Iklan Header

Panduan Proses Seleksi Calon Peserta Program Pendidikan Guru Penggerak

Admin One
Editor: Garutselatan.info Kamis, 09 Juli 2020, 06:16 WIB Last Updated 2020-07-08T23:22:09Z
Baca Juga
Selaras dengan informasi proses seleksi calon peserta program Pendidikan Guru Penggerak (PGP), berikut adalah panduan bagi para peserta dalam mengikuti setiap tahap seleksi. 

Panduan Proses Seleksi Calon Peserta Program Pendidikan Guru Penggerak

Seleksi calon peserta dibagi dalam dua tahap:

  • Tahap 1: registrasi, pengisian biodata, esai, studi kasus pembelajaran, dan tes bakat skolastik.
  • Tahap 2: simulasi mengajar dan wawancara.

Petunjuk Umum Tahapan Seleksi


Seluruh pelaksanaan seleksi akan dilakukan secara daring/online melalui portal GP yang juga merupakan Assessment Management System dari program PGP. Dalam mengikuti tahapan seleksi dan untuk kelancaran proses seleksi, calon peserta program PGP diharapkan dapat untuk mempersiapkan hal-hal sebagai berikut.

1. Laptop atau komputer yang dilengkapi dengan fitur kamera video dan terhubung dengan koneksi internet. Telepon pintar (smartphone) tidak disarankan digunakan untuk proses seleksi daring.
2. Berlatih dalam menggunakan aplikasi konferensi video Google Meet.
3. Sambungan internet yang cukup baik untuk mengerjakan soal-soal secara daring dan melakukan panggilan video.
4. Sambungan internet cadangan yang cukup baik untuk mendukung sambungan internet ketika sambungan internet utama putus dan tidak tersedia.
5. Lokasi yang kondusif dalam mengikuti setiap tahapan seleksi agar peserta bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan setiap bagian. Terutama saat melakukan seleksi dengan sarana konferensi video. Harap dipastikan agar suara bising tidak mengganggu jalannya seleksi.
6. Peralatan yang memadai untuk melakukan konferensi video, seperti pelantang telinga (handsfree/headset) bila diperlukan.
7. Persiapkan waktu yang cukup dalam menyelesaikan tahapan demi tahapan karena ada batasan waktu untuk tiap tahapan seleksi. Setiap bagian tahapan seleksi akan diberikan keterangan waktu pengerjaannya agar calon peserta dapat menyesuaikan dan mempersiapkan waktu pengerjaan.
8. Penjadwal tes bakat skolastik akan diinformasikan melalui surel/e-mail masing-masing calon peserta program PGP, oleh karena itu setiap calon peserta PGP wajib untuk mencantumkan surel yang aktif dan memeriksa surel secara berkala.

Petunjuk Khusus Tahapan Seleksi


Tahap 1: Registrasi, Pengisian Piodata, Esai, Studi Kasus Pembelajaran, dan Tes Bakat Skolastik

a. Registrasi dan Pengisian Biodata

Peserta seleksi memiliki waktu 1x24 jam dalam melakukan tahap registrasi dan pengisian biodata ini. Peserta seleksi PGP melakukan registrasi melalui portal GP. Peserta yang mendaftar adalah guru yang telah terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan dan Kebudayaan (Dapodik). Pada saat calon peserta mendaftar maka data-data pokok calon peserta PGP akan secara otomatis tersedia.

Pada tahap ini peserta akan diminta untuk menyediakan informasi tambahan selain data Dapodik yang telah tersedia dan menunggah 3 (tiga) dokumen yaitu:
1) hasil pindai/scan/foto Kartu Tanda Penduduk;
2) surat dukungan dari pimpinan satuan kerja (sesuai format);
3) surat referensi/rekomendasi dari atasan/teman sejawat/komunitas/organisasi (sesuai format).

Informasi tambahan yang bisa ditambahkan saat pendaftaran mencakup:
1) informasi jabatan tambahan yang ditugaskan ke Guru;
2) pengalaman mengikuti pelatihan;
3) pengalaman organisasi selama menjadi guru;
4) pengalaman sebagai sukarelawan selama menjadi guru;
5) pengalaman mengembangkan orang lain.

b. Pengerjaan Esai dan Studi Kasus Pembelajaran

Setelah calon peserta selesai melakukan tahap registrasi dan pengisian biodata, calon peserta dapat mengakses tahap seleksi pengerjaan esai dan studi kasus pembelajaran. Ketentuan dalam tahapan seleksi pengerjaan esai.
1) Peserta seleksi akan diberikan waktu selama 2 jam 30 menit untuk menyelesaikan semua pertanyaan, waktu mulai dihitung setelah menekan tombol “Mulai Pengerjaan”;
2) Peserta seleksi akan menjawab 5 (lima) paket pertanyaan esai dan masing-masing paket pertanyaan memiliki 3 - 4 pertanyaan tambahan;
3) Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan akan berkisar pada pengalaman hidup calon peserta.

Ketentuan dalam tahapan studi kasus pembelajaran.
1) Peserta seleksi diharapkan dapat memberikan jawaban dalam waktu 60 menit, mulai dihitung setelah menekan tombol “Mulai Pengerjaan”;
2) Peserta seleksi akan diberikan sebuah kasus pembelajaran di kelas dan akan diminta memberikan respon pada kasus tersebut dengan menuliskan dalam bentuk esai.

