Iklan Header

Wisata Situ Bagendit Yang Elok Digarut

Admin One
Editor: Garutselatan.info Kamis, 25 Juli 2019, 15:46 WIB Last Updated 2020-05-31T12:46:56Z
Baca Juga
GARUTSELATAN.INFO - Wisata Situ Bagendit terletak di Desa Bagendit Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Photo by : situ bagendit/@adhot33

Wisata Situ Bagendit merupakan sebuah wisata alam berupa danau yang berada di Kecamatan Banyuresmi - Garut. Situ ini banyak dikunjungi para traveler yang ingin berliburan atau berakhir pekan dengan lokasi cukup dekat dari pusat kota Garut sekitar 4 kilometer. Obyek wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga karena dilokasi ini sudah tersedia beberapa fasilitas seperti kereta api mini yang berada dipinggir danau.

Beberapa aktifitas yang dapat anda lakukan di Situ Bagendit diantaranya menikmati pemandangan alam, mengelilingi danau/situ dengan menggunakan perahu kayuh atau rakit, ada beberapa bangku taman, untuk anak-anak bisa naik kereta api mini, bermain air dan berenang. Suasana alam dikawasan obyek Wisata Situ Bagendit cukup nyaman karena pembangunannya sudah direncanakan oleh pemerintah melalui Dinas Pariwisata.

Di Situ Bagendit terdapat 60 buah perahu kayuh yang dapat disewa agar anda bisa mengelilingi situ. Obyek wisata ini mulai beroperasi pada pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Sumber daya listrik dikawasan ini berasal dari PLN dan untuk sumber air bersih berasal dari sumur dan PDAM dengan kualitas air yang baik.

Photo by : situ bagendit/@uki_sutisna

Obyek Wisata Situ Bagendit memiliki lahan untuk tempat parkir sangat luas sekitar 1400 m2 dengan daya tampung mencapai 30 bus, 60 kendaraan pribadi dan 180 kendaraan bermotor. Saat anda memasuki kawasan wisata alam Situ Bagendit, anda akan melewati sebuah POS Tiket sebagai pintu masuk ke area wisata.

Situ Bagendit sendiri sangat erat kaitannya dengan sebuah legenda Nyai Endit, menurut warga sekitar Situ Bagendit terdiri dari dua suku kata yaitu Situ yang artinya danau dan Bagendit berasal dari nama seseorang yang bernama Nyai Endit. Cerita singkatnya pada zaman dahulu disebuah desa yang terpencil ada seorang janda muda kaya raya yang sangat pelit, serakah, kikir dan tamak terhadap warga lain di desa tersebut.  
Namun suatu ketika datanglah seorang laki-laki tua renta dengan membawa sebuah tongkat ditangannya. Kakek tua tersebut datang hendak meminta air kepada Nyai Endit, bukannya air yang kakek tersebut dapat melainkan hinaan dan pukulan dari Nyai Endit. Saat itu sang kakek menancapkan tongkat yang ia bawa lalu mencabutnya kembali hingga tiba-tiba air menyembur dari lubang bekas tongkat si kakek tersebut lalu seketika ia menghilang.

Lama kelamaan semburan air itu semakin deras dan warga desa tersebutpun panik menyelamatkan diri karena takut kebanjiran dan bergegas untuk mengungsi. Sedangkan Nyai Endit yang pelit dan kikir tidak ingin meninggalkan rumahnya karena sangat sayang terhadap harta bendanya. Akhirnya, janda kaya tersebut tenggelam bersama dengan harta bendanya sedangkan penduduk yang pergi berhasil selamat dari banjir tersebut dan desa yang tergenang air kini telah berubah menjadi sebuah situ/danau serta warga yang selamat tersebut menamainya dengan Situ Bagendit.

Photo by : situ bagendit/@brony_setiaji

Rute Lokasi 

# Ciamis - Tasik - Garut - Situ Bagendit;
# Jakarta - Bogor - Bandung - Garut - Situ Bagendit.

Google Maps


Fasilitas

# Kereta Api Mini;
# Keliling Situ;
# Perahu Kayuh;
# Area Bermain Anak;
# Bermain Air;
# Berenang;
# Toilet;
# Mushola;
# Rumah makan;
# Rakit;
# Saung/Gazebo

Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Situ Bagendit Rp. 5k/orang, sewa sepeda air Rp. 20k/2 orang, sewa rakit Rp. 50k/10 orang, parkir motor Rp. 5k, mobil Rp. 7k dan bus Rp. 15k. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Begitulah legenda Tempat Wisata Situ Bagendit yang kini menjadi tempat favorit wisatawan untuk berlibur atau berakhir pekan bersama keluarga tercintanya, Happy Holiday...

Related Search :
  • Wisata Situ Bagendit
  • Liburan Keluarga
  • Perahu Kayuh
  • Keliling Situ
  • Sewa Rakit
  • Naik Kereta Mini
  • Berenang
  • Bermain Air
  • Nyai Endit
  • Luas 1400 M2
  • Area Bermain Anak
  • Saung Gazebo
  • Rumah Makan 



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+