Iklan Header

Investasi Modal Kecil Bagi Pemula Terbaru 2021

Admin
Editor: Garutselatan.info Rabu, 20 Oktober 2021, 05:50 WIB Last Updated 2021-10-19T22:50:02Z
Baca Juga

Investasi pemula modal kecil - Hai Sahabat GSN, selamat siang nih, apa kabarnya? Kami harap kalian semua baik baik saja ya, oh iya guys jangan lupa untuk berdo'a yah supaya kita senantiasa berada dalam lindungan Allah Swt, Aamiin

 Investasi Pemula  Modal Kecil


Oke guys, pada kesempatan ini, kami mempunyai sebuah Pembahasan yang menarik lagi nih, apa itu? Oke jadi guys disini kami akan membahas mengenai investasi pemula Modal kecil guys, sebelumnya nih Investasi seringkali dikaitkan dengan modal besar kan, padahal investasi untuk pemula juga bisa diawali dengan modal yang kecil, loh.


Memulai investasi dengan modal kecil juga akan menghindarkan sahabat dari risiko investasi bodong ataupun investasi yang keuntungannya di bawah ekspektasi. Dengan begitu, kalian semua bisa merasa lebih aman ketika mencoba berinvestasi.


Saat ini ada beberapa pilihan investasi yang nggak butuh modal besar tapi tetap memberikan keuntungan yang lumayan besar loh, Bahkan untuk anak muda yang baru merintis karier pun nyatanya bisa mulai belajar investasi. Jadi, investasi apa saja yah, yang bisa dimulai oleh pemula dengan modal kecil? Berikut ulasannya.


  • Reksa dana

Guys, perlu kalian ketahui nih bahwa Dari berbagai jenis investasi yang ada, investasi dalam bentuk reksa dana adalah jenis investasi untuk pemula yang paling aman serta memiliki risiko paling rendah loh, Pengguna reksa dana aman dari kemungkinan penggelapan dana nasabah. Hal ini dikarenakan uang dipegang oleh bank bukan oleh manajer investasi. 


Selain itu juga, produk reksa dana juga diatur secara ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga menjamin keamanan uang para nasabah. Ada banyak pilihan reksa dana yang bisa disesuaikan dengan karakter sahabat GSN, yah. Jika kalian benar-benar ingin bermain aman, kalian ini bisa mencoba reksa dana pasar uang. Sementara, jika kalian ini adalah tipe yang agresif, kalian bisa berinvestasi pada reksa dana saham.


Namun, jangan berangan angan bahwa kalian ini akan mengahasilkan untung besar dengan reksa dana sebab dibutuhkan waktu sekitar 1 sampai 3 tahun untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Dengan risikonya yang rendah, pendapatan dari reksa dana pun nggak terlalu besar.


  • Deposito berjangka

Jenis investasi pemula lainnya adalah deposito. Deposito merupakan produk simpanan yang umumnya disediakan oleh bank dengan ketentuan penarikan sesuai kesepakatan antara bank dengan nasabahnya.


Bedanya dengan tabungan biasa, adalah bunga yang dihasilkan dari deposito lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa. Namun, besarnya bunga yang didapat ditentukan dari jumlah uang yang disepakati di awal perjanjian.


Deposito cocok untuk investor pemula yang memang belum punya pengalaman dalam berinvestasi. Dengan bunga pendapatan yang stabil, sahabat nggak perlu khawatir untuk mengelola investasi tersebut. Risiko tabungan deposito juga cenderung rendah dan menghasilkan keuntungan yang stabil. Meski begitu, keuntungannya nggak sebesar investasi saham.

  • Nabung saham

Oke guys,selanjutnya saham, guys ternyata Saham jadi investasi paling menguntungkan sekaligus paling populer loh di kalangan masyarakat. Karena Keuntungannya yang lumayan besar membuat orang tergiur untuk mencoba bermain saham. Bahkan, jika kalian berinvestasi saham secara langsung, kalian juga dikatakan sebagai pemilik dari perusahaan tersebut.


