Iklan Header

Modul Pembelajaran FISIKA Untuk SMA-MA Kelas 10

Admin One
Editor: Garutselatan.info Minggu, 24 Januari 2021, 08:01 WIB Last Updated 2022-12-16T09:56:36Z
Baca Juga

Modul Pembelajaran FISIKA Untuk SMA-MA Kelas 10 Tahun 2023 - Merupakan bahan pendukung dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk SMA/MA yang sangat diperlukan bagi peserta didik. 



Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas telah menerbitkan Modul Pembelajaran untuk SMA/MA Tahun 2021 materinya telah disesuaikan dengan situasi masa Pandemi Covid-19. 


Modul Pembelajaran tersebut telah disusun berdasarkan jenjang kelas serta Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran yang mesti diajarkan. Sebagaimana kita ketahui di saat pandemi seperti sekarang ini, modul dapat menggantikan sebagian fungsi guru, namun guru juga harus berada dalam pembelajaran supaya proses pembelajaran lebih terarah.


Modul biasanya sangat detail mengenai pembelajaran mulai dari tujuan, perencanaan, materi pembelajaran hingga evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran. Peserta didik sendiri akan menerapkan seluruh kegiatan maupun panduan yang harus dilakukan pada pembelajaran yang menggunakan modul.


Modul itu memiliki empat fungsi diantaranya sebagai Bahan Ajar Mandiri, Pengganti sebagian Fungsi Pendidik, sebagai Alat Evaluasi dan sebagai Bahan Rujukan.


Pada bagian awal modul ini membahas apa itu hakikat IPA dan apa itu hakikat Fisika, ruang lingkup fisika, cabang-cabang fisika dan peranannya dalam kehidupn sehari-hari. Kemudian dilanjutkan membahas tentang metode ilmiah yang mengupas tengtang langka-langkah metode ilmiah yang merupakan cara para ilmuan menenmukan produk fisika diantaranya teori, konsep, prinsip, rumus, postulat, dan hukum. 


Artikel Menarik :


Pada bagian selanjutnya akan dibahas tentang metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat berada di laboratorium. Pada bagian akhir modul inni akan membahan penerapan fisika pada berbagai bidang dalam kehidupan sehari diantaranya pada bidang teknologi informasi, industri, kedokteran, transportasi, dan pertanian.


Sains adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala alam melalui pengamatan, eksperimen, dan analisis. Sains pada hakikatnya merupakan sebuah kumpulan pengetahuan (“a body of knowledge”), cara atau jalan berpikir (“a way of thinking”), dan cara untuk penyelidikan (“a way of investigating”)”. 


Istilah lain yang juga digunakan untuk menyatakan hakekat IPA adalah IPA sebagai produk untuk pengganti pernyataan IPA sebagai sebuah kumpulan pengetahuan (“a body of knowledge”), IPA sebagai sikap untuk pengganti pernyataan IPA sebagai cara atau jalan berpikir (“a way of thinking”), dan IPA sebagai proses untuk pengganti pernyataan IPA sebagai cara untuk penyelidikan (“a way of investigating”).


Karena fisika merupakan bagian dari IPA atau sains, maka sampai pada tahap ini kita dapat menyamakan persepsi bahwa hakikat fisika adalah sama dengan hakekat IPA atau sains, hakikat fisika adalah sebagai produk (“a body of knowledge”), fisika sebagai sikap (“a way of thinking”), dan fisika sebagai proses (“a way of investigating”).


Modul Pembelajaran FISIKA Untuk SMA-MA Kelas 10 Tahun 2021




2. Modul KD 3.2 : Besaran dan Pengukuran
3. Modul KD 3.3 : Penjumlahan Vektor
4. Modul KD 3.4 : Gerak Lurus
5. Modul KD 3.5 : Gerak Parabola
6. Modul KD 3.6 : Gerak Melingkar
7. Modul KD 3.7 : Hukum Newton Pada Gerak Lurus 
10. Modul KD 3.10 : Impuls dan Momentum Linear
11. Modul KD 3.11 : Getaran Harmonis


Demikian informasi tentang Modul Pembelajaran FISIKA Untuk SMA-MA Kelas 10, semoga bermanfaat dan silahkan bagikan.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+