Iklan

Balong Ciawi Tiwugenteng Keren Namun Angker

Redaksi Garut Selatan
Jumat, 26 April 2019, 08:10 WIB Last Updated 2019-04-26T01:10:45Z

GARUTSELATAN.INFO – Tiwugenteng adalah salah satu daerah yang dipisahkan oleh pegunungan dan masuk ke desa panggalih, kecamatan cisewu. Tiwugenteng tersebut merupakan tempat yang fenomenal dari segala tempat, karena tempat tersebut masih alami dan banyak sekali pepohonan alam yang rindang dan masih terjaga.
Balong Ciawi Tiwugenteng-Cisewu

Salah satu icon dari tiwugenteng selain kebun teh, yakni adalah salah satu tempat angker dari pada zaman dulu yakni “Balong Ciawi” (Sunda) Balong ciawi atau kolam ciawi tersebut adalah salah satu mata air yang menjadi kesuburan dan kemakmuran tiwugenteng, maka disanalah mata air menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar tiwugenteng.

Selain dijadikan sebagai sumber kehidupan, maka air yang dari balong tersebut dijadikan sebagai pengairan sawah, kolam dan digunakan sebagai kebutuhan lainnya.
Baca Juga: Puncak Giri Pangalengan Wisata Murah dan Keren Kabupaten Bandung
Memang balong ciawi tersebut sudah angker sejak zaman dulu, bahkan menurut cerita rakyat sekitas di tempat tersebut ada ikan besar yang berwarna merah yang menjadi salah satu penunggu balong ciawi tersebut.

Mungkin saja hal tersebut bisa ada dan terjadi, namun sebagai kita manusia perlu menyadari dan mengakui bahwa hal yang ghaib pasti adanya. Sehingga sampai sekarang balong ciawi tersebut masih menjadi tempat angker menurut sebagian orang.

Walaupun angker tetapi masyarakat sekitar tetap bersikap baik, karena dengan adanya hal tersebut kita bisa hidup masing-masing, namun jangan pernah mengganggu.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata Jabar

+