Namun porsi kepemilikannya tentu disesuaikan dengan investasi yang kalian lakukan di perusahaan tersebut. Jadi, kalau perusahaan yang kalian tanamkan modalnya berjalan baik, otomatis kalian juga akan mendapatkan nilai keuntungan yang tinggi.


Sebagai pemilik saham, sahabat akan mendapatkan keuntungan melalui dua cara, yaitu lewat capital gain dan dividen. Capital gain itu adalah ketika kalian akan mendulang rupiah ketika menjual saham di harga yang lebih tinggi daripada saat kalian membelinya.


Sementara dividen kurang lebih sama seperti konsep bagi hasil di mana kalian akan mendapatkan sebagian porsi keuntungan perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang kalian miliki yah.


  • Peer-to-peer (P2P) Landing

Investasi pemula modal minim berikutnya adalah Peer to Peer Lending atau yang biasa disebut P2P Lending. Investasi jangka pendek ini punya banyak keuntungan loh, antara lain praktis karena dapat dilakukan secara online serta keuntungannya yang cukup besar juga, dan selain itu, platform investasi P2P Lending juga dirasa lebih aman dan nggak memberikan risiko yang besar. Jadi, cocok buat kalian nih yang mau memulai investasi.


  • Sukuk ritel

Selanjutnya ada sukuk ritel. Sukuk sendiri merupakan pilihan investasi yang termasuk ke dalam obligasi Syariah. Sesuai namanya, investasi untuk pemula ini diterbitkan negara secara retail.


Oleh sebab itu, dalam administrasi, sebutan panjangnya adalah Surat Berharga Syariah Negara Ritel (Sukuk Ritel). Jika diartikan secara mudah, sukuk ritel adalah surat berharga negara yang diterbutkan berdasarkan prinsip Syariah.


Sukuk menjadi salah satu pilihan investasi dengan modal minim, sebab investasi ini dapat dibeli dengan harga yang cukup murah. Untuk satu unit sukuk, biasanya akan dikenakan biaya sebesar Rp1 juta.


Biasanya, bank penerbit sukuk ini menetapkan batasan minimum pembelian, namun masih dapat dikategorikan murah. Nggak perlu khawatir dengan keamanannya, dengan penyedia jasa yang terpercaya dan ketelitian dana kalian akan aman dan berkembang kok.


  • Emas

Keuntungannya memang nggak seberapa sih yah, tapi setidaknya harga jual emas cenderung naik. Walau ada inflasi sekali pun, nilai investasi emas nggak akan terpengaruh.


Investasi emas juga cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia sebab modal yang dibutuhkan nggak begitu besar sehingga siapa saja bisa investasi emas. Terlebih lagi, emas mudah dijual atau diuangkan.


Meski begitu, investasi emas juga berisiko walaupun tingkat risikonya nggak terlalu besar. Emas yang ada wujudunya dinilai kurang praktis untuk disimpan karena butuh tempat yang ekstra aman untuk menyimpan semua emas milik kalian ya, Apalagi jika kalian punya emas batangan yang ukurannya besar sehingga nggak bisa disimpan di brankas yang kecil.


Nah Oke guyss, itulah dia artikel mengenai investasi pemula modal kecil, semoga bermanfaat ya, dan menjadi referensi bagi kalian semua, oke guys, sampai jumpa di artikel berikutnya lagi ya, jangan bosan untuk membaca artikel dari kami,selamat siang, selamat beristirahat  sahabat GSN semua dan Terimakasih.


Pencarian yang banyak dicari:
  • investasi modal kecil profit harian
  • aplikasi investasi untuk pemula
  • aplikasi investasi modal kecil
  • investasi modal 20 ribu
  • investasi online untuk pemula
  • investasi modal kecil di bank


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+