Header Menu

Pengertian Framework Codeigniter

Pengertian Framework - Framework merupakan kumpulan perintah atau fungsi dasar yang membentuk berupa aturan-aturan tertentu dan kemudian saling berinteraksi satu sama lain sehingga dalam pembuatan aplikasi website tersebut maka dibutuhkan sebuah framework untuk pembangunannya agar lebih mudah.

Pengertian Codeigniter - Codeigniter merupakan framework PHP yang diklaim memiliki eksikusi tercepat dibandingkan dengan framework yang lainnya. Framework codeigniter tersebut bersifat open source dan menggunakan model basis MVC (Model, View, dan Controler) yang menggunakan model konsep modern yang digunakan saat ini.

Framework merupakan sebuah kerangka kerja dalam aplikasi yang di dalamnya terdapat beberapa bagian program yang telah disusun secara teratur, maka dari itu seorang programmer tidak perlu membuat program dari 0 kembali, karena framework tersebut sudah menyediakan paket library yang dapat digunakan oleh programmer.
Baca Juga: Pengertian PHP

Fitur-Fitur Codeigniter

Kelebihan codeigniter diantaranya:

1. Open Source
Codeigniter adalah sebuah framework yang open source atau bebas dari lisensi sehingga pengembang atau programmer tidak perlu membeli dengan harga yang mahal dan dapat digunakan secara bebas dan gratis. Codeigniter tersebut dilisensikan dibawah lisensi Apache/BSD style open source.

2. Menggunakan Konsep MVC
Framework codeigniter menggunakan konsep MVC (Model View Controller), maka konsep modern ini banyak digunakan oleh framework lainnya, maka dengan adanya konsep MVC maka dalam proses pembuatan web aplikasi programmer dan desain dapat bekerja bersama tanpa mengganggu yang lain.

3. Dokumentasi Lengkap
Framework codeigniter adalah framework yang memiliki dokumentasi lengkap daripada framework yang lainnya. dokumentasi yang baik tersebut disediakan oleh developer codeigniter sehingga pengguna atau pengembang lebih mudah dalam mempelajarinya.

4. Komunitas
Framework ini memiliki komunitas yang dapat membuat produk menjadi lebih bagus dan segera menemukan solusi apabila terjadi error atau bug.

5. Mendukung PHP 4 dan PHP 5
Framework codeigniter mendukung sekali terhadap PHP 4 dan PHP 5, sehingga codeigniter banyak disukai oleh pengguna dan programmer.

6. Akses Lebih Cepat
Framework codeigniter adalah framework yang lebih cepat karena memiliki kelebihan yang dimana ketika me-load fungsi yang digunakan saja. Sehingga codeigniter adalah framework yang bisa mengeksikusi perintah atau fungsi dengan cepat dan ringan. Berbeda dengan framework yang lainnya yang mengeksekusi seluruh fungsi atau library walaupun tidak digunakan, namun semuanya tetap digunakan.

Adapun beberapa fitur yang disediakan oleh Codeigniter diantaranya:

1.Akses ringan dan cepat
2.Mendukung PHP 4 dan PHP 5
3.Menggunakan konsep MVC
4.Pengaturan session
5.Keamanan dan XSS Filtering
6.Mendukung bahasa
7.Memiliki caching
8.Mendukung enkripsi data
9.Tersedia untuk class email
10.Memiliki paket library yang banyak
11.Memiliki helper yang banyak
12.Mendukung benchmarking
13.Menampilkan pesan eror atau bug
14.Upload file
15.URL routing yang fleksibel
16.Dapat memanipulasi gambar
17.Dapat mendukung transfer via FTP

Keyword Search:
  • Apa itu Framework
  • Pengertian Framework Codeigniter
  • Apa itu framework codeigniter

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3