Iklan Header

Hari Sejarah, Gunung Berapi Nevado del Ruiz Meletus, 23.000 Orang Tewas

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Minggu, 14 November 2021, 21:16 WIB Last Updated 2021-11-14T14:33:41Z
Baca Juga
Hari Dalam Sejarah, Gunung Berapi Nevado del Ruiz Meletus, 23.000 Orang Tewas -  Gunung berapi Nevado del Ruiz meletus, dan mencairkan sebuah gletser yang kemudian mengubur Armero, Colombia menewaskan sekitar 23.000 orang.


foto amatir



Sebuah letusan hebat pernah terjadi di Gunung Nevado del Ruiz, 32 tahun yang lalu. Letusan gunung berapi aktif tertinggi di Pegunungan Andes, Kolombia, itu memakan banyak korban. 


Satu tahun sebelum gunung itu meletus, para ahli geologi setempat telah mengamati adanya peningkatan aktivitas seismik di dekat Gunung Nevado del Ruiz. Mereka pun mencurigai akan terjadinya sebuah letusan. 

Tanda lain yang dirasakan para ahli adalah pengendapan sulfur di puncak gunung berapi serta letusan freatik kecil. 



Benar saja, gunung itu pun mengalami erupsi ringan tak lama kemudian. Magma panas yang bersentuhan dengan air di dalam gunung telah mengakibatkan ledakan karena air hampir langsung berubah menjadi uap. 

Meski telah meningkat tajam, aktivitas gunung berapi tersebut sempat menurun pada Oktober 1985. Para ahli tidak berpikir bahwa aktivitas telah berakhir. Mereka menduga bahwa magma baru naik ke bangunan vulkanik sebelum September 1985. 



Penyelidikan pun dilakukan di sekitar gunung. Sebuah misi vulkanologi Italia berusaha menganalisis sampel gas dari fumarol di sepanjang lantai kawah dan membuktikannya sebagai campuran karbon dioksida dan sulfur dioksida. Hasilnya, mereka mengindikasikan terjadi pelepasan magma langsung ke lingkungan permukaan. Laporan penyelidikan pun segera disampaikan untuk memperkecil risiko jika letusan terjadi. 




Pada 22 Oktober 1985, mereka menyampaikan bahwa risiko lahar menjadi sangat tinggi. Laporan tersebut mengusulkan pemerintah daerah untuk menyiapkan berbagai teknik penyelamatan. Hal yang ditakutkan benar-benar terjadi. Gunung Nevado del Ruiz kembali terbangun dari tidurnya pada November 1985. 


Aktivitas vulkanik sekali lagi meningkat saat magma mendekati permukaan. Gunung berapi mulai melepaskan jumlah gas yang meningkat yang kaya akan sulfur dioksida dan sulfur dasar. Kehilangan magma yang luas menyebabkan tekanan terbangun di dalam gunung berapi hingga akhirnya mengakibatkan letusan eksplosif. Pada 13 November 1985 pukul 03.06 waktu setempat, Nevado del Ruiz meletus. 



Ia melepaskan uap panas lebih dari 30 kilometer ke udara. Massa total bahan meletus (termasuk magma) adalah 35 juta ton. Massa sulfur dioksida yang dikeluarkan adalah sekitar 700 ribu ton sehingga membuat letusan kaya belerang. Letusan tersebut melebur gletser dan salju puncak dan menghasilkan empat lahar tebal yang melintas di lembah sungai di sisi gunung berapi. 



Tak hanya itu, air panas secara signifikan mempercepat pencairan es. Lahar akhirnya mulai membanjiri lembah sungai yang mengelilingi Gunung Ruiz. Mereka memenuhi sungai hingga membuat banjir besar. 



Tak hanya itu, tanah longsor juga terjadi karena hujan deras akibat letusan tersebut. Faktor lainnya yang membuat bencana ini begitu dahsyat adalah badai yang menerjang wilayah tersebut pada 13 November 1985. Hal ini menyebabkan listrik padam dan menghambat komunikasi. 


Pejabat pertahanan sipil dari empat kota di dekatnya mencoba untuk memperingatkan Armero bahwa lahar mendekati sekira satu jam lagi sebelum mencapai Kota Armero. Namun, upaya itu gagal karena terputusnya listrik dan komunikasi. 



Letusan besar ini telah mengakibatkan kehancuran yang sangat parah. Tak hanya itu, lebih dari 23 ribu orang tewas dan 5.000 lainnya terluka. Kota terparah yang terkena bencana ini adalah Kota Armero. Tiga perempat dari 28.700 penduduk tewas akibat ledakan tersebut.



Berikut ini beberapa peristiwa penting lainnya yang terjadi diberbagai belahan dunia.


1887 - Peristiwa Bloody Sunday (Minggu Berdarah) di Trafalgar Square, London.


1970 - Badai Bhola: sebuah siklon tropis dengan kecepatan 190 km/jam menghantam kawasan Delta Gangga yang padat penduduknya di Pakistan Timur (kini Bangladesh), menewaskan sekitar 500.000 jiwa. Badai ini dianggap sebagai musibah badai terburuk pada abad ke-20.


1985 - Gunung berapi Nevado del Ruiz meletus, dan mencairkan sebuah gletser yang kemudian mengubur Armero, Colombia menewaskan sekitar 23.000 orang.


1990 - Halaman World Wide Web pertama diciptakan.


1994 - Sebuah referendum di Swedia berakhir menghasilkan keputusan untuk bergabung dengan Uni Eropa.


1998 - Tragedi Semanggi: Mahasiswa, dan masyarakat sudah bergabung, dan mencapai daerah Semanggi dan sekitarnya, bergabung dengan mahasiswa yang sudah ada di kampus Universitas Atma Jaya Jakarta. Jalan Sudirman sudah dihadang oleh aparat sejak malam hari.


2009 - Penayangan perdana film 2012.


2015 - Penembakan dan peledakan di Paris, Prancis, menewaskan sedikitnya 150 orang



Paling Banyak Dicari:

  • nevado del ruiz
  • gunung dempo
  • nevado del ruiz
  • gunung dempo
  • gunung nevado del meletus



Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+