca Juga : Apakah Erill Sudah Ditemukan? Kenyataan Terkini Eril Anak Ridwan Kamil yang Lenyap di Sungai Swiss


Dia menjelaskan bahwa paparan sinar matahari akan merangsang otak untuk menghasilkan serotonin dalam tubuh. Substansi ini membantu mengatur perasaan hati seperti kebahagiaan, kesedihan, kenyamanan, kecemasan, rasa sakit dan lainnya. Paparan yang cukup akan meningkatkan produksi zat ini dan mempertahankan suasana hati untuk tetap baik dan rasa segar di siang hari. Sebaliknya, jika kandungan zat dalam tubuh rendah dapat mempengaruhi suasana hati yang tidak nyaman.


“Jika suasananya lemah, umumnya seperti gelap dan mendukung dan tinggal di ruangan. Memang mekanisme tubuh ketika atmosfer tidak baik, tetapi harus dipaksa untuk terpapar matahari sehingga atmosfer bisa bagus lagi, "jelasnya.


Ronny juga menjelaskan bahwa pada malam hari, pelepasan zat serotonin akan berkurang. Karena otak tidak lagi bersemangat dengan memproduksi serotonin. Kemudian tubuh akan mulai melepaskan Mentonin yang memicu kantuk dan lelah.


"Paparan yang cukup di bawah sinar matahari akan memicu peningkatan zat melantonine di malam hari, yang mendorong kantuk dan kelelahan sehingga malam itu tidur lebih dalam," kata presiden program studi yang berspesialisasi dalam ilmu medis FKKMK FKKMK.


Ronny mengatakan sinar matahari adalah masalah bagi orang -orang yang tinggal di wilayah subtropis atau yang memiliki empat musim. Karena sinar matahari menjadi hal yang langka di wilayah musim dingin. Kondisi ini menjadi tidak menyenangkan bagi orang dengan gangguan emosi musiman (SAD).


"Yang menyedihkan adalah kelainan suasana perasaan jantung yang terkait dengan musim yang terjadi di negara -negara dengan empat musim dan menguat di musim dingin. Gangguan ini jarang terjadi di negara -negara tropis," katanya.


Di negara wilayah subtropis, ia akan melewati periode musim nyata seperti itu. Perbedaan suhu di musim panas dan musim dingin terjadi begitu signifikan. Ini sangat mempengaruhi tubuh untuk merespons, salah satunya adalah perasaan. Sementara itu, perbedaan suhu ekstrem tidak terjadi di negara -negara tropis.


Untuk memenuhi kebutuhan matahari untuk tubuh, ia melanjutkan, umumnya di negara empat musim, terapi cahaya akan dilakukan. Terapi dilakukan dengan menggunakan lampu LED dengan kapasitas tertentu dan disajikan dalam dosis tertentu.


Ronny mengungkapkan bahwa tidak sedikit orang di daerah tropis, termasuk Indonesia dengan banyak paparan sinar matahari terhadap kurangnya sinar matahari. Terutama pada karyawan kantor dan anak -anak yang menjalani sekolah sehari penuh. 


Keduanya menjadi kelompok risiko karena mereka lebih sering di dalam sepanjang hari dengan akses minimal ke matahari dan hanya dengan pencahayaan buatan. Selain itu, di tengah negara bagian Pandemi Covid-19, penerapan pekerjaan dan sekolah rumah untuk menghapus penyebaran Covid-19.


Untuk mengatasi ini, Ronny mengirimkan kebutuhan untuk mengatur paparan matahari. Salah satunya dengan cokelat di pagi hari.


"Nyalakan tradisi" dede "atau karena itu bukan masalah mengaktifkan vitamin D, tetapi juga menyatakan bahwa suasana hati terbukti secara ilmiah," katanya.


Selain itu, menurutnya, ini dapat dilakukan dengan membuat pekerjaan atau pengaturan sekolah.



Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+