Iklan Header

Pengertian Dasar Negara

Admin
Editor: Garutselatan.info Senin, 18 Oktober 2021, 19:42 WIB Last Updated 2021-10-18T12:42:30Z
Baca Juga

Pengertian dasar negara - Selamat siang sahabat GSN, semoga selalu diberi kesehatan dan diberikan kemudahaln dalam setiap urusan, Aamiin. Kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian dasar negara.

Pengertian Dasar Negara

Dasar negara adalah sebuah sikap serta pandangan hidup/seuatu yang tidak dapat dibuktikan kebenaran maupun kesalahannya. Dasar negara merupakan suatu filsafat negara yang berkedudukan sebagai sumber dari segala macam sumber hukum atau sumber tata tertib hukum dalam berbangsa dan bernegara.


Dasar Negara Nerdasarkan Etimologi


Definisi dasar negara berdasarkan asal kata/ bahasa adalah berasal dari dua suku kata, yaitu dasar dasar dan negara. Dasar adalah landasan atau hal yang bersifat utama dan pertama, sedangkan negara berarti sebyah organisasi kekuasaan yang didalamnya terdiri dari sebuah rakyat, wilayah,dan juga pemerintahan yang berdaulat.


Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli


1. Karl Marx

Menurut Karl Marx, dasar negara merupakan perangat yang mempunyai kekuasaan dalam menjalankan berbagai macam ekspoloitasi atau penindsan terhadap kelas lainnya.


2. JJ Rousseau

Menurut  J.J Rousseau, dasar negara adalah suatu alat yang berfungsi dalam menjaga kemerdekaan individu sertaketertiban hidup rakyat di negaranya sendiri.


Baca Juga: Pengertian Zakat


3. Robet M. MAC

Menurut Robert dasar negara merupakan suatu bentuk asosiasi yang berperan dlam melindungi dan menjaga ketertiban masyarakat sebagaimana hukum yang berlakudi negaranya dan dijalankan oleh pemerintah yang berkuasa secara memaksa dan dengan satu tekanan tertentu.


Kedudukan dan Fungsi Dasar Negara


1. Dasar da Sumber Hukum Nasional

Dasar ngara juga berfungsi dan berkedudukan sebagai dasar dan sumber hukum nasional. Sehingga, nantinya semua jenis peraturan perundang undangan yng di bentuk dan dibuat untuk penyelanggaraan pemerintah dan penyelengaraan negara harus didasarkan dan tidak boleh bertentangan dengan dasar negara yang dianut tadi..


2. Dasar Partisipasi Warga Negara

Dasar negara tentunya dapat dijadikan pedoman dalam menggunakan hak dan kewajiban tersebut menjadi penting guna mempertahankan negara dan menjadi suatu bentuk partisipasi guna mencapai tujuan yang ditetapkan sebelimnya.


3. Dasar Pergaulan Antar Warga Negara

Dasar negara bukan hanya mempunyai funsi sebagai dasar hubungan antar warga negara dengan negara nya sendiri, melainkan juga berfungsi sebagai dasar hubungan antar warga negara yang satu dengan warga negara yang lain.


4. DasarKegiatan Penyelenggaran Negara

Dasar negara dijadikan dasar dalam kegiatan penyelenggaraan negara guna mewujudkan tujuan nasional yang telah diciptakan oleh founding fathers.


5. Dasar Berdiri Dan Tegaknya Negara

Dalam hal suatu bangsa hendak mendirikan negara, maka akan muncul pemikiran tentang dasar negara. Dasar negara ini nantinya akan berfungsi sebagai dasar dan pondasi berdirinya sebuah negara. Dasar negara kemudian akan dijadikan pedoman serta landasan dalam mengelola negara yang bersangkutan.


Manfaat Dasar Negara


  • Dapat dijadikan sebuah kepribadian dan jiwa dari bangsa dan negara tersebut agar mempunyai jati diri sehingga tidak terombang ambing arus globalisasi.
  • Dijadikan sebagai suatu pedoman hidup dan juga pandangan dari semua masyarakat yang tinggal dalam suatu negara tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan budaya.
  • Dapat pula menjadi tujuan dan arah agar cita cita nasional dan tujuan nasional dari sebuah bangsa dan negara dapat terwujud dengan maksimal sebagai suatu alat pemersatu bangsa yang bersangkutan.
  • Dijadikan sebagai landasan idiil suatu negara yang berarti dapat dijadikan acuan untuk masyarakat agar dapat menganut  dan mengerti tentang negara yang menjadi tempat tingganya dan tempat bernaungnya.
  • Memberikan tujuan yang jelas bagi masyarakat dalam benbangsa dan bernegara.

Nah, itulah penjelasan tentang dasar negara, fungsi, dan manfaat dasar negara. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sahabat GSN, jangan lupa share ya. Sekian terima kasih


pencarian yang banyak dicari:
  • pengertian dasar negara wikipedia
  • pancasila sebagai dasar negara
  • jelaskan secara jelas pengertian dasar negara
  • pengertian dasar negara brainly
  • kedudukan pancasila sebagai dasar negara
  • akibat tidak memiliki dasar negara
  • manfaat dasar negara
  • akibat jika tidak memiliki dasar negara dan pandangan hidup


Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+