Header Menu

Eloknya Balong Ciawi dan Kebun Teh Tugeunteng Panggalih

GARUTSELATAN.INFO - Tugeunteng merupakan salah satu daerah pegunungan yang bersuhu dingin sangat cocok untuk Perkebunan Teh, Cabai, Jahe, Singkong, Jagung, Kopi, Pohon Pinus, Kayu Alba dan jenis tanaman lainnya.

Balong/Kolam Ciawi Tugeunteng Desa Panggalih [foto : istimewa]

Tugeunteng adalah bagian dari Desa Panggalih tepatnya di Dusun Tiga RW Lima Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut. Tugeunteng sendiri merupakan tempat yang fenomenal karena belum terjangkau seluruhnya oleh sinyal hanya sebagian kecil dari total RW 05 tersebut yang bisa berjalan alat komunikasi seperti Handphone. 

Namun dibalik itu semua lokasi Tugeunteng memiliki ciri khasnya sendiri dengan keindahan Panorama Alam yang Super Keren karena bisa melihat dengan jangkauan sangat luas serta tidak terhalang.
Salah satu icon dari Tugeunteng sendiri selain "Kebun Teh", yakni salah satu tempat angker (mistis) yakni “Balong Ciawi” (Sunda) atau Kolam Ciawi merupakan salah satu mata air yang belum pernah kering walau pada musim kemarau panjang sekalipun dan menjadi tulang punggung bagi berjalannya pertaniaan masyarakat disana.  Mata air tersebutlah menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar Tugeunteng.

Selain dijadikan sebagai sumber kehidupan, mata air dari Balong Ciawi tersebut juga dijadikan sebagai pengairan sawah, kolam ikan dan digunakan sebagai kebutuhan lainnya.

Balong Ciawi Tugeunteng [foto : istimewa]

Memang Balong Ciawi sudah angker sejak zaman dulu, bahkan menurut cerita rakyat (mitos) di Balong Ciawi tersebut terdapat ikan besar yang berwarna merah yang menjadi salah satu penunggu Kolam Ciawi. Boleh percaya atau tidak? Waallahu'alam.

Mungkin saja hal tersebut bisa ada dan juga tidak ada, namun sebagai manusia kita perlu menyadari dan mengakui bahwa hal ghaib pasti adanya. Sehingga sampai sekarang Balong Ciawi tersebut masih menjadi tempat angker menurut sebagian orang. Walaupun angker tetapi masyarakat sekitar tetap bersikap baik, karena dengan adanya hal tersebut kita bisa hidup masing-masing serta tidak saling mengganggu.
Selain cerita Balong Ciawi dengan keangkerannya ada juga sisi keindahan yang dimiliki Tugeunteng yaitu panorama hijaunya Perkebunan Teh disana. Entah dimulai dari tahun berapa perkebunan disini mulai ditanam namun yang pasti sampai ini Perkebunan Teh tersebut masih aktif dan terpelihara. 

Walau luasnya tidak seperti Perkebunan Teh di Cukul Kabupaten Bandung namun perkebunan disini cukup luas dan cocok untuk dijadikan background foto selpi bagi anak muda yang hobi berfoto bersama pasangan, teman, sahabat dan keluarga.

Perkebunan Teh Tugeunteng [foto : istimewa]

Perkebunan Teh disini hanya satu-satunya yang ada di Kecamatan Cisewu, total dari Sembilan Desa hanya ada di Desa Panggalih tepatnya di Kampung Tugeunteng Rw 05 Dusun 3 Desa Panggalih Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat 44166, Indonesia.

Related Search :
  • Eloknya Balong Ciawi dan Kebun Teh Tugeunteng Panggalih
  • Balong Ciawi (Sunda) atau Kolam Ciawi Tugeunteng
  • Perkebunan Teh Tugeunteng.

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3