Iklan Header

Sekolah Pramugari Kereta Api dan Hal yang Dipelajari di Dalamnya

Admin
Editor: Garutselatan.info Senin, 14 Juni 2021, 15:41 WIB Last Updated 2021-06-14T08:41:01Z
Baca Juga

Sekolah Pramugari Kereta Api dan Hal yang Dipelajari di Dalamnya - Kereta api masih menjadi salah satu transportasi umum yang digemari oleh masyarakat. Karena itu tidak heran jika setiap tahunnya banyak dibuka lowongan untuk menjadi bagian dari layanan transportasi ini. Salah satunya adalah menjadi pramugari kereta api. Tentunya untuk menjadi pramugari ini tidak bisa, bahkan ada pendidikan khusus di sekolah pramugari kereta api.

Sekolah Pramugari Kereta Api dan Hal yang Dipelajari di Dalamnya


Apakah Menjadi Pramugari Kereta Api Membutuhkan Sekolah Khusus

Perlu diketahui untuk menjadi pramugari kereta api tidak membutuhkan pendidikan atau sekolah pramugari kereta api. Karena untuk lulusan SMA bisa langsung melamar menjadi pramugari kereta api. Hanya saja memang sekarang ini banyak sekolah yang khusus menyediakan pendidikan untuk pramugari kereta api. Tentunya di dalam sekolah tersebut mempelajari tentang pelayanan kereta api.


Jadi kalau ditanya apakah pramugari kereta api membutuhkan sekolah khusus, maka jawabannya bersifat opsional. Lebih banyak juga nantinya pendidikan khusus ini dilakukan setelah mendaftar, dan bukannya sebelum mendaftar. Tujuan dari pendidikan atau sekolah ini tentunya mengenalkan layanan kereta api dengan baik. Supaya pramugari kereta api bisa lebih terbiasa dengan kehidupan kereta api.


Hal yang Dipelajari di Sekolah Khusus

Nantinya seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau pramugari yang mendaftar akan disekolahkan di sekolah khusus. Tujuannya untuk memberikan pelajaran khusus sehingga bisa lebih mengenal tentang bagaimana caranya menjadi pramugari kereta api yang baik. Karena itu tentunya diperlukan beberapa pelajaran dan kurikulum yang bisa mencapai tujuan yang diinginkan tersebut.


1. Sikap

Hal yang dipelajari pertama adalah sikap dan sifat yang harus dimiliki oleh pramugari. Tentunya  di sini akan dipelajari tentang bagaimana cara berjalan yang baik, cara berbicara, dan juga beberapa hal lainnya. Karena sebagai pramugari kereta api tentunya perlu untuk memiliki sikap yang baik, yang tentunya bisa membuat pengguna layanan kereta api menjadi lebih nyaman.


2. Cara Menangani Konsumen

Tidak bisa dipungkiri kalau terkadang sifat dari pengguna layanan kereta api ini berbeda-beda. Ada yang baik, dan ada juga yang terkadang bisa membuat emosi. Karena itu diperlukan kemampuan khusus untuk menghadapi sifat yang bisa dibilang unik tersebut. Untuk itu penting sekali untuk mempelajarinya agar pramugari mulai terbiasa dalam menghadapinya.


3. Efisiensi Waktu Kerja

Kereta api merupakan kendaraan yang memiliki waktu tempuh yang lumayan lama, namun dengan kondisi kerja yang lumayan cepat. Seperti menawarkan makanan, memberitahukan nomor kursi kepada penumpang, dan beberapa kegiatan lainnya. Jadi pramugari ini dituntut untuk bisa bekerja dalam waktu yang cepat. Supaya pekerjaan yang dimilikinya tidak menumpuk dan bisa lanjut ke tugas lainnya.


4. Cara Menghadapi Kondisi Darurat

Seperti yang diketahui kalau di kereta ini tidak selamanya stabil, ada saja beberapa kondisi darurat yang mungkin terjadi. Misalnya saja penumpang sakit, melahirkan, dsb. Tentunya untuk dapat menangani kondisi darurat ini diperlukan keahlian khusus. Jadi nantinya selama pendidikan ini calon pramugari/ra dididik untuk bisa menghadapi kondisi darurat ini tanpa panik.


5. Bahasa

Terakhir adalah belajar tentang bahasa. Tentunya bahasa yang dipelajari adalah Bahasa Indonesia, dan satu bahasa asing yang paling sering digunakan yakni Bahasa Inggris. Mempelajari tentang bahasa ini bertujuan untuk mempermudah komunikasi antara pramugari/ra dengan pengguna layanan kereta api. Pramugari/ra akan diajarkan bagaimana cara bertutur kata yang baik, dan mudah dimengerti.


Jadi memang pendidikan pramugari kereta api ini bukan sebuah hal yang wajib dilakukan sebelum mendaftar, namun setelah mendaftar dan diterima maka akan ada pendidikan khusus. Pendidikan khusus ini di dalamnya akan mempelajari semua hal yang sudah disebutkan di atas, dan beberapa pelajaran tambahan yang rasanya dibutuhkan.


Pencarian yang banyak dicari:
  • sekolah pramugari kereta api dimana saja
  • tempat sekolah pramugari kereta api
  • nama sekolah pramugari kereta api
  • sekolah pramugari kereta api 2021
  • biaya sekolah pramugari kereta api madiun
  • sekolah pramugari kereta api di jawa tengah
  • sekolah pramugari kereta api terdekat
  • sekolah pramugari kereta api di semarang


Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+