Iklan Header

Marhaban Ya Ramadhan, Menyiapkan Diri Sejak Sya’ban

Admin One
Editor: Garutselatan.info Kamis, 23 April 2020, 21:00 WIB Last Updated 2020-04-23T14:12:54Z
Baca Juga
GARUTSELATAN.INFO - Suasana menyongsong Ramadhan perlu disiapkan sejak sebelum datangnya Ramadhan untuk melatih dan membiasakan lebih dahulu di bulan Sya’ban.



“Ketika Sya’ban seperti mukaddimah (pendahuluan) bagi Ramadhan, maka disyariatkan di bulan Sya’ban hal-hal yang disyariatkan di bulan Ramadhan, seperti puasa dan baca al-Quran” (Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif 1/138) Umat Islam sejak masa Sahabat telah mempersiapkan diri sejak Sya’ban dengan ibadah dan sedekah.

Diriwayatkan dari Anas berkata “bahwa umat Islam ketika masuk bulan Sya’ban, maka senantiasa membaca al-Quran dan mengeluarkan zakat hartanya, sebagai bantuan untuk orang miskin dalam menghadapi puasa” (Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif 1/138).


Dari Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda: “Telah datang pada kalian, bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah SWT wajibkan puasa Ramadhan. Pintu langit dibuka, pintu neraka ditutup, syetan dibelenggu. Di dalam-nya ada lailatul qadar” (HR Nasai).

Rekomendasi Penting :


Puasa diwajibkan manakala berhasil melakukan rukyat atau melihat bulan. Nabi SAW bersabda: “Berpuasalah karena melihat hilal dan akhiri puasa karena melihat hilal. Jika terhalang maka sempurnakan Sya’ban 30 hari” (HR al-Bukhari, Muslim dan an-Nasai dari Abu Hurairah).

Wajib Mengikuti Itsbat [ketapan] Pemerintah. Sahal bin Abdillah al-Tusturi berkata: “Patuhilah pemerintah dalam 7 hal: Pemberlakuan mata uang, ukuran dan timbangan, hukum, haji, salat Jumat, dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha), dan jihad" (Tafsir al-Qurthubi V/259 dan Abu Hayyan dalam al-Bahr al-Muhith III/696).

Do'a dibulan baru, Jika melihat Hilal, Nabi SAW berdoa: “Ya Allah SWT pertemukan bulan ini dengan kami dalam keadaan aman, iman, keselamatan dan Islam. Tuhanku dan Tuhanmu (Hilal) adalah Allah SWT” (HR at-Turmudzi, ia menilainya hasan).


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+