Iklan Header

Situ Cisanti, Tempat Liburan Pasangan Muda Yang Romantis

Admin One
Editor: Garutselatan.info Rabu, 22 November 2023, 09:33 WIB Last Updated 2023-11-22T02:33:36Z
Baca Juga
GARUTSELATAN.INFO - Lokasi Situ Cisanti yaitu berada dikampung Pejaten Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.


Situ Cisanti merupakan danau kecil namun tidak kalah indah dan sejuk dari situ-situ yang lain seperti Situ Cileunca atau Situ Patenggang di Ciwidey. Luas area situ sekitar 5 hektar, Situ Cisanti merupakan titik nol atau bisa dikatakan hulu sungai citarum, salah satu sungai terbesar di Jawa Barat.


Kawasan cisanti juga dikelilingi beberapa gunung seperti gunung wayang, gunung malabar, gunung bedil dan gunung rakutak. Situ Cisanti ini merupakan tempat penampungan dari 7 mata air yaitu :
  • Mata Air Citarum;
  • Mata Air Cikahuripan;
  • Mata Air Cikoleberes;
  • Mata Air Cihaniwung;
  • Mata Air Cisadane;
  • Mata Air Cikawedukan;
  • Mata Air Cisanti.


Ada beberapa hal yang dapat dilakukan bagi pengunjung Situ Cisanti diantaranya foto-foto diberbagai spot yang instagramable, membuat video dan keliling dipinggir situ dengan berjalan kaki serta bisa naik perahu keliling situ cisanti. salah satu lokasi yang paling banyak dipakai sebagai tempat spot poto yaitu dermaga kecil yang menjorok ketengah situ.


Dekat dermaga juga sudah terdapat spot poto berupa perahu yang lumayan cukup besar buat narsis disana dengan tulisan bahtera cinta.


Tersedia tempat duduk santai dipinggir situ untuk sekedar bercengkrama atau bercerita dengan pasanganmu.


Anda juga bisa selpi atau berfoto di dermaga yang satu ini namanya Dermaga Cakti Buddhi Bhakti.


Naik perahu kelilingi Situ Cisanti jangan lupa sambil selpi ria ya.

  
Petilasan Dipati Ukur

Tepat di belakang tulisan kolimeter 0 citarum Situ Cisanti juga terdapat lokasi petilasan Dipati Ukur. beliu merupakan seorang wedana para bupati di abad 17. beliu juga salah seorang yang memimpin penyerangan ke Belanda di Batavia. Hingga sekarang namanya diabadikan menjadi nama salah satu jalan dikota Bandung.


Di area petilasan Dipati Ukur terdapat mata air yang dikeramatkan jadi jika ingin ketempat ini harus bersama Kuncen yang ada dilokasi tersebut.


Jalan menuju ke Situ Cisanti


Ada beberapa rute yang dapat anda gunakan untuk menuju ke situ cisanti diantaranya :

Rute menuju Situ Cisanti via Bandung-Pangalengan
Jika menggunakan angkutan umum bisa naik bus atau elp jurusan bandung-pangalengan setelah sampai diterminal pangalengan tinggal turun lalu naik angkutan desa jurusan kertasari dan tinggal turun pas di depan pintu masuk situ cisanti.

Rute menuju Situ Cisanti via Bungbulang-Cisewu-Pangalengan
Jika menggunakan angkutan umum bisa naik elp Bungbulang menuju Cisewu dan Pangalengan turun diterminal pangalengan lalu naik angkutan desa jurusan kertasari dan tinggal turun pas di depan pintu masuk situ cisanti.

Rute menuju Situ Cisanti via Ciparay
Dari terminal Ciparay naik angkot jurusan pacet ikuti terus jalannya hingga melewati pasar cibeureum dari situ lokasi sudah dekat tinggal turun jika sudah sampai depan pintu masuk cisanti ya.

Google Maps


Fasilitas yang tersedia 

Dalam hal fasilitas di situ cisanti sudah lumayan lengkap ada tempat parkir khusus mobil dan juga parkir motor serta yang paling utama adalah keamanan ya, yang pasti parkiran disini sangat aman. Mushola tempat ibadah juga ada, jika kalian lapar warung sudah cukup banyak buat isi perut dan terpusat didekat pintu masuk dan parkiran jadi tidak akan menemukan warung dipinggir situ ya!

Tiket masuk Situ Cisanti


Untuk Tiket masuk sangat terjangkau hanya Rp.10.000/orang, parkir motor Rp.2.000 dan parkir mobil sekitar Rp.9.000 serta jika kita ingin naik perahu keliling situ Rp.10.000/orang. 

Nah buat para traveler mungkin ini jadi rekomendasi salah satu tempat tujuan anda berikutnya untuk menikmati liburan dan juga mengajak jalan-jalan akhir pekan pasanganmu.



Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+