Iklan Header

Tahun Depan, Garut Siapkan Pemekaran Garut Selatan

Admin One
Editor: Garutselatan.info Selasa, 09 Juli 2019, 17:01 WIB Last Updated 2019-07-09T10:08:15Z
Baca Juga
GARUTSELATAN.INFO - Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Garut akan mempersiapkan kawasan Garut Selatan untuk menjadi daerah kabupaten baru.


"Mulai tahun depan, kita akan lakukan persiapkan dimulai dari penganggaran untuk sejumlah kegiatan pembentukan Kabupaten Garut Selatan", ucap Bupati Garut, Rudy Gunawan, Senin 8 Juli 2019.

Belum lama ini pihaknya telah mendapatkan surat dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang isinya Pemkab Garut harus melakukan persiapan mengenai pembentukan Garut Selatan menjadi kabupaten baru. sebelumnya, Memang telah dilakukan pengkajian sebagai salah satu syarat pembentukan Kabupaten Garut Selatan namun kajian tersebut dianggap tidak sesuai karena tidak mengacu pada UU Nomor 23 tahun 2014 sehingga harus dilakukan lagi kajian baru.

Kita harus lakukan pengkajian lagi terkait rencana pemekaran Garut Selatan ini. Kajian yang dulu dianggap tak mengacu pada undang-undang meskipun sebetulnya sudah ada amanat Presiden untuk pemekaran tiga daerah di Jawa Barat, katanya.

Sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2014, tidak ada lagi Daerah Otonomi Baru (DOB) seperti halnya pangandaran. Untuk saat ini yang ada adalah daerah persiapan dimana setelah ditetapkan jadi daerah persiapan, ada waktu tiga tahun untuk menjadi Kabupaten Baru.

Baca Juga : Gula Aren Komoditi Unggulan Cisewu dan Talegong

Dikatakannya, dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Pemkab Garut juga menginginkan adanya pemekaran. Apalagi sesuai Amanat Presiden ada tiga kabupaten di Jawa Barat yang akan dibentuk DOB dan salah satunya yaitu Garut Selatan.

Sementara itu Anggota Presidium Masyarakat Garut Selatan, Dedi Kurniawan mengatakan upaya-upaya untuk menjadikan Garut Selatan sebagai daerah pemekaran memang saat ini sedang kembali ditempuh. Pemprov Jabar pun telah meminta pihaknya untuk mempersiapkan diri.

Dedi juga mengaku sangat optimis jika kali ini presiden akan menyetujui Pemekaran Garut Selatan. Apalagi jika dikaitkan dengan rencana strategis pengembangan daerah di tingkat nasional, akan ada banyak daerah yang dikembangkan pemerintah pusat sebagai daerah persiapan.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+