Sebagai pelengkap untuk menyelesaikan tahap ini calon peserta akan diminta untuk mengisi sebuah survei eksternal yang wajib diisi oleh setiap calon peserta PPGP.

Rekomendasi Penting :



c. Tes Bakat Skolastik

Setelah tahap esai dan studi kasus pembelajaran, calon peserta akan diundang untuk mengerjakan Tes Bakat Skolastik (TBS). Tes ini terdiri 3 (tiga) subtes, yaitu subtes Verbal, Kuantitatif, dan Penalaran.

Ketentuan dalam pelaksanaan Tes Bakat Skolastik.
1) Total waktu yang disediakan adalah 85 menit untuk mengerjakan 71 butir soal. Waktu tersebut terbagi untuk subtes Verbal selama 20 menit, Kuantitatif selama 40 menit, dan Penalaran selama 25 menit;
2) Subtes Verbal dikerjakan terlebih dahulu, setelah waktunya selesai baru dilanjutkan ke subtes Kuantitatif, kemudian subtes Penalaran. Peserta seleksi tidak dapat mengerjakan subtes sebelumnya atau sesudahnya diluar alokasi waktu yang sudah ditentukan. Ikutilah alur pengerjaan dengan alokasi waktu masing-masing subtes.
3) Peserta seleksi wajib menjawab semua soal karena tidak ada pengurangan nilai untuk soal yang salah.

Tahap 2: Simulasi Mengajar dan Wawancara

Setelah dinyatakan lolos seleksi Tahap 1, calon peserta PGP akan menerima undangan melalui surel/e-mail untuk mengikuti sesi Simulasi Mengajar dan Wawancara. Di dalam undangan tersebut akan tertera tanggal dan waktu pelaksanaan yang tidak bisa dirubah oleh calon peserta.

a. Simulasi Mengajar

Ketentuan dalam tahapan seleksi Simulasi Mengajar.
1) Peserta seleksi akan menerima sebuah instruksi untuk mengajar sebuah materi sesuai jenjang yang diampu paling lambat 2 (dua) hari sebelum jadwal seleksi Simulasi Mengajar beserta tautan untuk konferensi video.
2) Pada jadwal yang telah ditetapkan, peserta seleksi bisa mengakses tautan konferensi video untuk bertemu dengan tim seleksi dan untuk melakukan simulasi mengajar selama 5 - 8 menit secara daring.
3) Peserta seleksi bisa melakukan simulasi mengajar di rumah masing-masing dan tidak ada murid yang dilibatkan dalam simulasi mengajar.
4) Peserta seleksi diharapkan mengajar seolah-olah berada di ruang kelas dengan muridmurid.
5) Tim seleksi tidak akan memberikan umpan balik setelah sesi simulasi mengajar.
6) Pastikan kesiapan teknologi dalam pelaksanaan simulasi mengajar secara daring untuk meminimalisir gagalnya sambungan konferensi video.
7) Laptop/perangkat elektronik yang digunakan hendaknya diletakkan sedemikian rupa agar kamera dapat menangkap gambar secara utuh saat peserta melakukan simulasi mengajar.
8) Calon peserta diharapkan berdiri saat melakukan simulasi mengajar.

Berikut adalah contoh tampilan proses simulasi mengajar yang diharapkan:



Langkah-langkah melaksanakan dalam Simulasi Mengajar secara daring, calon peserta melakukan hal-hal sebagai berikut.
  • Menyebutkan nomor KTP untuk dicocokkan data oleh tim seleksi. Siapkan KTP sebelum pelaksanaan dan jangan lupa untuk menggunggah KTP dalam tahap pendaftaran;
  • Setelah identitas diverifikasi, silahkan menjelaskan Tujuan Pembelajaran dari simulasi mengajar yang akan dipresentasikan. Pastikan bahwa materi yang akan digunakan sama dengan materi yang ditugaskan.
  • Lakukan simulasi mengajar selama maksimal 8 menit. Tim seleksi akan menghentikan simulasi jika calon peserta melewati batas waktu.
  • Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh tim seleksi.


b. Wawancara

Setelah mengikuti tahap Simulasi Mengajar, peserta seleksi dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti Sesi Wawancara yang akan berlangsung sebanyak dua kali dengan durasi satu jam untuk setiap sesi wawancara. Peserta diharapkan dapat menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara.

Sebelum wawancara dimulai pastikan bahwa laptop/perangkat elektronik dapat terhubung dengan internet dan siapkan sambungan internet cadangan (tethering). Silahkan periksa peralatan pendukung seperti kamera video dan mikrofon atau pelantang telinga (handsfree/headset) bila diperlukan supaya dapat bekerja dengan baik. Sepanjang pelaksanaan wawancara calon peserta dilarang untuk mematikan fungsi videonya.

Dalam mengikuti wawancara secara daring, calon peserta melakukan tahapan sebagai berikut:
  • Menyebutkan nomor KTP untuk dicocokkan data oleh tim seleksi. Siapkan KTP sebelum pelaksanaan dan jangan lupa untuk menggunggah KTP dalam tahap pendaftaran;
  • Setelah identitas diverifikasi, tim seleksi akan mulai mengajukan pertanyaan-pertanyaan;
  • Jawablah semua pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tim seleksi.


Setelah selesai mengikuti tahap 2, tim seleksi akan mengeluarkan pengumuman resmi Calon Peserta Program Pendidikan Guru Penggerak yang akan diumumkan di laman Guru Penggerak dan melalui e-mail.


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+