Iklan Header

Investasi Reksa Dana Untuk Pemula

Admin
Editor: Garutselatan.info Senin, 15 November 2021, 08:47 WIB Last Updated 2021-11-15T01:47:52Z
Baca Juga

Investasi reksa dana untuk pemula - Hai selamat pagi nih sahabat GSN semua, Apakabarnya? Baik baik saja bukan? Semoga kita senantiasa selalu berada dalam kesehatan dan perlindungan dari Allah swt, Aamiin.

Investasi Reksa Dana  Untuk Pemula


Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai investasi reksa dana untuk pemula, nah sahabat GSN, Investasi jadi salah satu aktivitas yang menjanjikan sebagai salah satu opsi untuk memperkuat kondisi finansial kalian. Apalagi bagi kalian yang masih ada di usia muda, aktif, dan produktif. Oleh karena itu, sudah semestinya, investasi perlu dimulai sedari dini. Saat ini, banyak sekali produk investasi yang bisa diakses oleh siapapun yang ingin memulai berinvestasi, seperti saham, obligasi, deposito, emas atau logam mulia, properti, asuransi, serta reksadana. Berbicara tentang reksadana, produk investasi ini merupakan salah satu produk yang paling populer, mudah dipahami, dan cocok untuk investor pemula. Berangkat dari keuntungan yang ditawarkan, mari kenali pengertian reksadana lebih lanjut.


Baca Juga:Investasi Halal Untuk Pemula


Adapun reksadana adalah sebuah produk investasi dalam bentuk kumpulan dana yang dikelola sebagai modal investasi untuk dikonversikan ke dalam berbagai jenis produk, seperti saham, obligasi, serta produk keuangan dan investasi lainnya. Dana yang terkumpul tersebut dikelola oleh manajer investasi, sebuah manajemen atau lembaga profesional yang bertugas untuk mengelola kegiatan investasi sahabat GSN, termasuk reksadana. Pengertian reksadana yang mudah dipahami ini, jadi kekuatan untuk menarik perhatian investor muda atau pemula untuk mulai berinvestasi.
 

Nah adapun beberapa Keuntungan investasi reksadana

Sebagaimana dengan jenis investasi lainnya, reksadana menawarkan keuntungan yang kompetitif untuk memperkuat kondisi finansial sahabat semua, nah Berikut adalah keuntungan yang diberikan bagi kalian yang baru ingin memulai berinvestasi.


• Mudah dipelajari

Seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya, memahami pengertian reksadana bukanlah hal yang sulit. Kalian hanya perlu mendatangi penyelenggara manajemen investasi seperti bank atau penyedia asuransi untuk memulai membeli produk reksadana. Bersama manajer investasi, kalian pun akan mendapatkan informasi lebih rinci terkait pengertian reksadana dan produk-produk yang hendak kalian investasikan. Setelah berhasil membeli, kalian akan mendapatkan laporan terkait perkembangan investasi reksadana setiap bulannya yang dilakukan oleh manajer investasi pilihan kalian.


Penawaran yang beragam

 Penawaran reksadana ini secara umum terbagi menjadi dua, ada reksadana konvensional dan reksadana syariah. Sebagai investor, kalian akan diberi keleluasaan untuk memilih jenis produk reksadana mana yang sesuai dengan keinginan kalian, kalian pun akan mendapatkan informasi terkait lembaga apa saja yang menyediakan produk reksadana yang bisa kalian beli untuk investasi.


• Modal awal relatif terjangkau dan risiko relatif rendah

Berbeda dengan saham yang mengharuskan Anda membeli dalam satuan lot dengan akumulasi dana yang cukup besar. Dengan memahami pengertian reksadana dalam aspek transaksi, kalianbisa membeli reksadana sesuai dengan angka yang telah dipersiapkan atau sisihkan.

Dikelola secara profesional dan transparan


Nah sahabat semua ini dia beberapa jenis reksadana untuk pemula, diantaranya:


• Reksadana Pasar Uang


Pengertian reksadana pasar uang adalah sebuah investasi yang dilakukan dalam jenis instrumen investasi pasar uang dengan jangka kurang satu tahun. Instrumen investasi yang ditawarkan pada investasi pasar uang biasanya berupa deposito berjangka, sertifikat deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), serta instrumen investasi pasar uang lainnya. Reksadana pasar uang memiliki profil risiko yang lebih rendah karena tujuannya untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal investasi.


• Reksadana Pendapatan Tetap

Meskipun memiliki risiko yang lebih tinggi dibanding reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap merupakan salah satu reksadana yang cukup populer di mata investor. Pengertian reksadana pendapatan tetap adalah sebuah investasi reksadana yang menginvestasikan aktivanya dalam bentuk efek utang atau obligasi dengan persentase minimal 80 persen. Tujuan utama dari reksadana pendapatan tetap adalah untuk menghasilkan tingkat return yang stabil.


• Reksadana Campuran

Sesuai dengan namanya, pengertian reksadana campuran adalah sebuah investasi reksadana yang mengalokasikan dana investor ke dalam bentuk kombinasi saham dan obligasi pada portofolio investasinya. Memiliki tingkat pengembalian modal yang tinggi, juga menghadirkan risiko yang tinggi untuk investasi ini.


• Reksadana Saham

Menginvestasikan minimal 80 persen ke dalam bentuk saham, merupakan pengertian reksadana saham. Di antara seluruh jenis reksadana yang ada, reksadana saham memiliki profil risiko yang paling tinggi. Bertujuan untuk menjaga pertumbuhan harga saham dalam jangka panjang, investasi reksadana ini memiliki tingkat return yang paling tinggi.


Nah oke guys itu dia seputar reksadana untuk pemula, semoga bermanfaat dan menjadi referensi yang baik yah, sampai jumpa kembali di artikek berikutnya ya sahabat GSN, sekian dan Terimakasih.


pencarian yang banyak dicari:
  • investasi reksadana tokopedia
  • reksadana ovo
  • investasi reksadana terbaik
  • investasi reksadana bca
  • reksadana adalah
  • investasi reksadana bni
  • investasi reksadana bibit
  • investasi reksadana adalah


Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+