Iklan Header

Di Temukan Lagi Lanthanotus Borneensis Biawak Naga Di Kalimantan

Admin One
Editor: Garutselatan.info Senin, 23 September 2019, 12:19 WIB Last Updated 2019-09-24T02:31:51Z
Baca Juga
GARUTSELATAN.INFO-  Dari tahun 1877 hingga 1961, hanya 12 spesimen yang telah ditemukan dan hanya sekitar 100 dari kadal ini yang pernah di dapatkan. 

  Biawak Tak Bertelinga di habitanya di Kalimantan [[Foto:indoflashlight.org]]

Sebagian besar informasi  tentang Lanthanotus borneensis  hanya berdasarkan laporan observasi
Perilaku spesimen tunggal yang disimpan di penangkaran dan saking langkanya sedikit saja yang diketahui tentang perilakunya di habitat aslinya.

Ciri umum satwa ini adalah tidak ada lipatan gular, hidung tumpul dan tidak adanya telinga eksternal atau indra pendengaran lain yang terlihat, Meski tentu saja tetap bisa mendengar. Panjang tubuhnya bisa mencapai 45 cm hingga 55 cm. Selain itu, kelopak matanya transparan dan letaknya yang lebih rendah daripada biawak atau kadal jenis lain.

Ciri yang paling mudah dilihat adalah kulit luarnya yang dipenuhi dengan gerigi-gerigi seperti pada buaya, yang tersusun secara teratur, berbentuk garis mulai dari bagian kepala sampai pada ekornya yang cukup panjang.

Biawak tak bertelinga dapat ditemukan di daerah dekat dengan sungai, karena merupakan hewan semiaquatik atau kadang-kadang hidup di air kadang di darat. Karena nocturnal alias hewan yang aktif pada malam hari, sehingga sangat jarang muncul. Oleh karena itu membuatnya menjadi masih menjadi hewan yang misterius, karena perilaku atau kebiasan hidupnya kurang bisa diamati.
Baca Juga: Perahu Tergulung Oleh Ombak di Pantai Santolo Garut
Warna kulit hewan ini adalah coklat tua pada bagian atas dan berwarna coklat agak muda pada bagian perutnya. Satwa ini memiliki empat kaki di depan dan belakang, dan di setiap kakinya terdapat lima jari dengan kuku yang tajam. Biawak tak bertelinga merupakan reptil’ yang berkembangbiak dengan cara bertelur.

Para ahli memperkirakan bahwa rentang populasi biawak tak bertelinga ini mungkin hanya ada di Serawak (Malaysia) dan Kalimantan Barat. Meski begitu, kurangnya penelitian dan pengetahuan mengenai satwa misterius ini, Termasuk pola penyebaran, dan jumlah populasinya, menyebabkannnya kesulitan memastikan penyebarannya.
Baca Juga: Rumah Singgah Humanis Bagi Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung
Satwa ini belum masuk dalam daftar IUCN Redlist pada 2012. Informasi yang jelas, alih fungsi hutan yang menjadi habitatnya yang terus berlangsung hingga kini, mengancam populasinya. Penemuan-penemuan satwa ini di mendatang bisa jadi tidak terdokumentasikan.

Ada baiknya, pihak swasta Industri pemanfaatan hutan bisa berperan penting dalam proses identifikasi satwa seperti biawak tak bertelinga yang informasi tentangnya sangat terbatas hingga kini.

Related Search: 

  • Biawak Kalimantan
  • Biawak langka di dunia
  • Kebakaran hutan di kalimantan




Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+