Iklan Header

Unduh Pengumuman Seleksi PPPK Tahun 2021

Admin One
Editor: Garutselatan.info Rabu, 25 November 2020, 05:06 WIB Last Updated 2020-11-24T22:11:02Z
Baca Juga
Berikut Paparan Mendikbud tentang Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyatakan bahwa pemerintah membuka kesempatan bagi para guru honorer, termasuk guru honorer kategori 2 (eks THK-2) untuk mendaftar dan mengikuti ujian seleksi menjadi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021.



Seleksi tersebut terbuka bagi guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

Mendikbud menegaskan bahwa, "Pembukaan seleksi untuk menjadi guru PPPK adalah wujud negara hadir menyediakan kesempatan yang adil untuk para guru honorer yang berkompeten agar mereka mendapatkan penghasilan yang layak," ungkap Mendikbud.

Rencana seleksi ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan layanan kepada peserta didik yaitu melalui peningkatan ketersediaan guru ASN melalui seleksi guru PPPK, Lanjut Mendikbud.

Menurut Mendikbud, dalam perekrutan PPPK kali ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya karena ada lima mekanisme terobosan baru untuk seleksi guru PPPK yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat.    

1. Jika tahun sebelumnya formasi terbatas, untuk tahun 2021 Semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar serta mengikuti seleksi, dan semua yang lulus seleksi akan menjadi guru PPPK hingga batas satu juta guru. Agar pemerintah bisa mencapai target satu juta guru, pemerintah pusat mengundang pemerintah daerah untuk mengajukan formasi lebih banyak sesuai kebutuhan.


Artikel Menarik :


2. Jika tahun sebelumnya setiap pendaftar diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi sebanyak 1 kali per tahun, untuk tahun 2021 Setiap pendaftar diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi sampai 3 kali. Jika gagal pada kesempatan pertama, dapat belajar dan mengulang ujian hingga dua kali lagi (di tahun yang sama atau berikutnya).

3. Jika tahun sebelumnya tidak ada materi persiapan untuk pendaftar, tahun 2021 Kemendikbud akan menyediakan materi pembelajaran secara daring untuk membantu pendaftar mempersiapkan diri sebelum ujian seleksi.

4. Jika tahun sebelumnya Pemerintah daerah harus menyiapkan anggaran gaji peserta yang lulus seleksi guru PPPK, tahun 2021 Pemerintah pusat memastikan tersedianya anggaran bagi gaji semua peserta yang lulus seleksi guru PPPK.

5. Jika tahun sebelumnya Biaya penyelenggaraan ujian ditanggung oleh pemerintah daerah, tahun 2021 Biaya penyelenggaraan ujian ditanggung oleh Kemendikbud.

Demikian informasi tentang Unduh Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021, semoga bermanfaat dan bagi para guru honorer selamat berjuang, tetap semangat belajar, semoga sukses.



Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+