-->

Iklan

Wisata Alam: Curug Cimandi Racun - Curug Cibuni Racun Garut

Garut Selatan
Minggu, 12 Januari 2020, 20:34 WIB Last Updated 2020-05-29T11:06:47Z
GARUTSELATAN.INFO - Curug Cimandi Racun - Curug Cibuni Racun terletak di Desa Jangkurang Kecamatan Leles Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat (44152), Indonesia.

Curug Cimandi Racun/ Cibuni Racun [Foto : jalanwisata.id]

Obyek wisata Curug Cimandi Racun atau bisa disebut juga Curug Cibuni Racun ini memiliki ketinggian 25 meter dengan sumber air yang mengalir ke curug ini berasal dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi. Letak air terjun Curug Cimandi Racun berada pada ketinggian 1045 meter diatas permukaan laut (mdpl) dengan kondisi lahan yang curam dan temperatur udara yang sejuk antara 23-25 derajat celcius.

Curug Cimandi Racun berada dikawasan seluas 988.602 hektar merupakan tanah milik masyarakat Kampung Pasir Kunci dan Kampung Singkur dan berada diantara Desa Rancasalak, Desa Cikelet dan Desa Dano. 

Fasilitas yang terdapat di Curug Cimandi Racun Garut beberapa diantaranya : kamar mandi/MCK, mushola, area parkir, penginapan. 

Asal usul penamaan Curug Cimandi Racun sendiri berasal dari sebuah legenda. Konon pada zaman kerajaan dahulu mempunyai seorang putri yang cantik jelita, kemudian kerajaan tersebut mengadakan sayembara dengan hadiah putri cantik jelita tersebut. Akhirnya sayembara tersebut diikuti para jawara yang pada mahir beladiri (silat) dari sekitar wilayah kerajaan. Mereka saling bertarung dengan mempertaruhkan nyawanya masing-masing untuk mendapatkan sang putri cantik.

Hingga pada akhirnya tersisa dua jawara yang bertarung cukup lama, mereka mengeluarkan jurus andalannya masing-masing namun sayang keduanya tidak berhasil mengalahkan lawannya tersebut (sama kuat). Singkat cerita, ada seseorang yang tidak diketahui identitasnya telah menculik dan membawa kabur sang putri. Putri tersebut dibawa ke sebuah curug kemudian diracun hingga tewas. Nah, dicurug itulah tempat sang putri diracun yang kemudian diberi nama Cimandi Racun.  

Maka Cimandi artinya air dan mandi sedangkan Racun artinya air yang beracun. Namun, tidak seseram namanya air yang mengalir disana sangat jernih dan menjadi sumber air bagi kebutuhan sehari-hari warga sekitar. Itulah sedikit cerita legenda yang beredar di masyarakat tentang asal usul penamaan Curug Cimandi Racun" Wallahu a'lam.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata Jabar

+