Iklan Header

Kades Hanjuang Bagikan Dana Kompensasi Kepada Warga, Ia Dapat Apresiasi Bupati Garut

Admin One
Editor: Garutselatan.info Minggu, 05 April 2020, 07:07 WIB Last Updated 2020-04-05T00:07:36Z
Baca Juga

GARUTSELATAN.INFO - Kepala Desa Hanjuang Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut bagikan kompensasi kepada warga lanjut usia (Lansia) berupa beras 10 kg, ayam 2,5 kg, telur 2 kg, Vitamin C 1 paket, beserta uang tunai 150 ribu rupiah.

Bupati Garut, Rudy Gunawan di Dampingi Kepala Desa Hanjuang, Asep Rahayu Efendi di Aula Desa Hanjuang (4/4/2020)

Bupati Garut H Rudy Gunawan memberikan apresiasi serta pujian kepada Kepala Desa Hanjuang Kecamatan Bungbulang tersebut atas kebijakannya mengeluarkan sebagian anggaran dana desa untuk kompensasi kepada warga lanjut usia (lansia).

”Hari ini atas nama Kepala Desa saya serahkan bantuan ini kepada bapak-bapak dan ibu-ibu untuk menjamin hidup bapak dan ibu. Kita doakan bapak ibu tetap sehat, dan virus Corona di Republik Indonesia segera berlalu,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan, didampingi Kepala Desa Hanjuang, Asep Rahayu Efendi, di hadapan ratusan lansia dan warga setempat, di Aula Desa Hanjuang, Sabtu 4 April 2020.

Bupati memujinya, karena meski anggaran desa belum cair, berkat kekuatan ekonomi dan gotong royong masyarakatnya mampu membagikan kepada seluruh lansia.

Dana Desa sebesar 40 %, sebut Rudy, dipastikan segera cair langsung masuk Kas Desa Rabu depan (8/4/2020) karena prosesnya sudah diajukan 10 hari yang lalu. Namun ia mengisyaratkan di mana didalam komponen ADD itu ada titipan 2% (43 milyar rupiah) yang diperuntukkan bagi RW untuk membangun infrastruktur dan sebagian dari itu dialokasikan untuk memperkuat ekonomin masyarakat karena dalam situasi seperti ini dirinya tidak ingin warganya ada yang kelaparan.

Rekomendasi :


"Lapor saya kalau ada yang kelaparan, tidak boleh ada kerawanan pangan,” ujarnya tegas.

Kepala Desa Hanjuang, Aseka – panggilan sehari-harinya, dana kompensasi dari pemerintah desa difokuskan untuk penanganan wabah covid-19. Dana dimaksud seluruhnya diberikan kepada 1.188 KK, bersumber dari DD, ADD, dan Swadaya dengan total anggaran 500 juta rupiah.

Secara rinci Aseka menyebutkan, bantuan diberikan untuk keluarga miskin dengan anggota keluarga lebih dari 5 orang, dengan dua kriteria, yaitu warga jompo dan lansia, serta bagi warga miskin usia produktif. Selama 14 hari mereka diberi beras 10 kg, Ayam 5 kg, Telur 5 kg dan Vit c satu paket, serta uang 150 ribu rupiah.

Dana itu, guna mendukung upaya pemerintah dalam memerangi wabah Covid-19 apalagi mulai hari ini Sabtu, 11 RW di desanya diberlakukan karantina wilayah jadi kami harus menjamin biaya hidup warga mulai dari beras, lauk pauk serta uang untuk keperluan lainya harus kami penuhi selama 14 hari kedepan.

Sumber : buanaindonesia.co.id


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+