Iklan Header

7 Faktor yang Mempengaruhi Kurs Valuta Asing (Kurs Valas)

Admin
Editor: Garutselatan.info Jumat, 30 September 2022, 05:42 WIB Last Updated 2022-09-29T22:42:11Z
Baca Juga
7 Faktor yang Mempengaruhi Kurs Valuta Asing (Kurs Valas) – Valas biasanya digunakan dalam kegiatan ekonomi internasional seperti perdagangan antarnegara maupun berinvestasi. Valas bisa diartikan sebagai uang dalam bentuk mata uang negara lain, yang berbentuk kertas maupun koin dan biasanya memiliki nilai fluktuatif di pasaran.

7 Faktor yang Mempengaruhi Kurs Valuta Asing (Kurs Valas)
7 Faktor yang Mempengaruhi Kurs Valuta Asing
 (Kurs Valas) 



Valuta Asing itu pasti memiliki kurs atau harga resmi yang sudah tercatat di bank sentral. Kurs Valas merupakan jumlah uang lokal yang dibutuhkan untuk mendapatkan satu mata uang asing. Kurs Valas juga merupakan nilai perbandingan mata uang lokal dengan luar negeri.
 

Berikut Ini  Faktor Yang Akan Mempengaruhi Kurs Valas



1. Inflasi


Inflasi merupakan kenaikan harga pada barang atau jasa dan juga merupaka n penurunan nilai mata uang lokal. Kenaikan harga barang dan jasa itu merupakan proses sebuah inflasi yang bisa saja terjadi pada periode tertentu. Didalam pasar valas, inflasi menjadi dasar utama dalam perdagangan internasional baik barang maupun jasa.
 

Dengan begitu, perubahan harga didalam negeri merupakan faktor yang akan mempengaruhi pergerakan nilai mata uang asing.


2. Kebijakan pemerintah


Kebijakkan pemerintah juga akan mempengaruhi nilai mata uang di negara tersebut, sehingga kebijakan yang dibuat oleh pemerintah adalah untuk menghindari masalah nilai tukar valas dan perdagangan internasional dan mengintervensi pasar uang.


3. Perbedaan tingkat suku bunga


Tingkat suku bunga akan mempengaruhi prosesoperasi pasar valas dan pasang uang, karena ketika terjadi proses transaksi maka bank akan mempertimbangkan perbedaan suku bunga di pasar modal nasional dan global dengan pandangan dari keuntungan yang akan didapatkan. Karena dari pihak bank akan memilih pinjaman murah dari pasar valas dengan bunga yang rendah dan temapat mata uang pada pasar kredit lokal jika tingkat bunganya tinggi.


4. Aktivitas Neraca Pembayaran


Neraca pembayaran yang aktif akan meningkatkan nilai mata uang lokal dengan meningkatnya jumlah debitur asing. Dampak dari neraca pembayaran ini akan diukur dari nilai tukar yang sudah ditentukan oleh tingkat keterbukaan ekonomi, seperti pembatasan impor, perubahan tariff, kuota perdagangan, dan subsidi yang akan mempengaruhi neraca perdagangan.


5. Ekspetasi


Faktor yang akan mempengaruhi kurs valas adalah ekspektasi nilai tukar yang akan terjadi dimasa depan, karena pasar valas akan memberikan reaksi yang cukup agresif pada setiap berita atau isu yang bisa berefek dikemudian hari.


6. Income Masyarakat


Jika penghasilan atau income masyarakat tinggi, pasti daya beli juga akan tinggi. Karena masyarakat akan melakukan transaksi pembelian barang cukup tinggi, sehingga pemenuhan barang harus dilakukan oleh negara tempat produksi barang tersebut. Namun, jika permintaan suatu barang bisa dipenuhi dari produk lokal itu akan sangat mambantu dalam menjaga nilai mata uang dalam negeri agar tetap stabil dan tidak ada permintaan valas.


7. Situasi dan kondisi dalam negeri


Kondisi ketidakstabilan akan menjadi salah satu faktor yang mempenagruhi kurs valas dengan adanya pemakaian mata uang asing oleh negara penanam modal. Hal ini hanya mata uang yang boleh digunakan adalah mata uang kategori hard currency atau nilai mata uang yang kuat yang sudah disepakati oleh negara untuk melakukan transaksi.
 

Itulah 7 faktor yang akan mempengaruhi kurs valas dalam proses perdagangan internasional maupun berinvestasi.
 

Semoga bermanfaat.


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+