Iklan Header

Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula Terkini 2021

Admin
Editor: Garutselatan.info Jumat, 25 Juni 2021, 18:52 WIB Last Updated 2021-06-25T11:52:40Z
Baca Juga

Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula - hai sahabat GSN, apa kabarnya nih? Baik baik saja bukan? Ya kami berharap seperti itu, dan semoga kita semua senantiasa selalu diberikan perlindungan oleh allah swt, Aamiin

Cara Investasi  Reksadana Untuk Pemula



Guys pada kesempatan ini kami akan membahas mengenasi cara investasi reksadana untuk pemula, guys sebelumnya nih, investasi itu apa yak? Mari kita kenalan dulu ya, karena ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang iyakan


Begitu pun dengan investasi loh teman teman, tanpa mengenal lebih dulu seputar investasi, orang juga akan cenderung enggan melakukannya. Umumnya, menabung –secara konvensional adalah satusatunya cara bagaimana menempatkan dan menyimpan uang yang diperoleh.


Nah bagi kalian nih yang sama sekali belum pernah berinvestasi, jangan takut dan mengurungkan niat hanya karena tidak tahu caranya. Salah satu investasi yang bisa dilakukan bagi pemula adalah reksa dana, karena dianggap sebagai investasi yang paling mudah dijangkau dan dilakukan oleh para investor pemula.


Lantas apa saja cara jitu berinvestasi di reksa dana bagi kalian nih yang pemula tanpa rasa khawatir dengan modal yang juga terjangkau? Yuk Simak cara berinvestasi di reksa dana berikut ini ya guys:


• Cari Tahu Apa itu Reksadana

Reksa Dana sebagai Instrumen Investasi yang Mudah Dijalankan oleh Pemula
Sebagian orang tidak mengetahui adanya reksa dana sebagai investasi mudah yang bisa dijalankan oleh pemula. Tentu hal pertama yang harus diketahui bagi yang berniat memulai investasi di instrumen ini adalah “apa itu reksa dana?”


Reksadana adalah wadah yang digunakan masyarakat untuk berinvestasi di instrumen-instrumen pasar keuangan. Aturan reksadana ini tertera di Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995. Kalian juga tidak perlu khawatir berinvestasi karena reksadana ini karena sudah terdata di pemerintah dan bersifat resmi ya sahabat GSN.


• Pahami Cara Kerja Reksadana

Pahami cara kerja reksa dana agar keuntungan kalian maksimal ya sahabat, Beberapa kelebihan dari reksa dana adalah adanya verifikasi investasi, di mana investasi akan dipecah ke beberapa instrumen. Sehingga investasi ini bukan hanya ditanamkan pada satu perusahaan saja, namun di beberapa perusahaan.

Dengan cara kerja reksa dana tersebut, maka ketika nilai suatu saham di perusahaan A turun, maka tidak serta merta dana yang diinvestasikan di instrumen ini juga turun. Melainkan investasi sahabat akan tetap aman karena masih memiliki investasi yang di tempatkan di instrumen atau perusahaan lainnya oleh manajer investasi.


• Tentukan Tujuan

Pilih jangka waktu investasi reksa dana kalian sesuai keinginan, Setelah mengetahui bahwa jenis reksadana sangatlah banyak, maka cari dan tentukan tujuan sahabat sendiri. Dan kalian juga harus memahami tujuan berinvestasi dan kenapa memilih reksadana.


Lalu seberapa banyak investasi yang ingin sahabat GSN tanamkan di reksa dana? Apakah investasi kalian untuk jangka pendek atau jangka panjang?

Setelah menentukan itu semua, maka jalan kalian akan lebih terarahkan dengan baik sesuai kebutuhan dan apa yang direncanakan tentu sesuai dengan tujuan. Karena reksa dana ini bersifat luas, maka sahabat harus mempersempit ruang gerak kalian agar lebih terfokus dan jelas.


• Jenis-Jenis Reksa Dana

Kenali jenis reksa dana dan pilih yang sesuai, Terdapat lima jenis reksa dana yang bisa menjadi pilihan kalian untuk menginvestasikan uang di instrumen yang relatif aman ini.


Berikut ini jenis jenis reksadana
  1. Reksadana pasar uang, di mana seluruh uang ditempatkan di deposito, di Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan juga di obligasi.
  2. Reksadana pendapatan tetap, di mana dana dialokasikan ke obligasi minimal 80%. Keuntungan yang diperoleh pun lebih tinggi dan bisa mencapai lebih dari 10% per tahunnya.
  3. Reksadana campuran, sesuai namanya maka reksadana ini menggunakan berbagai peraturan dari jenis-jenis sebelumnya. Sangat berisiko namun jika berhasil maka reksadana akan menghasilkan keuntungan yang tinggi dan juga mengaggumkan.
  4. Reksadana proteksi atau biasa disebut reksa dana pendapatan tetap. Di mana reksa dana ini menempatkan sebagian dana dalam instrumen obligasi yang bisa memberikan perlindungan sesuai namanya. Artinya reksa dana ini memiliki risiko yang lebih rendah dibanding reksa dana saham dan campuran.
  5. Reksadana index, di mana jenis ini mirip dengan saham karena instrumen ini bisa diperjual-belikan di bursa yang disebut ITF (Exchange Traded Fund) dan harganya bisa berfluktuatif seperti saham. Namun reksa dana ini biasanya berisi index tertentu yang dikelol secara pasif, artinya tidak melakukan jual beli di bursa kecuali ada yang berlanggaran baru atau penebusan.


• Langkah-Langkah Reksadana

Jika sahabat GSN sudah mantap nih, untuk berinvestasi di reksadana, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan mana yang sesuai dan tentunya melihat kondisi keuangan.

Jika sahabat ingin untung yang lebih tinggi maka kemungkinan buruk atau risiko pun akan semakin tinggi. Keberanian dan keputusan kalian membawa investasi kepada kehancuran atau kesuksesan.

Langkah selanjutnya adalah pilih produk reksadananya dengan memperhatikan rekam jejak dari keuntungan selama 3 tahun terakhir reksa dana tersebut. Selain itu juga bagaimana tanggapan nasabahnya? Apakah mereka merasa puas?


Hal-hal seperti ini bisa menjadi acuan dan juga pembelajaran untuk kalian yang memang bingung atau belum tahu harus memilih reksadana apa dan di mana, sahabat bisa berinvestasi reksadana dari produk keuangan bank dan non bank. Bahkan bisa membeli secara online.


Biar pun masih kategori sebagai investor pemula nih, tetapi kalian harus tetap bisa percaya diri untuk memulai berinvestasi. Jadi, tidak ada alasan takut dan ragu menginvestasikan dana kita pada instrumen keuangan. Jangan biarkan uang sahabat idle padahal bisa dikembangkan dengan baik dan meraup keuntungan lebih. Jadi, pahami dengan baik, mantapkan langkah, dan jadilah investor cerdas!


Oke guys demikian dari kami mengenai cara investasi reksadana untuk pemula, semoga bermanfaat ya, dan semoga menjadi refernsi yang baik. Oke sampai jumpa kembali di artikel berikutnya, selamat beraktifitas Sahabat Gsn semua, Terimakasih.


Pencarian yang banyak dicari:
  • reksadana tokopedia
  • reksadana bibit
  • reksadana bca
  • reksadana pasar uang
  • cara investasi reksadana online
  • cara investasi reksadana pasar uang


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+