Iklan Header

Fakta Terkini Penyakit yang Dialami Ruben Onsu

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Kamis, 28 Juli 2022, 09:02 WIB Last Updated 2022-07-28T02:02:22Z
Baca Juga

Fakta Terkini Penyakit yang Dialami Ruben Onsu - Presenter Ruben Onsu mengungkapkan dirinya mengidap penyakiy Empty Sella Syndrome. Akibat penyakit tersebut wajahnya terlihat pucat saat tampil di televisi.

Fakta Terkini Penyakit yang Dialami Ruben Onsu
Ruben Onsu 


Bahkan, baru-baru ini Ruben juga mengaku kalau ia takut meninggal dunia. Hal ini diungkap Ruben Onsu saat berbincang dengan Irfan Hakim.


"Orang selalu bilang jangan takut, jangan takut, tapi kan yang tahu badan kita itu kita ya, jadi gue berusaha blek aja buat tidur. Jadi ketika gue kebangun (tengah malam) gue nggak mau tidur lagi karena gue punya rasa takut itu (tidak bisa bangun lagi)," ucap Ruben dikutip dari MOP Channel, Rabu (27/7/2022).



Melansir laman WebMD, empty sella syndrome adalah gangguan yang mempengaruhi sella tursika, struktur tulang di tengah tengkorak di bawah otak. Akibatnya hormon yang mengatur produksi tubuh terganggu sehingga menyebabkan gangguan pada bagian lainnya.

Berikut, terdapat beberapa fakta mengenai penyakit yang satu ini.


1. Wanita lebih berisiko


Dikatakan, wanita memiliki risiko yang lebih besar mengalami empty sella syndrome dibandingkan pria. Selain itu, yang mengalami kondisi ini sendiri juga lebih kepada orang-orang dengan masalah obesitas dan tekanan darah tinggi.



2. Tidak mengancam nyawa


Empty sella syndrome sendiri tidak mengancam nyawa penderitanya dan bisa diobati. Biasanya kondisi ini tidak memiliki gejala khusus. Namun, kondisi ini bisa berisiko menimbulkan komplikasi seperti tekanan darah tinggi, bahkan impotensi pada pria.


3. Mengganggu pengelihatan


Seseorang yang menderita empty sella syndrome juga kerap kali mengalami gangguan pada pengelihatannya. Tidak hanya itu, orang dengan gangguan ini juga mengalami pembengkakan pada mata sehingga pandangan menjadi kabur.


4. Berpengaruh pada gairah seks


Tidak hanya pada pengelihatan, empty sella syndrome juga memengaruhi gairah seks yang dimiliki penderitanya.


5. Dapat disembuhkan


Penyakit yang satu ini juga bisa disembuhkan melalui beberapa cara, baik mengonsumsi obat-obatan maupun operasi. Untuk obat-obatan dokter akan memberikan obat pengontrol hormon yang keluar pada kelenjar pituitari.


Sementara itu, untuk operasi biasanya dilakukan pada seseorang yang mengalami kebocoran pada caira tulang belakang di bagian hidungnya.




Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+