• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Gula Aren Komoditi Unggulan Cisewu dan Talegong

    Redaksi Garut Selatan
    Editor: Garutselatan.info Rabu, 22 November 2023, 09:07 WIB Last Updated 2023-11-22T02:07:14Z
    Baca Juga
    GARUTSELATAN.INFOGula aren adalah salah satu komoditi yang sangat bagus di daerah cisewu dan talegong-garut, karena di kedua daerah tersebut banyak sekali pertumbuhan pohon aren atau “Pohon Kawung” (Sunda).

    Nyadap/Naik Pohon Aren

    Gula aren banyak sekali diproduksi dari daerah cisewu dan talegong kepada pembeli. Salah satu petani aren tersebut sangat beruntung bisa melakukan hal tersebut, karena tidak full setiap hari bekerja, hanya pagi dan sore hari untuk mengambil hasil dari pohon aren tersebut (Nyadap).

    Pekerjaan tersebut bisa menghasilkan uang dan bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat dengan adanya komoditi gula aren tersebut.

    Gula Aren/Gula Merah

    Salah satu warga yang ada di Cisewu bahwa dengan bekerja untuk menghasilkan gula aren dalam seminggu saja bisa menjual sampai 100 kg, maka dari itu produksi gula aren dari cisewu sangat bagus yang dapat membantu penghasilan masyarakat yang menjadi pembuat gula aren tersebut (ade).

    Sedangkan dari daerah talegong garut, bahwa ada masyarakat yang menjadi pembuat gula aren tersebut dengan menghasilakan penghasilan yang lumayan cukup bagus untuk menntukan perkonomian keluarga, bahkan gula aren juga bagus sekali di produksi dari talegong, karena kualitas yang bagus menjadi salah satu produk terbaik di pasaran.

    Baca Juga: Kondisi Jalan Menuju Karangsewu Sangat Memprihatinkan

    Salah satu warga (Ahi) yang menjadi pembuat gula aren tersebut, ada yang menghasilkan dalam seminggu bisa menjual seberat 80 kg, sehingga dengan adanya pekerjaan tersebut masyarakat tersebut bisa menjadi terbantu perekonomian.

    Sampai sekarang gula aren yang menjadi komoditi unggulan di garut selatan yakni dari Cisewu dan Talegong yang menjadi salah satu produk terbaik yang ada di pasaran.

    Gula aren dan gula merah merupakan pemanis tradisional yang populer di Indonesia. Keduanya sering digunakan dalam masakan dan minuman, namun memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal asal, rasa, dan penggunaan. Artikel ini akan membahas perbedaan antara gula aren dan gula merah untuk membantu Anda memilih pemanis yang tepat untuk kebutuhan Anda.

    Asal Mula Gula Aren


    Gula aren berasal dari nira pohon aren, sedangkan gula merah berasal dari nira pohon kelapa atau palem. Nira ini kemudian diolah dengan cara tradisional untuk menghasilkan gula dengan tekstur dan rasa yang khas.

    Rasa dan Aroma


    Gula aren memiliki rasa yang lebih manis dan karamel, dengan aroma yang kuat dan khas. Gula merah memiliki rasa yang lebih ringan dan manisnya mirip gula pasir, dengan aroma yang lebih samar.

    Penggunaan


    Gula aren sering digunakan dalam masakan dan minuman yang membutuhkan rasa manis yang kuat dan aroma yang khas, seperti kopi, es cendol, dan jajanan tradisional. Gula merah lebih umum digunakan dalam masakan Indonesia, seperti gudeg, semur, dan kecap manis.

    Kandungan Nutrisi


    Gula aren sering dianggap lebih sehat daripada gula merah karena mengandung mineral-mineral seperti kalium, magnesium, dan besi. Namun, gula aren tetap mengandung kalori yang tinggi, sehingga penggunaannya harus tetap dibatasi.




    Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +