Iklan Header

Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi Di Bulan Juni 2020 Ini

Admin One
Editor: Garutselatan.info Senin, 01 Juni 2020, 08:06 WIB Last Updated 2020-06-01T01:06:59Z
Baca Juga
GARUTSELATAN.INFO- Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi.
Sedangkan Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil dari piringan matahari.
Proses Terjadi Gerhana Matahari

Gerhana matahar cincin bisa di saksikan pada tanggal  21 Juni 2020 mendatang
Jalur gerhana ini akan dimulai di Afrika Tengah dan bergerak melalui Arab Saudi, India Utara, dan Tiongkok Selatan sebelum berakhir di Samudra Pasifik.

Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.
"Fenomena yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan matahari, bumi, dan bulan ini terjadi pada saat fase bulan baru,"

Baca Juga: Viral Beredar Video Shalat Menghadap Timur Disertai Wirid Dengan Gaya Tak Lazim

Paling awal adalah tahap Kontak Pertama, yakni saat piringan matahari mulai tampak tertutupi bulan (Gerhana mulai terjadi). Kemudian tahap Kontak Kedua atau proses ketika piringan Matahari mulai tertutup oleh seluruh piringan Bulan (Fase Cincin mulai). Lalu, proses gerhana memasuki fase Puncak, yakni saat piringan matahari tertutup bulan paling maksimum.

Selanjutnya, tahap Kontak Ketiga atau proses saat piringan Matahari terakhir kali tertutup oleh seluruh piringan Bulan (Fase Cincin berakhir). Terakhir, ialah Kontak Keempat atau piringan matahari terakhir kali tampak tertutupi Bulan (Gerhana berakhir).

 Untuk jadwal di lokasi-lokasi Gerhana Matahari Sebagian, BMKG membaginya dalam tiga tahap. Yang paling awal adalah Kontak Pertama atau Fase Mulai. Kemudian, Puncak Gerhana. Terakhir adalah Kontak Keempat, yakni saat fase Gerhana Berakhir.







Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+