Iklan

Kawah Darajat Garut, Wisata Alam Khas Uap Panas

Garut Selatan
Sabtu, 17 Agustus 2019, 05.41 WIB Last Updated 2020-05-31T12:52:37Z

GARUTSELATAN.INFO - Kawah Darajat Garut terletak di Desa Padawaas Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat 44161, Indonesia.

Kawah Darajat [foto ig : elsa_mustikasih]

Kawah Darajat merupakan sebuah kawah yang terletak dilokasi pegunungan dengan udara yang sejuk, ketinggiannya sekitar 1920 meter di atas permukaan laut (mdpl). Daerah sekitar kawah merupakan perbukitan dan lembah dengan kemiringan cukup curam tetapi stabilitas tanah disini lumayan baik serta daya serap tanah cukup bagus sehingga tanah disini masih aman.

Kawah Darajat tersebut merupakan kawah yang statusnya masih aktif mengeluarkan uap panas bumi yang tentu itu menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung yang ingin mengunjungi tempat ini. Kawasan sekitar kawah juga masih asri dan juga bersih dengan kondisi alam yang masih terjaga keasliannya.

Luas Kawah Darajat sekitar 40 Ha yang dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi/PLTP yang dibagi menjadi tiga yaitu Darajat 1, Darajat 2 dan Darajat 3 yang dikelola oleh PT. Amoseas Indonesia Inc. PT tersebut juga bekerjasama dengan PT. Pertamina, PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan juga PT. Perhutani sebagai pemilik lahan.

PLTP Darajat [foto : putratatargaluh.blogspot.com]

Energi listrik yang dihasilkan dari PLTP tersebut mampu memasok kebutuhan listrik untuk wilayah Jawa dan Bali. Waw, tak terbayang ya berapa besar energi listrik yang dihasilkannya, karena kita tau wilayah Jawa dan Bali merupakan konsumsi paling banyak menggunakan listrik. 
Selain Pemandangan alami di sekitar Kawah Darajat yang menarik pengunjung untuk datang kesini mungkin bagi sebagian orang ada alasan lain untuk berkunjung ke Darajat seperti ingin bermain air di pemandian air panas darajat. Salah satu tempat yang sudah dikenal dan banyak dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun asing diantaranya Puncak Darajat dan Darajat Pass Water Park.

Kawah Darajat [foto ig : sucihuriyah.mufidah]

Puncak Darajat dan Darajat Pass Water Park ini memiliki fasilitas air yang tidak jauh berbeda namun ada banyak fasilitas tambahan yang lumayan lengkap untuk di lokasi Darajat Pass Water Park diantaranya ATV, Berkuda, Flaying Fox, Shaking Bridge, Penginapan dan Outbound sedangkan di Puncak Darajat belum memiliki semua fasilitas tambahan seperti yang disebutkan tadi.

Related Search :
  • Kawah Darajat
  • Ketinggian 1920 Meter
  • Luas 40 Ha
  • PLTP
  • PT. Amoseas Indonesia Inc.
  • Memasok Kebutuhan Listrik
  • Jawa dan Bali
  • Pemandian Air Panas
  • Puncak Darajat
  • Darajat Pass Water Park.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata Jabar

+