Gula Aren Komoditi Unggulan Cisewu dan Talegong

Gula Aren Komoditi Unggulan Cisewu dan Talegong

Redaksi Garut Selatan
Jumat, 26 April 2019


GARUTSELATAN.INFOGula aren adalah salah satu komoditi yang sangat bagus di daerah cisewu dan talegong-garut, karena di kedua daerah tersebut banyak sekali pertumbuhan pohon aren atau “Pohon Kawung” (Sunda).
Nyadap/Naik Pohon Aren

Gula aren banyak sekali diproduksi dari daerah cisewu dan talegong kepada pembeli. Salah satu petani aren tersebut sangat beruntung bisa melakukan hal tersebut, karena tidak full setiap hari bekerja, hanya pagi dan sore hari untuk mengambil hasil dari pohon aren tersebut (Nyadap).

Pekerjaan tersebut bisa menghasilkan uang dan bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat dengan adanya komoditi gula aren tersebut.
Gula Aren/Gula Merah

Salah satu warga yang ada di Cisewu bahwa dengan bekerja untuk menghasilkan gula aren dalam seminggu saja bisa menjual sampai 100 kg, maka dari itu produksi gula aren dari cisewu sangat bagus yang dapat membantu penghasilan masyarakat yang menjadi pembuat gula aren tersebut (ade).

Sedangkan dari daerah talegong garut, bahwa ada masyarakat yang menjadi pembuat gula aren tersebut dengan menghasilakan penghasilan yang lumayan cukup bagus untuk menntukan perkonomian keluarga, bahkan gula aren juga bagus sekali di produksi dari talegong, karena kualitas yang bagus menjadi salah satu produk terbaik di pasaran.
Baca Juga: Kondisi Jalan Menuju Karangsewu Sangat Memprihatinkan
Salah satu warga (Ahi) yang menjadi pembuat gula aren tersebut, ada yang menghasilkan dalam seminggu bisa menjual seberat 80 kg, sehingga dengan adanya pekerjaan tersebut masyarakat tersebut bisa menjadi terbantu perekonomian.

Sampai sekarang gula aren yang menjadi komoditi unggulan di garut selatan yakni dari Cisewu dan Talegong yang menjadi salah satu produk terbaik yang ada di pasaran.