Iklan

Didiklah Anakmu Jadi Taqwa Bukan Kaya, Sehingga Kelak Ia Tahu Uang Bukan Segalanya

Garut Selatan
Jumat, 20 Maret 2020, 10.19 WIB Last Updated 2020-03-20T03:29:28Z
GARUTSELATAN.INFO - Bagi para orang tua hendaklah didik anakmu menjadi Taqwa bukan kaya, kita siapkan mereka agar tidak menjadi generasi yang lemah. Berikanlah bekal yang cukup bagi mereka agar bisa mengarungi kehidupan dengan Kepala Tegak dan Iman Kokoh.



Sesungguhnya diantara penyebab kelalaian kita kurang menjaga mereka dalam membimbing, mengarahkan, memberi contoh agar ia bisa melihat, meniru, mengikuti apa-apa yang kita lakukan demi membangun ketaqwaanya. Kita kadang tidak mengkhawatirkan mereka, sehingga mudah sekali mengijinkan mereka untuk asyik menonton televisi dengan tayangan tidak bernilai positif atau kegaiatan-kegiatan lainnya yang tidak bermanfaat.

Kita lupa bahwa hiburan sesungguhnya diperlukan untuk mereka yang telah penat bekerja keras atau hanyalah untuk menjaga agar tidak mengalami kejenuhan. Hari ini, banyak orang terhibur bahkan ketika belum mengerjakan sesuatu yang baik, positif, produktif sama sekali!.

Andaikata tidak ada bekal pengetahuan yang mumpuni tentang bagaimana cara mengasuh anak-anak kita, maka sungguh cukuplah Ketaqwaan itu untuk mengendalikan diri kita atau anak-anak kita.

Baca Juga : 19 Nasihat Pernikahan Agar Langgeng dan Harmonis

Berbekal Ketaqwaan itulah, ucapan kita akan terkendali dan tindakan kita tidak melampaui batas. Seseorang yang pemarah dan mudah meledak-ledak emosinya akan mudah luluh kalau ia bertaqwa. Ia luluh bukan karena lemahnya hati melainkan ia amat takut kepada Allah SWT. Ia menundukan dirinya terhadap perintah Allah dan Rasulnya seraya menjaga diri agar tidak melanggar larangan-larangannya.

Berbicara dengan Perkataan yang Benar (Qaulan Sadidan). Boleh jadi banyak kebiasaan yang masih sering dijalankan oleh diri kita bukan dalam kebaikan tetapi dengan bekal Ketaqwaan, berbicara dengan perkataan yang benar akan mendorong kita untuk terus berbenah diri agar bisa lebih baik di masa yang akan datang.

Sebaliknya tanpa dilandasi Ketaqwaan, berbicara dengan perkataan yang kurang baik atau bahkan buruk pada akhirnya akan membuat kita lebih permisif terhadapnya. Kita akan lebih terbiasa terhadap hal-hal yang kurang patut.

Baca Juga : Berhentilah Mencari Seseorang Yang Sempurna Untuk Dicintai

Oleh karenanya kedua hal tersebut harus kita perjuangkan agar melekat dalam diri kita, perkara Taqwa dan berbicara dengan Perkataan yang Benar (Qaulan Sadidan) kita upayakan agar selalu meningkat dari waktu ke waktu. Setelah keduanya terdapat dalam diri kita maka insyaallah, Allah SWT akan baguskan diri kita dan amal-amal kita serta tinggikan derajat kita dimata Allah SWT.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata Jabar

+