Iklan Header

Apakah BPJS Itu Sama Dengan Asuransi? Simak Berikut Ini

Admin
Editor: Garutselatan.info Minggu, 13 Juni 2021, 11:15 WIB Last Updated 2021-06-13T04:18:10Z
Baca Juga

Apakah BPJS Itu Sama Dengan Asuransi -  Asuransi kesehatan memang membuat hidup semakin tenang. Bagaimana tidak, saat sakit minimal kamu tidak usah pusing memikirkan biaya pengobatan. Keberadaan BPJS pun menjadi primadona, selain karena oleh pemerintah memang wajib dimiliki setiap orang. Tapi apa kamu yakin BPJS saja sudah cukup?

BPJS vs Asuransi


Saat ini BPJS Kesehatan wajib dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Bahkan pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2013, mengatur tentang sanksi bagi masyarakat (perorangan maupun badan usaha) yang tidak mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS.


Keberadaan BPJS memang dimaksudkan untuk membuka akses kesehatan bagi semua lapisan masyarakat. Namun jika menilik manfaat dan perlindungan, kamu akan lebih diuntungkan jika memiliki asuransi kesehatan swasta selain BPJS. Ulasan berikut bisa menjadi pertimbangan.


Baca Juga: 5 Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Anak 2021


BPJS Kesehatan merupakan asuransi kesehatan yang diselenggarakan pemerintah yang merupakan bagian dari program jaring pengaman sosial. BPJS Kesehatan sendiri merupakan perubahan kelembagaan dari PT Askes (Persero).


BPJS Kesehatan dibentuk sesuai amanat UU 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan UU 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Beberapa layanan BPJS Kesehatan berbeda dengan asuransi kesehatan swasta.


Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 


Misalnya Untuk bisa menjalani pengobatan lanjutan ke dokter yang lebih kompeten atau spesialis, BPJS Kesehatan membutuhkan prosedur berupa surat rujukan.


Sistem rujukan rumah sakit dalam BPJS Kesehatan menggunakan alur berjenjang, dilakukan secara vertikal dari tingkatan pelayanan lebih rendah ke tingkatan pelayanan yang lebih tinggi.


Itu sebabnya, wajib hukumnya bagi peserta BPJS Kesehatan datang ke Faskes Tingkat 1 terlebih dahulu apabila menginginkan pelayanan di fasilitas kesehatan di tingkat selanjutnya.


Lain halnya seseorang yang menggunakan asuransi swasta. Mereka bisa langsung mendaftarkan diri ke dokter spesialis dan menyerahkan urusan pembayaran pada pihak asuransi.


Baca Juga: Daftar 10 Asuransi Terbaik di Indonesia 2021


Meski sudah membayar iuran BPJS Kesehatan, banyak orang tetap menggunakan asuransi kesehatan swasta sebagai pelengkap. Data Profil Statistik Kesehatan 2019 menunjukkan bahwa, seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak penduduk di atas usia 60 tahun yang memiliki jaminan kesehatan. Tapi, kepemilikan asuransi swasta bagi penduduk dengan usia di atas 60 tahun justru makin menurun, dari 0,83 persen di 2017 jadi 0,56 persen saja di tahun 2019.


Kesimpulan: BPJS dan Asuransi kesehatan itu berbeda ya, Namun Baik BPJS Kesehatan maupun asuransi kesehatan swasta memiliki beberapa pengecualian yang bersifat permanen maupun sementara. Pengecualian tersebut merupakan kondisi di mana biaya kesehatan tidak ditanggung.


Yang patut menjadi pertimbangan, kebutuhan akan perawatan kesehatan menjadi semakin tinggi seiring bertambahnya usia. Pilih salah satu atau keduanya, semuanya tergantung padamu. Namun yang pasti, pilih yang paling memberikan rasa aman dan sesuaikan dengan kemampuan finansial.


Pencarian yang banyak dicari:

  • apakah bpjs termasuk asuransi jiwa
  • asuransi bpjs ketenagakerjaan
  • asuransi bpjs kematian
  • tabel perbedaan asuransi pemerintah dan swasta
  • apakah bpjs bisa digabung dengan asuransi lain
  • asuransi kesehatan swasta adalah
  • manfaat asuransi bpjs
  • contoh asuransi kesehatan swasta



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+