Iklan Header

Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA-MA

Admin One
Editor: Garutselatan.info Minggu, 04 April 2021, 21:32 WIB Last Updated 2021-04-04T14:32:22Z
Baca Juga
Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA-MA - Kalian pasti sudah tahu bahwa sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia telah mencapai puncaknya dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemerdekaan Indonesia tentu tidak lepas dari jasa para pahlawan Nasional yang telah berjuang.

Sejarah Indonesia SMA


Ir Soekarno pernah berkata lewat pidatonya “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”. Untuk itu,sudah saatnya kita mengingat,menghargai,dan belajar dari tokoh bangsa dimasa lalu ,untuk membangun generasi muda Indonesia yang lebih baik.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang diumumkan pada tanggal 17 Agustus 1945, memberikan semangat para pemimpin dan bangsa Indonesia seluruhnya untuk mulai berjuang keras untuk mempertahankan kemerdekaan itu. 

Meski telah merdeka, ternyata bangsa Indonesia masih harus berjuang mempertahankan kemerdekaannya dari bangsa asing yang ingin menjajah kembali Indonesia maupun dari pihak yang ingin menghancurkan keutuhan negara dan bangsa Indonesia.

Tahun 1945 sampai tahun 1965 adalah masa masa sulit bagi bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keberhasilan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peran tokoh baik tokoh nasional maupun tokoh daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara RI.

Pada modul kali ini kalian akan membahas peran tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965 dan mengambil hikmah dan pelajaran dari nilai nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah karena banyak hal yang bisa kalian teladani dan menginspirasi dari tokoh tokoh pejuang tersebut. 

Modul Pembelajaran tersebut telah disusun berdasarkan jenjang kelas serta Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran yang mesti diajarkan. Sebagaimana kita ketahui di saat pandemi seperti sekarang ini, modul dapat menggantikan sebagian fungsi guru, namun guru juga harus berada dalam pembelajaran supaya proses pembelajaran lebih terarah.

Modul biasanya sangat detail mengenai pembelajaran mulai dari tujuan, perencanaan, materi pembelajaran hingga evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran. Peserta didik sendiri akan menerapkan seluruh kegiatan maupun panduan yang harus dilakukan pada pembelajaran yang menggunakan modul.

Modul itu memiliki empat fungsi diantaranya sebagai Bahan Ajar Mandiri, Pengganti sebagian Fungsi Pendidik, sebagai Alat Evaluasi dan sebagai Bahan Rujukan.

Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA-MA




  • Modul KD 3.1 : Upaya Bangsa Indonesia dalam Menghadapi Disintregrasi pada Awal Kemerdekaan 
  • Modul KD 3.2 : Perjuangan Tokoh Nasional dan Daerah dalam Mempertahankan Keutuhan Negara dan Bangsa Indonesia pada Masa 1945-1965
  • Modul KD 3.3 : Indonesia pada Masa Awal Kemerdekaan sampai Masa Demokrasi Liberal 
  • Modul KD 3.4 : Kehidupan Politik dan Ekonomi Bangsa Indonesia Masa Demokrasi Terpimpin
  • Modul KD 3.6 : Perkembangan Kehidupan Politik dan Ekonomi Bangsa Indonesia pada Masa Awal Reformasi 
  • Modul KD 3.7 : Peran Pelajar, Mahasiswa dan Pemuda dalam Perubahan Politik dan Ketatanegaraan
  • Modul KD 3.9 : Transformasi Teknologi di Indonesia dalam Perjalanan Sejarahnya


Demikian informasi tentang Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA-MA, semoga bermanfaat dan silahkan bagikan.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+