Header Menu

Ratusan Calon Kades Akan Ramaikan Pilkades Serentak di Kabupaten Garut

GARUTSELATAN.INFO - Pada Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang III Tahun 2019, sebanyak 125 Desa Se-Kabupaten Garut akan mengadakan Pilkades pada hari Selasa (05/11/2019).

Ilustrasi Kepala Desa

Pada tahun ini angka partisipasi calon kepala desa di Kabupaten Garut cukup meningkat bila dibandingkan dengan acara yang sama pada tahun sebelumnya. Karena di beberapa desa terdapat seleksi, untuk para balon yang jumlahnya lebih dari lima orang.

Menurut Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Garut, Asep Jaelani menyebutkan ada 22 desa yang melakukan seleksi bagi para balon kepala desa. Bahkan terdapat, ratusan bakal calon yang mengikuti tes tersebut. Sekarang ini terdapat 494 calon kepala desa yang akan meramaikan Pilkades.

Menurut Asep, meningkatnya keinginan warga untuk mencalonkan diri sebagai kepala desa disebabkan saat ini pemerintah pusat memberikan perhatian kepada desa sangat tinggi. Artinya, para calon berkeinginan membangun desa dengan memanfaatkan dana desa.

Saat ini rata-rata setiap desa di Kabupaten Garut mendapat dana sekitar 1,5 miliar/tahun. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut tetap mengantisipasi agar tidak terjadi penyelewengan anggaran dana desa. "kita berikan sosialisasi penggunaan dana desa," ucap Asep.

Asep berharap, kepada para calon kepala desa yang nantinya terpilih dapat amanah dalam menggunakan anggaran dana desa untuk kemajuan desanya. "Karena itu kan dana yang harus digunakan untuk kepentingan masyarakat desa," kata dia.

Pemilihan Kepala Desa Serentak tinggal beberapa hari kedepan, Asep mengajak seluruh masyarakat untuk mengantisipasi dan menolak segala bentuk kecurangan, termasuk politik uang (Money Politic). Jika ditemukan kecurangan, panitia tingkat desa akan menindaknya sesuai aturan yang berlaku dan bila terbukti melakukan kecurangan maka akan diproses hingga penegak hukum.

Related Search :

  • Ratusan Calon Kades Akan Ramaikan Pilkades Serentak di Kabupaten Garut.
  • Sekarang ini terdapat 494 calon kepala desa yang akan meramaikan Pilkades.
  • Rata-rata setiap Desa di Kabupaten Garut mendapat dana sekitar 1,5 Miliar/Tahun.

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3