Iklan Header

Inilah 8 Instansi Yang Rekrut Formasi SMA Sederajat di CPNS 2021

Admin One
Editor: Garutselatan.info Jumat, 22 Januari 2021, 15:27 WIB Last Updated 2021-01-22T08:33:49Z
Baca Juga

Pemerintah sudah memastikan tahun ini akan ada perekrutan CPNS dan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK).



Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Sesmenpan-RB) Dwi Wahyu Atmaji memastikan bahwa rencana pembukaan CPNS tersebut ada. Namun, saat ini masih dalam proses pembahasan. 


"Saat ini masih dalam tahap pembahasan," kata Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Sesmenpan-RB) Dwi Wahyu Atmaji, beberapa waktu lalu. 


Berikut 8 Instansi yang melakukan perekrutan CPNS formasi SMA sederajat :


1. Kementerian Keuangan RI 


Dari total 202 formasi yang disediakan Kemenkeu, terdapat 10 formasi yang diperuntukan oleh pendaftar dengan kualifikasi pendidikan SMK. Terkhusus untuk SMK dengan jurusan Pelayaran Nautika dan Pelayaran Teknika. 


2. Kementerian Hukum dan HAM 


Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberi kesempatan bagi para lulusan SMA atau sederajat ikut dalam proses pendaftaran CPNS 2019. Ada 3.532 formasi untuk lulusan SMA dan SMK. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.875 akan diterima sebagai sipir atau penjaga tahanan dan 675 akan akan diterima sebagai pemeriksa keimigrasian pelaksana/pemula. 


3. Kementerian Pertanian 


Kementerian Pertanian RI (Kementan) memberi porsi kepada lulusan SMK untuk mengisi kursi pada jabatan fungsional dan pelaksana.  


4. Badan Intelijen Negara 


Badan Intelijen Negara merilis 721 formasi dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2019. Badan Intelijen Negara (BIN) juga menerima 200 lulusan SMA atau sederajat menjadi CPNS untuk mengisi posisi pranata komputer pelaksana pemula pada Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri. 


Artikel Menarik :


5. Kementerian Perhubungan 


Sejumlah formasi di Kemenhub dibuka untuk lulusan SMK/SMA. Total terdapat 85 kursi untuk lulusan SMK/SMA. Mayoritas formasi membutuhkan persyaratan ketrampilan tambahan seperti sertifikat Basic Safety Training (BST) dan Bahasa Inggris. 


Formasi untuk lulusan SMA/SMK ini tersebar di berbagai jabatan seperti Jenang Kapal, Kelasi, Juru Mudi, Kepala Kamar Mesin, Kerani, Petugas Avation Security. 


6. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 


Kemendikbud Umumkan 2.196 Formasi CPNS 2019. dari formasi tersebut juga membuka formasi untuk lulusan SMK. Ada dua formasi yakni untuk jabatan Teknisi Laboratorium untuk lulusan SMK Teknik Kimia dengan hanya 1 kursi dan jabatan Teknisi Pemetaan dan Penggambaran untuk lulusan SMK Teknologi dan Rekayasa berjumlah 6 kursi. 


7. Kejaksaan Agung 


Dari jumlah total 5.203 formasi, Kejaksaan Agung membuka 2.000 lowongan CPNS 2019 untuk kualifikasi pendidikan SLTA/Sederajat, dengan rincian: 


  • Jabatan Pengawal Tahanan/Narapidana sebanyak SLTA/Sederajat 998 formasi, dan 2 formasi untuk putra/i Papua. 
  • Jabatan Pengemudi Pengawal Tahanan sebanyak SLTA/Sederajat 998 formasi, dan 2 formasi untuk putra/i Papua. 


8. Badan Narkotika Nasional 


Badan Narkotika Nasional (BNN) juga membuka tujuh formasi yang diperuntukkan khusus pendaftar dari SLTA/Sederajat.


Demikian informasi tentang Inilah 8 Instansi Yang Rekrut Formasi SMA Sederajat di CPNS 2021, semoga bermanfaat.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+