Iklan Header

Cara Ajukan Bantuan Alumni Prakerja Ke Bank-BRI

Admin One
Editor: Garutselatan.info Jumat, 12 Maret 2021, 19:36 WIB Last Updated 2021-03-13T01:18:52Z
Baca Juga

GARUTSELATAN.INFO - Disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, penerima kartu Pra Kerja itu diberikan bantuan lain di luar insentif Rp 3,5 juta, yakni berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro.




Bantuan ini merupakan bentuk dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam menyediakan skema pembiayaan yang mudah dan murah.


Dilansir dari Tribun Jakarta dalam artikel 'Kabar Gembira, Alumni Prakerja Masih Dapat Bantuan Lagi Rp 10 Juta, Simak Caranya'


KUR Super Mikro adalah kredit/pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada debitur individu, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak. Namun, belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.


Sebagaimana arahan dari Airlangga Hartarto dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pengembangan kewirausahaan.


Berikut cara mengajukan bantuan hingga Rp 10 juta di BRI dan BNI, khusus alumni Pra Kerja


Cara mengajukan Bantuan KUR Super Mikro hingga Rp 10 juta. Di masa pandemi, cara mengajukan KUR Super Mikro dapat dilakukan secara online dengan mengisi e-form yang tersedia di website.


Berikut cara lengkap mengajukan KUR Super Mikro 2021 secara online.


1. Cara Mengajukan di BRI


Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengajukan KUR Super Mikro di bank BRI, salah satunya secara online dengan mengisi e-form. Simak selengkapnya.

  • Kunjungi laman e-form BRI yang bisa diakses melalui tautan ini: LINK
  • Isi kolom data diri hingga detail usaha yang Anda lakukan.


Adapun syarat untuk pengajuan kredit adalah sebagai berikut: 


- Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu keluarga (KK).

- Surat keterangan usaha dari RT atau kelurahan atau Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). 

- Agunan yang diperlukan. 


Lewat e-form ini, nasabah bisa mengajukan kredit tanpa harus datang langsung ke kantor BRI. Proses pengajuan kredit bisa juga bisa dilakukan melalui agen Brilink. Agen-agan Brilink ini tersebar di berbagai tempat hingga sampai ke level desa atau dusun. 


"Tinggal masuk aja di pengajuan pinjaman, itu tidak perlu ribet membawa berkas, FC KTP dan sebagainya. Cukup e-form, ada syarat, tinggal klik setuju".


Setelah data masuk kita akan secepatnya kita tindaklanjuti oleh mantri di lapangan. Jadi, saat pandemi dan setelah pandemi, pengajuan kredit di kita tidak ada masalah, tetap mudah


2. Cara Mengajukan di BNI


Seperti biasa, lengkapi semua informasi data diri dan data usaha yang Anda jalankan. Berikut simak juga kriteria pemohon dan syarat-syarat lainnya berikut ini.


1. Kriteria pemohon:

  • Individu/perseorangan atau badan usaha. 
  • Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
  • Anggota keluarga dari karyawan / karyawati yang berpenghasilan tetap atau bekerja sebagai Tenaga kerja Indonesia (TKI).
  • TKI yang purna dari bekerja di luar negeri.
  • Pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang melakukan usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.


2. Perizinan usaha :


  • Individu/perseorangan atau Badan usaha perorangan : minimal Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) yang diterbitkan Pemerintah Daerah dan/atau surat keterangan usaha dari Kelurahan setempat atau surat izin lainnya.
  • Badan usaha diluar butir a di atas mengacu ketentuan BNI.


3. Kualitas Kredit Bank (jika ada) adalah lancar.


4. Pengalaman usaha minimal 6 (enam) bulan.


5. Usia pemohon (khusus untuk pemohon individu / perserorangan) minimal 21 tahun atau belum berusia 21 tahun tetapi sudah menikah.


6. Tidak sedang menerima kredit produktif dari Perbankan dan/atau tidak sedang menerima kredit program dari Pemerintah (kecuali KUR).


7. NPWP : Tidak disyaratkan.


8. Jaminan: Tidak diwajibkan jaminan tambahan.


Dikutip dari laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, suku bunga KUR Super Mikro ditetapkan sebesar 0% (kredit tanpa bunga) sampai dengan 31 Desember 2020, dan 6% setelah 31 Desember 2020 dengan jumlah kredit maksimum Rp 10 juta.




Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+