Header Menu

Rute dan Lokasi Curug Ciharus Dano Garut

GARUTSELATAN.INFO - Curug Ciharus terletak di Desa Dano Kecamatan Leles Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat 44152, Indonesia.

Curug Ciharus/Curug Dano [foto : qq_supriatna

Curug Ciharus disebut juga Curug Dano karena terdapat di Desa Dano, selain menjadi tempat rekreasi curug ini pula dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengairi lahan perkebunan. Curug ini merupakan salah satu sumber air dari hulu sungai Cipancar yang berasal dari Gunung Gede, salah satu gunung yang berdampingan dengan Gunung Guntur. Curug Ciharus memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan debit air yang tidak terlalu besar.

Jika anda mengunjungi curug ini ada beberapa aturan yang harus ditaati oleh setiap pengunjung seperti dilarang membawa pasta gigi, shampo, sabun, plastik dan saat mengunjungi curug ini tidak boleh lebih dari 10 orang dengan pembatasan waktu kunjung sekitar 1 jam. Tujuan pengelola diadakan aturan tersebut agar menjaga lingkungan tetap bersih, asri dan bisa bergantian dengan kelompok pengunjung lain.
Selain aturan tadi, anda juga dilarang merokok ditempat tersebut agar udara disana tetap segar, sejuk dan bagi perokok aktif disarankan agar bisa bertahan selama disana. Peraturan tersebut sengaja dibuat untuk dapat menjaga kelestarian dan kebersihan curug ini. Jika anda membawa barang bawaan maka harus dititipkan dipos penitipan barang yang sudah disediakan dan yang tak kalah penting bagi pengunjung agar selalu menjaga sikap, perilaku dan ucapan diarea curug.

Demi menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar para pemuda Karang Taruna Desa Dano dan para petani yang tergabung dalam Kelompok Paguyuban Petani Sunda Hejo sudah melaksanakan penanaman pohon endemik. Dengan adanya peraturan-peraturan tersebut lambat laun kesadaran masyarakat terbentuk betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar dan akhirnya sedikit demi sedikit warga tidak berkebun lagi di dekat curug.

Curug Ciharus/Curug Dano [foto : sdverdana]

Rute Lokasi untuk menuju Curug Ciharus anda tinggal menuju pasar leles setelah perempatan Alun-alun Leles anda tinggal belok kiri jika anda dari bandung setelah perempatan Alun-alun Leles tinggal belok kanan. Untuk selanjutnya tinggal mengikuti jalan tersebut jika menemukan pertigaan jangan lupa bertanya kepada masyarakat sekitar atau anda bisa menggunakan google maps.

Tiket Masuk Curug Ciharus sebesar Rp. 5k dan tarif parkir Rp. 2k sangat terjangkau sekali ya, ada beberapa fasilitas yang terdapat di Curug Ciharus seperti Area Parkir, Pos Tiket, Warung, Mushola dan Toilet. Ada beberapa kelebihan lain yang dimiliki Curug Ciharus antara lain debit air yang stabil dimusim hujan dan kemarau, ketinggian yang cukup dan memiliki tampungan air dibawah curug yang memungkinkan untuk bermain air dan berenang.

Demikian informasi mengenai Curug Ciharus/Curug Dano Garut, bagi anda yang tertarik dan berniat mengunjungi tempat ini selamat berkunjung. Happy Holiday".

Related Search :
  • Curug Ciharus/Curug Dano
  • Curug Ciharus Memiliki Ketinggian 100 Meter
  • Tiket Masuk Curug Ciharus 
  • Curug Ciharus Tempat Bermain Air
  • Curug Ciharus Tempat Berenang
  • Curug Ciharus Tempat Swa Foto

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3