Iklan Header

Bagaimana Menentukan Harga Jual Dan Ide Bisnis Untuk Pemula

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Senin, 16 Mei 2022, 11:42 WIB Last Updated 2022-05-16T04:43:18Z
Baca Juga

Bagaimana menentukan harga jual dan ide bisnis untuk pemula - sangat penting untuk menentukan harga jual untuk UMKM. Meskipun diklasifikasikan sebagai anak -anak, UMKM dapat menjadi salah satu pendorong ekonomi negara untuk menerima perawatan pemerintah khusus. Dari kemudahan membuat kredit hingga keringanan pajak. 

ide bisnis


Faktanya, UMKM dapat bertahan hidup ketika pandemi terjadi pada tahun 2020 dan menyerap banyak pengangguran di Indonesia.


Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, ini adalah ide bisnis yang tepat untuk pemula dan tips MSM tentang cara menentukan harga jual untuk pendapatan.


1. Bisnis di bidang kuliner


Di satu sisi, bisnis kuliner di Indonesia tidak akan pernah mati. Karena akan ada orang yang membutuhkan dan membeli. Bisnis ini juga dapat dimulai dari rumah dengan anggaran minimum.


Poin penting ketika menjalankan bisnis kuliner adalah rasa. Oleh karena itu, lakukan penyelidikan yang mendalam terlebih dahulu untuk menentukan resep dan rasa yang tepat sebelum melemparkannya ke pasar. Karena, semakin lezat rasa makanan, semakin banyak mereka bertahan dalam persaingan bisnis dan dapat memanen kesuksesan.


Selain itu, juga harus baik untuk menentukan harga jual produk agar tidak menderita kerugian menggunakan formula harga tanda. Saat menggunakan formula ini, Anda hanya perlu menambahkan berapa persentase yang diinginkan dari harga pembelian bahan baku.


Formula yang menentukan harga jual makanan


Harga Jual = Harga Pembelian Bahan Baku + (Harga Pembelian Bahan X yang Ditandai)


Misalnya: Buka bisnis kios makanan dengan modal sekitar RP. 15.000 untuk setiap bagian. Harga tanda yang Anda inginkan adalah sekitar 20%. Jadi, perhitungan harga jual setiap bagian adalah:


Harga penjualan = IDR 15.000 + (IDR 15.000 x 20%) = IDR 18.000.


Karena itu, Anda akan menjual setiap bagian per RP. 18.000.



2. Bisnis di bidang mode


Sebagai bisnis di bidang kuliner, fashion tidak akan pernah abadi. Karena orang masih membutuhkan pakaian dan aksesori. Mulai dari atasan, bawahan, untuk mendukung baratijas.


Fashion juga akan digunakan untuk segala usia, mulai dari bayi, anak -anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua. Sehingga pilihan Anda bahkan lebih luas. Namun, poin penting untuk berhasil, harus fokus pada menentukan target pasar. Dengan begitu, produk yang dijual akan lebih fokus.


Bahkan di bidang mode, Anda juga harus memahami cara menghitung harga jual per unit. Anda dapat menggunakan harga margin untuk menentukan jumlah laba yang harus dimiliki.


Rumus:


Margin = (harga jual - harga modal)/harga jual


Contoh: Buka bisnis pakaian anak -anak dengan modal awal RP. 20.000 per potong dan ingin menjual seharga RP. 35.000. Bagaimana menentukan harga jual dan menemukan margin laba adalah:


Margin = (Rp. 35.000 - Rp. 20.000)/RP35.000 = 0,43 atau 43%.


Anda dapat mengubah margin sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, mengamati kondisi pasar dan pesaing. Poin penting, semakin murah barang -barang yang Anda jual, semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli. Namun, kualitas tidak boleh dilupakan.


Itulah tips tentang cara menentukan harga jual untuk Anda yang ingin memulai bisnis di bidang kuliner dan mode. Dari keuntungan bisnis ini, Anda dapat memesan 10%untuk berinvestasi di Amartha.


Selain mendapatkan pengembalian hingga 15% per tahun, Anda juga dapat mengembangkan UMKM lain yang mengalami kesulitan. Dengan cara ini, sektor ekonomi masyarakat dapat bersama -sama maju bersama pemerintah. Mari kita bangun dengan desa Amartha dan Umkm.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+