Iklan

Panorama Alam "Situ Cibeureum" Garut, Bekas Persembunyian Kartosoewirjo

Garut Selatan
Selasa, 10 Maret 2020, 13:49 WIB Last Updated 2020-03-10T07:03:44Z
GARUTSELATAN.INFO - Situ Cibeureum terletak di Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Situ Cibeureum Garut - GSN

Situ Cibeureum merupakan sebuah obyek wisata alam berupa danau kecil yang berada dikawasan hutan alam dan hutan pinus. Situ Cibeureum juga merupakan salah satu objek wisata Garut yang harus anda kunjungi jika ingin berwisata ke daerah Garut. Kebanyakan wisatawan yang datang ke situ ini biasanya pada hari libur terutama pada libur panjang. Selain terdapat situ, disana juga terdapat kawasan wisata Camping Ground, Trek Downhill Mountain Bike dan spot pemandangan alam yang indah.

Kawasan Situ Cibeureum telah dimanfaatkan sebagai tempat perkemahan oleh siswa siswi sekolah dengan kapasitas ratusan orang. Disana juga terdapat trek untuk motocross yang cukup bagus (ekstrim) dan menantang. Lokasinya relatif dekat dengan wisata lain seperti Lokasi Konservasi Elang Jawa, Kamodjan Fillage, Kamodjang Ecopark.

Baca Juga : Santolo Advanture Trail 3, Dalam Rangka Hari Jadi Kota Garut Ke 207

"Situ Cibeureum sendiri memiliki tujuh mata air di areal ini yaitu Cibeureum, Cikole, Curug Campaka, Gunung Hileud, Cibuni Larang, Gunung Ampel dan Gunung Masigit".

Situ Cibeureum memang menawarkan wisata alam terbuka yang menarik, konon pemimpin Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII), Soekarmadji Maridjan Kartosoewirjo sampai berbulan-bulan tinggal disekitaran Situ Cibeureum.

Dalam sejarah ketika itu rentang antara tahun 1949 hingga 1962, Kartosoewirjo bersama pasukannya menentang Pemerintah Republik Indonesia. Mereka pun bergerilya menghadapi pengejaran pasukan TNI, keluar masuk hutan disekitar wilayah Jawa Barat hingga petualangan Kartosoewirjo berakhir di Gunung Rakutak, Majalaya pada 4 Juni 1962.

Baca Juga : UNIK!! Wisata Kolam Renang di Ketinggian 2.065 Mdpl Mt Papandayan

Jika demikian tidak mengherankan bila Kartosoewirjo betah menikmati suasana sekitar Situ Cibeureum yang asri nan indah. 

Dengan potensi alam yang dimiliki Situ Cibeureum jika mendapat perhatian serius pemerintah akan menjadi salah satu wisata potensial di Kabupaten Garut.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata Jabar

+