Iklan Header

7 Prospek Kerja Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Terbaru 2021

Admin
Editor: Garutselatan.info Senin, 14 Juni 2021, 14:06 WIB Last Updated 2021-06-14T07:06:08Z
Baca Juga

Prospek Kerja Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Terbaru 2021 - Sekarang ini banyak sekali jurusan yang berkaitan dengan komputer, dan jurusan RPL adalah salah satunya. Jurusan RPL atau jurusan rekayasa perangkat lunak mempelajari tentang pengembangan perangkat lunak. Tidak jarang banyak orang yang menyangka kalau jurusan ini sama dengan jurusan TKJ. Padahal keduanya jelas sangat berbeda.

Prospek Kerja Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Terbaru 2021


Mengenal Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Seperti yang dikatakan sebelumnya kalau ini merupakan jurusan rekayasa perangkat lunak. Jadi pastinya beberapa hal yang dipelajari berkaitan dengan rekayasa software atau perangkat lunak. Di jurusan ini mempelajari dan mendalami pengembangannya dari mulai pembuatan, pemeliharaan, pengaturan, tentang perangkat lunak. Selain itu juga jurusan ini mempelajari tentang manajemen ataupun pengaturan kualitas.


Jurusan ini juga berkaitan dengan perangkat lunak yang dimiliki oleh komputer dari mulai game, aplikasi, website. Tentunya untuk membuat ini juga siswa diajarkan untuk bisa mengerti tentang bahasa pemrograman. Jadi di RPL mahasiswa diminta untuk belajar tentang analisis, desain, coding, dan juga algoritma.


Keunggulan Jurusan RPL

Karena memiliki kurikulum tentang dunia digital, dan komputerisasi tidak heran jika kemudian lulusan yang dihasilkan oleh jurusan ini memiliki banyak sekali keunggulan. Beberapa diantaranya seperti bisa bekerja di berbagai bidang, pekerjaan lapangan yang lebih mudah, dan sesuai dengan perkembangan jaman.


Tidak hanya itu saja jurusan ini juga mampu membuat lulusannya untuk mengerti tentang PC dan bahkan sampai mampu memasang  dan merakit sebuah komputer. Karena berkaitan dengan teknologi, maka lulusan dari jurusan ini lebih terdepan dan jauh lebih kompeten jika dibandingkan dengan lulusan lainnya.


Prospek Lulusan Jurusan RPL

Seperti yang dikatakan sebelumnya kalau jurusan ini bisa bekerja di berbagai bidang, karena memang banyak hal yang dipelajari di jurusan ini. Tentunya semua pekerjaan itu  merupakan pekerjaan yang memiliki penghasilan lumayan, dan banyak dibutuhkan sekarang ini.


1. Pengusaha

Pertama adalah lulusan dari jurusan ini menjadi seorang pengusaha yang tentunya akan sangat kompeten. Karena memiliki dasar tentang dunia digital yang memang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pengusaha sekarang.


2. IT Consultant

Tugas dari profesi ini adalah mengatur dan juga menilai penerapan IT di sebuah organisasi ataupun perusahaan. Karena beberapa perusahaan dalam menjalankan sebuah teknologi tentunya membutuhkan seorang ahli untuk membantu kegiatannya agar teknologi tersebut dapat berjalan sesuai dengan keinginan dan lancar.


3. Programmer

Menciptakan suatu program dengan tujuan untuk memudahkan suatu pekerjaan tertentu tentunya sangat dibutuhkan sekarang ini. Karena itu tidak heran jika kemudian profesi ini banyak dicari. Pekerjaan yang dilakukan adalah mendesain, membuat dan membentuk suatu program.


4. Developer IT

Selanjutnya adalah pencipta dan juga pengembang IT yang tidak kalah banyak peminatnya di era industri digital ini. Profesi ini membutuhkan tenaga yang mampu untuk mengembangkan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.


5. System Analyst

Melakukan analisis terhadap suatu sistem yang dimiliki oleh program ataupun jaringan di sebuah perusahaan dan organisasi tentunya bukan hal yang mudah. Diperlukan tenaga ahli untuk bisa mengambil semua tugas tersebut, dan karena itulah lulusan dari jurusan RPL ini sangat dibutuhkan.


6. Web Engineer

Website menjadi salah satu media digital yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan ataupun usaha di jaman sekarang ini. Karena itu dibutuhkan seseorang yang mampu untuk mendesain, serta membuat sebuah website yang di dalamnya ada layanan serta fasilitas lengkap.


7. Database Engineer

Terakhir yang menjadi prospek kerja dari lulusan jurusan RPL adalah database engineer yang memiliki tugas untuk merencanakan pemeliharaan basis data. Data yang diolah di sini berupa data warehouse, utama, maupun data tambahan.


Ternyata jurusan rekayasa perangkat lunak memiliki banyak sekali prospek pekerjaan yang sangat menguntungkan. Jadi tidak heran kalau kemudian banyak yang mulai minat dengan jurusan ini, dan menjadikan jurusan ini sebagai jurusan favorit.


Pencarian yang banyak dicari:

  • lowongan kerja jurusan rpl
  • pekerjaan jurusan rpl dan gajinya
  • perusahaan yang menerima lulusan rpl
  • kelebihan dan kekurangan jurusan rpl
  • universitas jurusan rekayasa perangkat lunak di indonesia
  • kuliah jurusan rekayasa perangkat lunak
  • rekayasa perangkat lunak adalah
  • apakah jurusan rpl itu susah



Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+