Iklan Header

Ketahui Prospek Kerja Akuntansi Syariah dan Informasi Lengkapnya

Admin
Editor: Garutselatan.info Rabu, 31 Mei 2023, 21:34 WIB Last Updated 2023-05-31T14:34:33Z
Baca Juga

Ketahui Prospek Kerja Akuntansi Syariah dan Informasi LengkapnyaSetelah berada di sekolah menengah, pastinya banyak orang yang mulai memikirkan untuk melanjutkan studinya. Terdapat berbagai pilihan program studi yang bisa dipilih, salah satunya adalah Akuntansi Syariah. Hal ini layak dipertimbangkan mengingat prospek kerja Akuntansi Syariah yang cukup bagus dan menjanjikan.

Ketahui Prospek Kerja Akuntansi Syariah dan Informasi Lengkapnya


Apalagi jika melihat saat ini banyak orang telah beralih dari produk keuangan konvensional ke syariah, sehingga keahlian dalam bidang Akuntansi Syariah cukup dibutuhkan. Apabila berminat untuk mendalami prodi satu ini, maka simak ulasannya di bawah ini.


Mengenal Program Studi Akuntansi Syariah dan Apa yang Dipelajari


Program studi Akuntansi Syariah ini merupakan salah satu cabang dari Ekonomi Islam yang mempelajari mengenai perekonomian syariah, seperti perpajakan, auditing, teori akuntansi islam dan masih banyak lagi. Selain itu, mahasiswa juga akan mengenal lebih dalam tentang informasi teknologi meliputi sistem analisis ataupun informasi perbankan syariah.


Beberapa Universitas yang menyediakan program studi satu ini yaitu seperti Universitas Islam Negeri Alauddin, Universitas Indonesia, Universitas Mulawarman, IPB, UII, dan lainnya. Calon mahasiswa yang tertarik bisa memilihnya sesuai kemampuan yang dimiliki. Tentunya perguruan tinggi tersebut telah terakreditasi dan terpercaya.


Prospek Kerja Akuntansi Syariah


Apabila memilih untuk mempelajari prodi satu ini, maka ada beberapa peluang pekerjaan yang bisa didapatkan. Berikut inilah prospek kerja untuk prodi Akuntansi Syariah wajib diketahui, yaitu antara lain:


1. Karyawan Bank Syariah


Prospek kerja Akuntansi Syariah yang pertama adalah menjadi seorang karyawan perbankan berbasis syariat. Posisi yang bisa diisi yaitu meliputi teller, customer service dan juga staf administrasi sesuai kebutuhan perusahaan. Tentunya ini menjadi peluang cukup bagus bagi mahasiswa yang menginginkan masa depan cerah.


2. Staf Pengelolaan Zakat


Selain karyawan perbankan, prospek kerja lainnya yaitu posisi sebagai staf pengelolaan zakat di sebuah lembaga. Pada posisi ini,  pegawai bisa menerapkan sistem pengelolaannya sesuai prinsip syariah. Apalagi mengingat banyak masyarakat yang kini mempercayakan sebagian hartanya berupa zakat maal pada lembaga terpercaya, sehingga peluang kerja di bidang ini sangat menjanjikan.


3. Akuntan


Mempelajari Akuntansi berbasis syariah juga memberikan kesempatan lulusannya untuk menjadi seorang Akuntan. Tugasnya yaitu melakukan pencatatan keuangan, transaksi dan segala perencanaan maupun pelaporan pajak sebuah perusahaan. Dengan begitu, tak heran gaji yang diterima pun cukup menggiurkan. Hal ini bisa menjadi peluang yang bagus di masa mendatang.


4. Konsultan Pajak


Tidak hanya bisa bekerja sebagai seorang akuntan, lulusan akuntansi syariah juga berpeluang menjadi seorang konsultan pajak. Hal ini karena terdapat mata kuliah yang memang dikhususkan untuk menghitung mengenai perpajakan. Lembaga seperti Direktorat Perpajakan menjadi salah satu kantor yang bahkan menawarkan gaji diatas UMR loh, sangat menggiurkan bukan?


5. Auditor


Menjadi seorang auditor bukan perkara mudah, melainkan harus sudah berpengalaman dan memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai. Apabila calon mahasiswa memilih program studi satu ini, maka peluang serta prospek kerjanya pun terbilang cukup bagus. Bahkan umumnya gaji yang diterima sudah lebih dari 6 juta.


6. Perencana Keuangan Syariah


Setiap perusahaan atau bahkan rumah tangga kecil pasti memerlukan perencana keuangan yang tepat agar dana bisa dialokasikan dengan baik. Maka dari itu, banyak lulusan akuntansi syariah yang berpeluang mengisi posisi satu ini. Peluang ini bisa dibilang menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan loh.


Nah itulah informasi mengenai apa yang dipelajari dan juga prospek kerja Akuntansi Syariah yang wajib diketahui. Tentunya bisa menjadi sebuah pandangan bagi para calon mahasiswa yang ingin mendalami program studi satu ini. Peluang kerja yang cukup menggiurkan dan bisa menjadi pertimbangan terbaik untuk memilihnya.


Pencarian yang banyak dicari

  • gelar sarjana akuntansi syariah
  • konsentrasi akuntansi syariah
  • jurusan akuntansi syariah terbaik di indonesia
  • prospek kerja ekonomi syariah
  • prospek kerja akuntansi dan gajinya
  • prospek kerja manajemen
  • lowongan kerja akuntansi syariah
  • akuntansi syariah adalah
  • fakultas ekonomi dan bisnis
  • universitas padjadjaran
  • universitas sebelas maret
  • politeknik keuangan negara st
  • universitas indonesia
  • universitas gadjah mada



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+