• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Cara Daftar KKS untuk Dapat Bansos Rp 500 Ribu dan Cek BLT Non PKH

    Admin One
    Editor: Garutselatan.info Jumat, 25 Desember 2020, 08:30 WIB Last Updated 2020-12-25T13:17:38Z
    Baca Juga

    GARUTSELATAN.INFO - Syarat dapat bansos tunai atau BST atau bantuan sosial tunai Rp 500 ribu yakni memiliki KKS atau Kartu Keluarga Sejahtera, ini cara daftar KKS Melalui Kementerian Sosial (Kemensos), Pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial tunai sebesar Rp 500 ribu kepada sebanyak 9 juta Keluarga Penerima Manfaat ( KPM) sejak Rabu (2/9/2020) lalu.

     

    Baca Juga: Cek Bansos 3,5jt Pakai EKTP


    Bantuan hanya diberikan satu kali dan dapat dicairkan mulai September di ATM, Kantor Cabang, atau e-warung menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera ( KKS) yang mereka miliki melalui Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN.


    Menteri Sosial, Juliari P Batubara, meminta agar penggunaan tambahan bantuan bisa dipergunakan dengan bijaksana. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penerima salah satunya adalah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera ( KKS).


    KKS atau yang dulunya bernama KPS (Kartu Perlindungan Sosial) adalah kartu yang diterbitkan pemerintah untuk rumah tangga/keluarga miskin. Namun masih banyak masyarakat yang kebingungan membuat KKS untuk menerima bantuan pemerintah.


    Begini cara mengurus Kartu Keluarga Sejahtera ( KKS ) untuk mendapatkan manfaatnya:

    • Mendaftarkan diri sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat ( KPM) ke pemerintah daerah terdekat seperti RT/RW setempat.
    • Anda bisa bertanya tentang informasi KKS kepada pengurus RT/RW, perangkat desa/aparatur kelurahan di wilayah tinggal KPM atau Humas Kementerian Sosial.
    • Biasanya setelah mendaftar KPM, calon KPM akan mendapatkan surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan. 


    Data yang telah diisi oleh calon penerima program ini lalu diproses secara paralel dan sinergis oleh bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan dan kantor walikota/ kabupaten.


    Artikel Menarik :


    Setelah verifikasi data selesai, penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berfungsi sebagai kartu non tunai untuk pengambilan bantuan pangan.


    Apa Sajakah manfaat KKS?


    Menyimpan kuota bantuan sosial bagi penerima manfaat dari Pemerintah. Uang elektronik, Kartu Debit atau ATM yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi perbankan seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan, dan mencairkan dana bantuan sosial. Dapat juga digunakan untuk menabung dan melakukan penarikan uang tunai.


    Mekanisme daftar Bansos Tunai Rp 500 ribu, cair mulai bulan September, cek BLT Non PKH https://cekbansos.siks.kemsos.go.id atau aplikasi SIKS-DATAKU.


    Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan sosial alias bansos tunai senilai Rp 500.000 kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Bansos Kemensos 2020 ini dilakukan sekali salur untuk keluarga penerima manfaat.




    Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +